Skip to main content

Ada 5 Poin Penting dalam Polis Asuransi Mobil yang Wajib Pahami

polis asuransi mobil


Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang perlu dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kendaraan roda empat. Dengan asuransi ini, kendaraan akan mendapatkan perlindungan terhadap resiko-resiko yang diakibatkan dari kecelakaan atau kehilangan.


Memiliki asuransi kendaraan akan memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan apabila terjadi kecelakaan yaitu memberikan biaya perbaikan kendaraan dan juga biaya medis.


Bagi calon nasabah yang ingin membeli produk asuransi kendaraan, sangat disarankan untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Cara yang bisa dilakukan untuk menentukan produk asuransi yang tepat adalah dengan mencari informasi seputar asuransi mobil dan membandingkannya dengan penawaran satu dengan penawaran lainnya.  


Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempelajari serta memahami semua isi polis asuransi sebelum melakukan tanda tangan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kerugian di masa mendatang. Nah sebelum membeli produk asuransi kendaraan, ada 5 poin penting yang wajib Anda pahami:


1. Jenis perlindungan asuransi

Saat akan membeli produk asuransi mobil, Anda berhak memilih jenis perlindungan yang akan diberikan terhadap kendaraan kesayangan Anda.  


Anda bisa memilih produk asuransi Total Loss Only (TLO) atau Comprehensive (All Risk). Produk asuransi TLO adalah asuransi kendaraan yang hanya menanggung 75% dari kerusakan atau kehilangan.  Sedangkan asuransi kendaraan all risk akan menanggung semua kerusakan.


Nah sebelum Anda membeli produk asuransi kendaraan pastikan bahwa Anda memahami perbedaan keduanya sehingga tidak salah membeli.


2. Data Diri

Pastikan bahwa polis yang Anda beli tertera data diri Anda dengan benar. Ini sangat wajib karena dapat berpengaruh terhadap proses pengajuan klaim nantinya. Pada data diri pemilik polis wajib tertera informasi-informasi penting seperti nama lengkap, alamat lengkap masing-masing pihak, nomor lengkap polis asuransi, serta masa berlaku atau periode pertanggungan asuransi mobil Anda.


3. Kesepakatan harga serta cara pembayaran premi

Setiap mobil memiliki premi yang berbeda-beda. Perusahaan asuransi akan menentukan premi yang perlu Anda bayar berdasarkan dengan data mobil Anda. Informasi ini akan tertulis pada polis asuransi termasuk periode dan cara pembayaran.  Anda bisa memilih sistem pembayaran sesuai dengan keinginan Anda.


4. Data lengkap mobil

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa besaran premi tergantung pada kondisi mobil, harga mobil dan jenis mobilnya. Untuk mendapatkan premi yang sesuai pastikan Anda memberikan informasi data lengkap mobil yang sebenarnya.


5. Besaran ganti rugi

Anda juga akan diinformasikan besaran ganti rugi, apabila nanti mobil mengalami kerusakan atau kehilangan. Disini juga Anda akan mendapatkan informasi tentang kondisi yang memungkinkan Anda tidak bisa mengklaim ganti rugi. Kondisi yang mengakibatkan kehilangan ganti rugi ialah keterlambatan pengajuan klaim. Dan perlu diketahui bahwa nilai ganti rugi dipengaruhi oleh produk asuransi yang Anda gunakan.


Setiap poin tentunya perlu anda perhatikan sehingga tidak akan membuat Anda merasa rugi nantinya. Jika Anda ingin membeli asuransi mobil, pastikan Anda memilih Garda Oto sebagai perusahaan asuransi Anda. Garda Oto merupakan perusahaan asuransi kendaraan terbaik dengan pelayanan profesional.




Nggak nemuin barang yang kamu cari? Coba cari di toko Shopee ini Naya TOP
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar