Skip to main content

Fungsi dan Macam Media Belajar

media belajar efektif


Media belajar merupakan alat bantu yang memudahkan kita untuk mempelajari sesuatu. Semakin majunya zaman, kini ada banyak sekali jenis media belajar yang dapat kita pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kita.


Dengan banyaknya media pembelajaran, tentu juga berpengaruh terhadap metode penyampaian ilmu pengetahuan oleh para pengajar.


Dulu kita hanya kenal sumber ilmu pengetahuan dari buku saja. Tapi kini sudah banyak sumber ilmu pengetahuan yang dapat kita pilih, mulai dari buku, audio, video, hingga forum yang tersebar di internet.


Setiap tempat atau daerah memiliki metode pembelajaran yang lebih efektif, kita tidak bisa memukul rata semua daerah harus menggunakan metode pembelajaran yang sama karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya.


Sesuai penjelasan di atas, fungsi media pembelajaran adalah untuk memudahkan kita dalam belajar ilmu pengetahuan, mana yang lebih efektif itulah yang kita pilih.


Jenis Media Pembelajaran

Media Berbentuk Cetak

Media pembelajaran berbentuk cetak atau print-out seperti buku dan majalah sudah ada sejak lama, media ini masih digunakan sampai sekarang karena kemurahannya.


Media Berbentuk Audio

Media belajar berbentuk audio biasanya digunakan dalam ilmu-ilmu khusus seperti seni musik dan bahasa. Media yang digunakan berupa tape recorder ataupun file mp3.


Media Berbentuk Visual

Media jenis ini biasanya juga terdapat bentuk audionya. Media belajar berbentuk visual biasanya menggunakan rekaman video, youtube, video dokumenter, dan sebagainya.


Media belajar berbentuk visual cukup efektif dibandingkan dengan media cetak dan audio saja, karena kita bisa melihat dan mendengar sekaligus.


Media Berbentuk Online

Semakin majunya zaman, muncul media-media belajar baru, salah satunya adalah media online.


Media belajar online disini sangat digemari dan banyak dipilih oleh siswa karena kemudahan dan keefektifannya. Dengan media online kita dapat memilih antara mendengar, melihat atau menggabungkan keduanya dalam waktu bersamaan. Biaya yang dibutuhkan juga bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita saja.


Nah, berbicara mengenai media pembelajaran, di kota-kota besar dan berbagai daerah kini mulai mengembangkan metode pembelajaran online. Oleh karena itu sekarang muncul berbagai forum hingga bimbel online yang siap membantu para siswa dalam belajar.


Salah satu yang sangat terkenal di Indonesia dan sudah banyak digunakan adalah Ruangguru, sebuah media bimbel online untuk anak SD, SMP, hingga SMA yang dapat kita akses lewat aplikasi maupun lewat situs resminya langsung. Penasaran? download aplikasinya disini.


Bimbel online seperti Ruangguru ini biasanya menyediakan paket langganan guys, di dalam paket tersebut sudah terdapat ratusan soal dan materi pelajaran sekolah beserta audio dan videonya yang dapat kita akses gratis. Kita tinggal pilih saja paket langganan sesuai kebutuhan. Untuk info selengkapnya disini guys.


Menurut kami, jenis media belajar yang cukup efektif adalah media yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun ketika kita butuh. Nah, media belajar yang termasuk kedalam jenis tersebut seperti forum, aplikasi, bimbel online dan semacamnya.


Jenis media belajar tersebut sangat digemari oleh para siswa karena kemudahan dan fleksibilitasnya. Tak heran para siswa memiliki aplikasi-aplikasi favorit yang membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah.


Selain kemudahannya, media jenis ini juga terbilang cukup lengkap karena biasanya kita tidak hanya dapat mengakses tulisan saja, melainkan juga ada audio dan video yang dapat kita dengarkan dan tonton kapanpun dan dimanapun.


Ditambah juga kadang pihak bimbel online juga mengadakan kuis berhadiah sehingga proses belajarpun terasa lebih menyenangkan. Jadi menurutmu media mana yang paling efektif?




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar