Skip to main content

Memahami Pengertian dan Fungsi VPS

fungsi vps


Memahami Pengertian dan Fungsi VPS - Apakah website Anda sering mengalami downtime dan lambat? Atau apakah Anda mengelola banyak situs web? Jika jawabannya ya maka sudah saatnya Anda beralih menggunakan VPS. 

Dengan beralih ke VPS, kinerja situs dapat dioptimalkan. Sedangkan jika Anda memiliki beberapa website, sebaiknya kumpulkan dalam satu VPS murah berkualitas, kelebihannya adalah lebih mudah untuk mengontrol, memantau dan menyesuaikan kebutuhan masing-masing website. Masih banyak keuntungan lainnya jika Anda menggunakan VPS Indonesia. 

Namun sebelum kita membahas kelebihan dan poin penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih VPS, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian dan Fungsi Vps sebagai berikut. Virtual Private Server atau lebih dikenal dengan singkatan VPS adalah sebuah private server yang resourcenya hanya digunakan oleh satu user. 

Ini berarti bahwa pengguna dapat sepenuhnya mengelola dan mengontrol semua konfigurasi dan sumber daya Cloud server Indonesia dan melakukan apa saja. VPS menggunakan teknologi virtualisasi perangkat keras server fisik yang dibagi menjadi beberapa sumber daya. 

Disebut virtual karena dibagi menjadi beberapa resource menggunakan software sehingga dalam satu server fisik terdapat beberapa VPS. Dalam analogi sederhana, server fisik adalah kompleks perumahan sedangkan VPS adalah rumah yang ditempati, yang meliputi ruang tamu, kamar tidur, halaman, dapur, dan kamar mandi. 



Apa saja Fungsi dari VPS?

Fungsi VPS

1. Untuk Situs Web Dengan Lalu Lintas Tinggi

Jika website yang Anda kelola memiliki traffic yang sangat tinggi dan menggunakan layanan shared hosting, sebaiknya pindah ke layanan VPS. Jika tidak, pengalihan dapat mengganggu sumber daya bersama dalam satu server hosting bersama dan mengakibatkan penangguhan domain. Biasanya penyedia layanan hosting akan memberi tahu Anda jika traffic terlalu tinggi dan menyarankan untuk pindah ke VPS.


2. Untuk Hosting Web Skala Kecil

Jika Anda bergerak di bidang jasa developer atau jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan VPS untuk klien web hosting. Dengan menggunakan layanan VPS, Anda dapat sepenuhnya mengontrol situs web yang dihosting di VPS Anda.


3. File Hosting

Ada banyak situs penyimpanan file/data, seperti Dropbox, Zippy Share, Google Drive, MediaFire, dan situs lainnya. Situs ini memudahkan untuk menyimpan file dan mengaksesnya secara online.


4.Desktop Jarak Jauh

Jika Anda menggunakan VPS, Anda dapat mengakses dan menggunakan server dari jarak jauh dari komputer Anda. Artinya, Anda memegang kendali penuh, di mana saja tanpa dibatasi oleh lokasi.


5. VPS Sebagai VPN

VPS Indonesia murah juga bisa dijadikan Virtual Private Network (VPN). VPN adalah jaringan yang terhubung melalui internet yang hanya dapat diakses oleh orang yang terdaftar. VPN ini membutuhkan server yang berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat, bisa berupa komputer atau VPS dengan server VPN terpasang.

Fungsi VPS sebagai VPN umumnya digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang membutuhkan jaringan pribadi, misalnya hanya diakses untuk anggota atau karyawan. Karena fungsi ini, VPS dapat digunakan untuk menyimpan data penting, tetapi tetap dapat dibagikan atau ditukar dengan data secara aman (selama masih dalam jaringan VPN).


6. Server Percobaan

Jika Anda sedang bereksperimen atau mengembangkan aplikasi, perangkat lunak, kerangka kerja atau sistem operasi, tentu Anda membutuhkan server yang memadai. Solusinya adalah dengan menggunakan VPN. Keuntungan lain adalah Anda dapat membangun perangkat lunak kritis misi khusus dan fitur yang memadai dengan biaya rendah.


7. Cadangan Pribadi Atau Cadangan Server Utama

Perlu Anda ketahui bahwa semua server rentan terhadap kehilangan data, penyebabnya bisa jadi kesalahan konfigurasi atau pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika Anda menggunakan layanan VPN, Anda tidak perlu khawatir, karena data terbaru akan disimpan secara terupdate. Jadi jika ada yang salah di server utama, Anda masih bisa membuat cadangan/memulihkan.


Pertimbangan Penting dalam Memilih VPS

Setelah mengetahui apa saja fungsi VPS tersebut, langkah selanjutnya adalah memahami kapan waktu yang tepat untuk Anda pindah ke layanan VPS Indonesia, yaitu jika:

• Lalu lintas situs web Anda terlalu tinggi sehingga sumber daya hosting bersama tidak dapat menampungnya.

• Situs web yang Anda kelola menyediakan layanan streaming.

• Anda menginginkan server dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

• Anda ingin mengontrol server dan akses root.

• Anda sudah memiliki pengetahuan dan keahlian tentang cara mengelola VPS.

Jika Anda yakin dan bertekad untuk beralih ke layanan VPN, jangan terburu-buru untuk memilih. Karena umumnya penyedia layanan cloud server memberikan opsi dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Soal biaya, semakin besar spesifikasinya, semakin mahal harganya. Nah, itulah beberapa poin penting yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih VPS.


Harddisk

Poin penting yang perlu diperhatikan adalah hard disk (HDD) yang digunakan. Sekarang banyak penyedia layanan VPS yang menggunakan SSD untuk mendukung server. Keunggulan SSD adalah dibandingkan SATA dan SAS, kemampuan SSD membaca data lebih cepat dengan IOPS yang lebih tinggi.


Cadangan

Kemampuan untuk mem-backup data menjadi pertimbangan yang harus masuk dalam daftar Anda. Tidak sedikit yang menggunakan VPS untuk menyimpan data klien, namun sayangnya mereka tidak disiplin dalam melakukan backup. Beberapa bahkan menyebabkan kehilangan data karena tidak ada cadangan data.


Lokasi

Tidak semua server VPS Indonesia disimpan di Indonesia, beberapa provider menggunakan server yang berada di luar negeri. Lokasi merupakan pertimbangan penting ketika memilih VPS karena mempengaruhi koneksi server dan klien. Tentu Anda tidak ingin terjadi keterlambatan pengiriman data ke server.


Sistem operasi

Poin terakhir yang harus dipertimbangkan adalah sistem operasi. Umumnya VPS dijalankan menggunakan Linux. Namun, ada juga yang menggunakan Windows. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda apakah Anda ingin Linux atau Windows. Demikian ulasan tentang Memahami pengertian dan Fungsi Vps semoga bermanfaat.




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar