Skip to main content

Fasilitas Gunadarma Kompeten Dukung Kemajuan AI untuk Masyarakat

kemajuan AI di masyarakat
youngster.id

Universitas Gunadarma adalah perguruan tinggi swasta yang telah lama dikenal memiliki segudang fasilitas yang canggih dan mumpuni untuk menunjang proses pembelajaran. Seperti baru-baru ini Universitas Gunadarma meluncurkan fasilitas terbaru yakni :


Center of Excellence atau biasa disingkat CoE

Fasilitas Universitas Gunadarma  ini akan berfokus pada Artificial Intelligence (AI) dan Ilmu Data (Data Science). Fasilitas ini resmi diluncurkan oleh OmniSci di Universitas Gunadarma pada Agustus 2020. CoE (Center of Excellence) adalah proyek yang didirikan oleh Omnisci yaitu perusahaan pelopor akselerasi analitik dengan menjalin kerjasama dengan NVIDIA, yaitu perusahaan yang memimpin komputasi AI. Selain itu, dalam proyek peluncuran CoE ini, juga menjalin kerjasama dengan Epsindo, yaitu perusahaan penyedia solusi IT ternama di Indonesia.


Adanya kolaborasi ini menjadikan Universitas Gunadarma sebagai satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang memiliki Center of Excellence AI. Fasilitas Universitas Gunadarma ini didukung oleh NVIDIA DGX-1, super komputer AI paling kuat di Indonesia, memiliki kemampuan 1 PetaFLOPS (1000 TeraFLOPS). 


Super computer sendiri komputer canggih yang dapat mengakses berbagai data dengan akurasi tinggi dan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan komputer biasa. Sehingga dengan super computer ini, pengguna dapat mencari atau mencari dengan waktu yang lebih cepat dan hasil yang lebih akurat.



Fungsi CoE

CoE berfungsi sebagai pusat sumber daya yang menyediakan pembuktian konsep (proof of concept) untuk menciptakan inovasi baru. Dengan adanya fasilitas CoE ini maka dapat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengubah teknologi AI menjadi bernilai (value) dan AI dapat menjadi bagian dari proses transformasi digital. Selain itu, CoE berfungsi sebagai pusat pelatihan untuk membekali dan memberi empower kepada para ilmuan di bidang data (data scientist) dengan pemahaman yang lebih dalam dan mudah mengenai perangkat keras dan perangkat lunak terbaru. 


Hal ini karena pada beberapa tahun terakhir, Indonesia memegang peran penting dan utama dalam pembicaraan seputar AI dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Sehingga melalui fasilitas CoE ini, Universitas Gunadarma dapat mendirikan pondasi untuk berbagai sektor.



Perkembangan AI di Indonesia

Menurut survei yang dilakukan IDC pada tahun 2018, Indonesia menjadi negara pemimpin di Asia Tenggara sebagai negara yang perusahaannya telah mengadopsi teknologi AI. Dalam hasil survei, dinyatakan bahwa sebanyak 24,6% perusahaan di Indonesia telah menggunakan teknologi AI. Sementara itu, di Indonesia AI menjadi satu dari lima program dalam bidang teknologi yang telah diidentifikasi oleh Kementerian Perindustrian dalam rencana “Making Indonesia 4.0”, dimana program ini bertujuan untuk mempercepat transformasi digital pada masyarakat Indonesia.


Vice President, OmniSci, Herfini Haryono menyatakan bahwa AI dan persiapan data mencerminkan peluang besar bagi Indonesia dan dapat membawa manfaat kecepatan dan skala bagi industri seperti telekomunikasi, layanan keuangan, ritel, perawatan kesehatan, dan sektor publik. Sehingga adanya kerjasama antara pihak OmniSci dan dengan mitranya terutama Universitas Gunadarma dalam proyek Center of Excellence adalah bentuk komitmen mereka terhadap Indonesia karena ingin melihat pertumbuhan pasar yang kuat baik di Indonesia maupun di kawasan yang lebih luas.


Sejalan dengan pendapat OmniSci, Universitas Gunadarma menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berusaha untuk mendorong kemajuan teknologi melalui pendidikan. Sehingga dengan adanya kerja sama tersebut, Universitas Gunadarma menjadi terinspirasi untuk membangun kurikulum yang mengedepankan critical thinking dan menyediakan paparan yang lebih luas mengenai teknologi untuk generasi mendatang seperti teknologi AI yang berperan untuk membentuk pemikir dan inovator masa depan Indonesia.


Vice President dari NVIDIA menambahkan bahwa Kolaborasi dengan OmniSci dengan Universitas Gunadarma akan membantu perusahaan Indonesia dan tenaga kerja yang ada untuk mengatasi tantangan komputasi masa depan dengan lebih baik dan mempercepat transformasi digital.


Bahkan Vice President OmniSci, mengaku percaya bahwa OmniSci akan memiliki peluang yang sangat luar biasa di Indonesia. Sehingga OmniSci berkomitmen akan menyediakan investasi yang signifikan untuk mendukung pelanggan dan mitra kerjanya di Indonesia.


Center of Excellence atau CoE di Universitas Gunadarma dipercaya akan menjadi platform ide inovatif dan praktik terbaik. Proyek yang dipimpin oleh OmniSci dan para mitra kerjanya menjadikan Center of Excellence tersebut akan memfasilitasi kemampuan komputasi super yang terdepan dalam segi solusi perangkat keras dan lunak, serta menjadi tempat uji coba (testbed) untuk mengembangkan bukti-bukti konsep yang inovatif.


Sejak berekspansi ke Asia untuk memenuhi permintaan yang berkembang secara pesat terhadap kemampuan analisis perusahaan mereka, OmniSci telah menjalin kerjasama dengan mitra utama, terutama perusahaan dan pemerintah yang sudah ada dan yang akan datang seperti Singapura dan Indonesia, India, Filipina, dan kawasan Asia lainnya.


Berdasarkan pemaparan ini, maka dapat dilihat bahwa Universitas Gunadarma telah menyediakan fasilitas yang kompeten untuk mendukung kemajuan AI di masyarakat Indonesia




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar