Skip to main content

Tips Promosi Wisata Daerah Agar Cepat Viral Dengan Nama Domain yang Unik

promosi wisata


Kita tahu jika Indonesia memiliki beraneka ragam wisata. Mulai dari wisata alam, sejarah, kota, ataupun wisata religi yang tersebar di berbagai daerah.


Dengan banyaknya tempat wisata unik ini, apakah kita masih perlu mempromosikannya ke masyarakat luas? Jawabannya, tentu saja iya.


Tempat wisata belakangan ini menjadi salah satu sektor bisnis yang sangat menjanjikan. Namun dengan banyaknya tempat wisata baru tentu akan muncul persaingan. Karena itu promosi tidak bisa ditinggalkan begitu saja.


Berbicara mengenai promosi pariwisata, ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dalam menunjukan sebuah tempat wisata kepada masyarakat luar.


Semakin majunya zaman pasti kita semakin mudah dalam mengakses informasi bukan? Tentu ini juga berdampak kepada jenis promosi yang akan kita pilih agar lebih efektif dan efisien.


Nah, dibawah ini brobali.com sudah merangkum beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam mempromosikan pariwisata di daerahmu. Penasaran? Yuk kita simak..


Tips dan Cara Mempromosikan Tempat Wisata di Daerah Anda

1. Lewat Digital

Koneksi internet yang hamper merata di setiap daerah tentu menjadi sarana yang tidak bisa kita tolak. Terutama dalam hal promosi pariwisata, kemajuan zaman ini harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.


Sekarang ini promosi offline atau konvensional sudah tidak menjadi pilihan utama. Mayoritas sudah mulai melakukan promosi secara online atau digital dengan memanfaatkan internet.


Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita pilih dalam mempromosikan wisata melalui digital. Seperti lewat website dan sosial media.


Kita bisa membuat sebuah website yang berisi tentang penjelasan tempat wisata di daerah kita, mulai dari fasilitas, jarak tempuh, hingga harga tiket masuknya. Dengan begitu seseorang yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut tidak perlu kebingungan lagi dalam mencari informasi yg valid.


Kita bisa membeli domain di penyedia domain dan hosting local agar pembayarannya lebih mudah. Salah satunya adalah Niagahoster yang sudah terkenal bagus dan menjadi pilihan berbagai website besar di Indonesia. Selain murah, Niagahoster juga memiliki berbagai fitur yang sangat mendukung kita dalam mengelola sebuah domain website.


Setelah itu buatlah domain yang mudah diingat, misal wisatadaerahmu.com, eksploredaerahmu.com dan sejenisnya. Gunakan kalimat yang unik karena itu nanti juga menjadi brandingmu.




2. Memperbaiki Akses, Infrastruktur dan Fasilitas

Cara kedua adalah dengan memperbaiki berbagai faktor penunjang seperti akses masuk, infrastruktur dan fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut.


Akses yang mudah tentu menjadi salah satu faktor utama banyak orang dalam hal memilih sebuah tempat wisata. Karena itu perbaiki akses menuju tempat wisata di daerahmu, permudah dengan memberikan petunjuk menuju lokasi dan sebisa mungkin manjakan para calon pengunjung dengan jalan yang halus.


Jangan lupa lengkapi fasilitas yang ada dan jaga agar tetap bersih dan aman. Beberapa fasilitas umum yang bisa ditambah diantaranya adalah;

  • Toilet
  • Tempat duduk umum
  • Tempat makan
  • Parkiran yang cukup luas dan aman
  • Tempat penitipan barang
  • Spot foto
  • Dan masih banyak lagi.


Dengan melengkapi dan menjaga fasilitas yang ada, tentu secara tidak langsung kita sudah mempromosikan tempat wisata tersebut. Kenapa? Karena para pengunjung merasa nyaman berlibur disitu, maka mereka akan dengan sukarela merekomendasikan ke orang-orang terdekatnya.



3. Pilih Duta Wisata

Biasanya di setiap daerah sudah ada Duta Wisata masing-masing. Tugas dari Duta Wisata ini ialah mempromosikan wisata-wisata yang ada di daerah tersebut. Dengan adanya Duta Wisata ini tentu akan mempermudah penyebaran informasi terhadap wisata-wisata yang ada di daerahmu.



4. Gandeng Investor

Cara ke-empat ini bisa dibilang tidak semua pengelola tempat wisata dapat melakukannya. Padahal jika kita bisa mendapatkan investor untuk menyuntikkan dana ke tempat wisata di daerah kita, maka cara ke-2 di atas tadi akan sangat mudah untuk diwujudkan.


Dengan suntikan dana dari investor, kita bisa memperbaiki akses menuju lokasi, melengkapi fasilitas dan infrastruktur yang ada. 


Kenapa tidak semua pengelola tempat wisata bisa melakukannya? Karena kita butuh setidaknya pengetahuan tentang kerjasama. Kita harus pintar-pintar dalam mencari investor agar kerjasamanya tidak tumpang tindih. Dan investor juga harus memiliki branding yang kuat untuk mempermudah dalam promosi wisata tersebut.


Itu dia beberapa cara dalam promosi pariwisata yang dapat kita gunakan. Tentu semuanya bisa kita lakukan sekaligus, namun tetap harus ada rencana pemasaran yang jelas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Pertama kamu bisa membuat sebuah website tentang wisata di daerahmu, kemudian kamu bisa membagikannya di sosial media seperti FB, Twitter, Instagram ataupun TikTok.


Kemudian mintalah Duta Wisata di daerahmu untuk ikut membagikannya, karena biasanya seorang Duta Wisata memiliki sosial media dengan ribuan pengikut, jadi akan mempermudah kita dalam mempromosikannya.


Jangan lupa cari investor yang memiliki branding cukup kuat untuk mendapatkan suntikan dana untuk melengkapi fasilitas yang ada. 


Tidak semua jenis promosi dapat diterapkan ke semua tempat wisata. Hal itu tergantung juga dengan jenis wisata dan daerahnya. Jadi jangan lupa untuk terus berinovasi dan mencoba cara baru sampai kamu mendapatkan cara yang paling efektif dan efisien dalam mempromosikan pariwisata di daerahmu ya.





Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar