Skip to main content

Trik Menghadapi Pesaing Bisnis dengan Cara Kompetitif

menghadapi pesaing bisnis


Membangun usaha tak hanya memperhatikan faktor internal saja tetapi juga eksternal. Kompetitor bisnis adalah salah satu faktor eksternal yang harus dihadapi oleh semua pebisnis. Apakah kamu sudah siap dengan strategi agar tak kalah saing? 


Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun semua harus dimulai dengan mengenal siapa kompetitornya. Sehingga kamu bisa menggali informasi lebih dalam mengenai mereka. Jika tak ingin kalah menghadapinya, terus ciptakan strategi yang ampuh. 


Strategi agar Tak Kalah Saing dengan Kompetitor Bisnis 

Untungnya kamu tidak sendiri dalam membangun usaha, ada tim yang akan turut membantu demi mensukseskan bisnis. Bekerja sama dengan tim untuk mencari solusi-solusi menghadapi kompetitor adalah cara selanjutnya yang perlu dilakukan. 


Apalagi mungkin saja kompetitor kamu meluncurkan produk baru sehingga mengambil sebagian besar konsumen. Supaya kamu nggak down, berikut ini beberapa cara jitu yang bisa diterapkan dalam bisnis apapun untuk mengatasi persaingan. 


1. Terus Melakukan Strategi Branding yang Tepat

Branding adalah salah satu aspek penting dalam memperkenalkan produk. Manfaatkan semua media untuk membangun brand supaya lebih banyak orang mengenal. Sampaikan kepada konsumen melalui pendekatan yang mudah dipahami. 


Penyampain ini sangat penting karena setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Fungsi dari branding adalah meraih ketenaran dan juga kepercayaan calon konsumen terhadap produk. Jadi pikirkan strategi yang sesuai dengan target konsumen. 


2. Promosikan Kelebihan yang Tak Dimiliki Kompetitor

Setiap produk selalu memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya nilai berbeda. Hasil dari riset kompetitor yang sudah kamu miliki perlu dibandingkan dengan lini bisnis yang kamu miliki. Cari tahu apa kelebihan yang kamu miliki dan tidak ada pada kompetitor. 


Melalui keunggulan inilah kamu bisa mempromosikan produk dalam strategi branding. Supaya masyarakat tahu bahwa kamu memiliki kelebihan tertentu yang belum tentu mereka dapatkan di produk lainnya. Hal ini sangat penting dan harus terus dikembangkan. 


3. Mengenali Kebiasaan dari Konsumen

Apakah kamu sudah mengenal betul calon konsumen dan pembeli yang loyal? Hanya tahu target market saja tidak cukup untuk bisa bersaing. Kamu harus tahu betul karakteristik dari konsumen yang disasar. 


Apa saja yang konsumen butuhkan begitu juga dengan kebiasaan-kebiasaannya. Data konsumen ini bisa diperoleh dari divisi marketing dan penjualan. Hubungan dari konsumen dan bisnis akan terjalin jika kamu sudah mendapatkan datanya secara lengkap. 


4. Terus Bangun Tim yang Solid

Sambil terus mencari tahu tentang kelebihan produk dan kebiasaan konsumen kamu juga harus memupuk tim yang solid. Karena untuk bisa bersaing hanya kerja tim yang bisa mengatasinya. Kumpulkan orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab. 


Dapatkan ide-ide menarik yang bisa dikembangkan bersama demi kemajuan bisnis. Pastikan bahwa tim bekerja dengan bahagia sehingga mereka bisa bekerja secara optimal. Jika selama ini kamu belum pernah memperhatikannya, cobalah ubah strategi dari sekarang. 


5. Membuka Pasar Baru

Kunci supaya tak kalah bersaing adalah untuk terus memperluas sasaran konsumen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu melalui strategi marketing dan juga menambah produk atau toko jika kamu memiliki usaha retail dan sejenisnya. 


Untuk memperluas pasar dengan menambah produk atau toko kamu perlu melakukan persiapan dengan matang. 


6. Menciptakan Konsumen Loyal

Sudahkah kamu memperhatikan konsumen dengan baik? Bukan hanya mengenali karakteristiknya saja tetapi juga berikan banyak hal kepada konsumen yang rutin membeli. Karena penting untuk membuat mereka semakin loyal dengan cara diperhatikan. 


Misalnya saja memberikan kupon belanja atau promo bagi member. Ketika mereka mendapat layanan ini tentu hubungan baik akan terbentuk. Mereka akan bangga menggunakan produk yang kamu miliki. 


Untuk menciptakan strategi supaya konsumen lebih loyal, kamu bisa memanfaatkan mesin kasir online dari Majoo. Bukan hanya soal transaksi penjualan saja, kasir dari Majoo juga bisa mencatat data konsumen. 


Cukup dengan meminta nomor hp atau nama dan alamat sehingga Anda bisa dengan mudah menghubungi mereka. Membuat kartu member juga mempermudah mesin kasir untuk mencatatnya. melalui data tersebut kamu bisa dengan mudah menciptakan promo-promo yang lebih menarik.


Mesin kasir Majoo juga menjadi aplikasi fleksibel yang membantu pembukuan sekaligus inventaris barang. Hanya dengan satu aplikasi saja,banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan demi dapat bersaing dengan kompetitor. 




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar