Skip to main content

Startup Studio Batch 5 Akan Masuki Tahap Founder’s Camp

program startup studio


Pemerintah menyalurkan bantuan bagi startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi Indonesia melalui Program Startup Studio dalam pantauan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika). 

Program tersebut sudah berlangsung sejak 2 tahun lalu dan kini telah memasuki Batch 5. Hal tersebut membuktikan keseriusan pemerintah dalam mendukung para talenta digital Indonesia. Dukungan secara masif ini ternyata disambut antusias oleh ribuan pendaftar.


Bahkan saat Batch terakhir dibuka, terdapat 1.412 pendaftar. Startup yang mendaftar berasal dari 32 provinsi dan bergerak di berbagai sektor industri meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Agrikultur, Logistik, Kelautan, dan lain-lain yang selaras dengan tujuan perekonomian negara.


Dari sejumlah pendaftar diseleksi menjadi 30 startup hingga menyisakan 15 terbaik yang efektif dan paling berkelanjutan. Kelima belas perusahaan rintisan tersebut ialah:

  • Eduku (platform manajemen pendidikan sekolah)
  • MySkill (penyedia layanan pelatihan skill untuk pribadi, instansi pemerintah hingga perusahaan swasta)
  • MyRobin.id (platform penyalur tenaga kerja outsourcing)
  • Alterstay (hospitality startup)
  • Automa (startup logistik untuk manajemen gudang UMKM dan penelusuran distribusi barang)
  • Bioma (platform sewa aset untuk pribadi hingga perusahaan perkantoran)
  • DotX (platform pengelola koperasi untuk perusahaan)
  • Metion – Firm Agro Teknologi (perusahaan startup yang bergerak pada sektor pertanian yang berfokus pada meat processing dan Agro Commodity supply chain)
  • Eratani (perusahaan startup agri-tech yang membantu petani dalam pemodalan, pengadaan saprotan, dan penyaluran hasil panen)
  • SHAFIQ (platform layanan urun dana melalui securities crowdfunding dengan prinsip syariah)
  • CitCall (layanan one time password OTP, secara real time dan lebih murah daripada SMS)
  • Nona Woman (bergerak dalam bidang kesehatan perempuan melalui produk aplikasi menstruasi Nona)
  • Tripwe (platform layanan marketplace pariwisata olahraga dan petualang)
  • Broom.id (platform jual beli mobil bagi pemilik showroom dan dealer mobil)
  • Kanva (platform jual beli karya unik home & living)



15 Startup Terpilih Masuki Tahap Founder’s Camp

Berdasarkan timeline program yang dibagikan Startup Studio, kini kelima belas terpilih yang tadi disebutkan akan memasuki tahap Founder’s Camp. Ini merupakan sesi utama kedua setelah para founder startup terpilih mendiskusikan tantangan yang selama ini dihadapi pada FGD Diagnosis Session.


Tahap Founder’s Camp yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini berlangsung 3 hari. Sepanjang durasi tersebut, para founder terpilih diberikan kesempatan melakukan brainstorming bersama dengan para founder startup berpengalaman. 


Tidak hanya itu, para pelaku industri lain pun turut andil memberikan mentoring terkait ilmu-ilmu praktis yang mesti dikuasai agar startup hasil inkubasi Startup Studio bisa mencapai product-market fit. Harapannya, mentoring ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha rintisan dari kelima belas terpilih.


Tentang Startup Studio

Tidak sedikit yang keliru menyamakan Startup Studio dengan Gerakan 1000 Startup Digital dan Nexticorn yang sama-sama bertujuan membangun ekosistem startup di Indonesia. 


Keduanya sama-sama dinaungi oleh Kominfo, namun Startup Studio ini merupakan program yang memperkuat dan melengkapi program Gerakan 1000 Startup Digital dan Nexticorn.


Fokus yang dilakukan program Startup Studio meliputi pemberian akses para early-stage startup dalam mengembangkan potensinya, yang mana memiliki potensi sebagai perusahaan berbasis digital berkelanjutan yang berdampak positif bagi perekonomian negara.


Sesuai dengan tagline #GoTheExtraMile, program pengelola startup Indonesia milik pemerintah ini memfokuskan pada pembekalan praktis terkait ilmu dan wawasan, serta coaching dan mentoring langsung dengan para praktisi terkemuka di industri digital.


Harapannya setelah program selesai, para startup terpilih dapat mengembangkan skala bisnisnya lebih cepat.


Informasi selengkapnya terkait program startup hasil inisiasi Kominfo ini dapat diakses melalui website https://startupstudio.id/.






Nggak nemuin barang yang kamu cari? Coba cari di toko Shopee ini Naya TOP
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar