Skip to main content

Sederet Manfaat Minum Bir Hitam yang Perlu Diketahui

bir hitam guiness


Ketika mendengar kata ‘bir’ mungkin secara otomatis pikiran Anda akan mengarah pada hal-hal negatif. Sebab, memang jenis minuman yang satu ini kerap kali dipandang sebelah mata dan dilihat hanya dari kerugian yang ditimbulkannya. Meski demikian, ternyata ada sejumlah manfaat minum bir hitam yang penting juga untuk Anda ketahui. Lalu, apa saja manfaat tersebut?


Sederet Manfaat Mengkonsumsi Bir Hitam

Ternyata minum bir hitam tidak selalu memberikan efek yang buruk. Sebab, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah meminumnya. Bir hitam dapat membawa sejumlah manfaat, diantaranya adalah:


1. Mengandung Banyak Vitamin

Tahukah Anda, bahwa sebetulnya dalam bir terkandung vitamin serta antioksidan alami yang dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit jantung? Beberapa nutrisi yang dikandungnya adalah: vitamin B, kalsium, magnesium, dan selenium. Sejalan dengan hal tersebut, dikatakan pula pada Journal of the Science of Food and Agriculture, yang mengatakan bahwa Bir hitam memiliki manfaat baik karena mengandung zat besi bebas dari 121 ppb, dibanding dengan bir putih yang mengandung 92 ppb juga bir non-alkohol dengan 63 ppb.

Selain itu, dalam jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Disease pun disebutkan bahwa minum segelas bir dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25 persen. Namun perlu menjadi catatan bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsinya setiap hari.


2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menghindarkan diri dari penyakit, minum bir hitam juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga ketahanan dalam melawan infeksi karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Bahkan, dalam Unit Common Cold di Salisbury dikatakan bahwa orang yang tidak meminum bir dapat terserang flu tiga kali lebih cepat.


3. Mencegah Anemia

Kandungan B12 dan asam folat yang ada pada bir mampu membantu tubuh Anda dalam pencegahan anemia. Selain itu, kedua zat tersebut memiliki peranan penting dalam pertumbuhan, konsentrasi, serta ingatan yang normal.


4. Menjaga Tubuh tetap Fit

Tak hanya itu saja, minum bir hitam juga dapat membuat tubuh lebih bugar, jika Anda mengkonsumsinya secara tepat. Kondisi tubuh yang kurang fit dan perut yang buncit diakibatkan dari mengkonsumsi bir berlebihan dengan kadar alkohol yang tinggi.


5. Melindungi Otak

Minum bir juga dipercaya mampu mencegah terjadinya Alzheimer dan Parkinson. Hal tersebut diungkapkan pada Journal of Agriculture and Food Chemistry . Hal tersebut karena adanya zat antioksidan serta antikanker yang terkandung di dalamnya.


6. Menguatkan Tulang

Diingatkan kembali bahwa dengan mengkonsumsi bir secara bijak dan tepat mampu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang Anda. Bir dapat menjadi sumber yang baik dari silikon bioavailable, setidaknya hal tersebut yang diungkapkan oleh Natural Medicine Journal.


Batas Meminum Bir Hitam

Meski menyimpan manfaat, manfaat minum bir hitam ternyata dapat Anda rasakan jika mengkonsumsinya dengan bijak. Sekali lagi diingatkan bahwa Anda memiliki batasan tertentu untuk mengkonsumsinya. Dalam satu minggu hanya diperkenankan meminum 14 unit alkohol. 

Dimana satu unitnya setara dengan 240-280 ml dan juga kadar alkohol sekitar tiga hingga empat persen yang hanya bisa dikonsumsi dalam beberapa hari, tidak dengan cara sekaligus. Batasan konsumsi bir hitam ini harus Anda ikuti agar tidak berlebihan mengonsumsinya. Sebab, jika Anda konsumsi berlebihan, justru akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Untuk produk bir hitam terbaik, Anda bisa memilih bir hitam Guinness yang enak dan berkualitas.

Disamping manfaat minum bir hitam, pastikan juga tetap mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Seperti buah, sayur, dan juga air putih. Tambah juga dengan olahraga teratur. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan optimal. 




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar