Skip to main content

Top 10 Pantai Terindah di Kepulauan Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara yang meliputi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur memang dianugerahi dengan keindahan alam yang sangat mempesona, mulai dari wisata alamnya hingga deretan pantai-pantai keren.

Nah, di bawah ini merupakan daftar pantai-pantai indah yang ada di kepulauan Nusa Tenggara (NTB dan NTT), pantai-pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi pecinta wisata pantai, mulai dari pasir putih hingga keunikan lainnya yang terdapat di pantai tersebut, lalu pantai apa sajakah itu ?




Pink Beach, Lombok, NTB

pantai pink lombok
pantai pink. foto : @chosenonedesign

Jika kita lihat dari namanya pasti yang muncul di pikiran kita adalah pantai berwarna merah muda, ya, berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya di Indonesia, pantai ini memang memiliki warna pasir pink (merah muda).

Di Indonesia sendiri hanya terdapat dua pantai berpasir pink, yaitu di kepulauan Komodo, NTT, dan di pulau Lombok ini.

Pink beach memiliki nama asli pantai Tangsi, namun untuk memudahkan dalam mengingat, wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Pink beach.

Sebenarnya pasir di pantai ini berwarna putih biasa, namun karena bercampur dengan karang berwarna merah muda di dasar laut dimana serpihan karang tersebut terbawa ombak hingga pantai, jadilah serpihan karang bercampur dengan pasir pantai yang menjadikan warna merah muda.





Pantai Selong Belanak, Lombok, NTB

foto pantai selong belanak lombok 
bersih ya pantainya. foto : @traveltheworldwithjennifer

Karakteristik dari pantai Selong Belanak adalah bentuknya yang menyerupai bulan sabit dengan bukit di ujungnya.

Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 km dengan menghadap langsung ke samudera hindia.

Pasir di pantai ini putih halus, dengan ombak yang cukup tenang jadi sangat cocok bagi kamu yang suka berenang tanpa takut terbawa ombak.

Uniknya di bagian sisi lain pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, nah bagian tersebut biasa dimanfaatkan oleh wisatawan yang hobi surfing.






Pantai Senggigi, Lombok, NTB

foto sunset indah di pantai senggigi 
sunset di pantai senggigi. foto : @traveltheworldwithjennifer

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai terindah di Lombok yang wajib kamu kunjungi, pantai ini terletak di pesisir barat pulau Lombok, menjadikan pantai Senggigi sebagai spot keren untuk melihat sunset.

Tak hanya melihat sunset saja, disini kita juga bisa surfing, berjemur, hingga snorkeling. Pantai ini juga terkenal sebagai pantai romantis di Lombok, jadi apabila kamu sedang mencari tempat wisata untuk honeymoon, maka cobalah datang ke pantai Senggigi.





Pantai di Gili Trawangan, Lombok, NTB

gili trawangan
gili trawangan. foto : @coupleoftraveljunkies 

Siapa sih yang tidak tahu dengan keindahan pulau kecil Gili Trawangan?

Pulau ini sudah menjadi destinasi favotit wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berlibur ke Lombok, pemandangan alam dan pantainya tak perlu diragukan lagi keindahannya.

Untuk menjelajah pantai-pantai yang ada di Gili Trawangan tak membutuhkan waktu lama kok, hanya saja di pulau ini tidak terdapat kendaraan bermesin, hanya ada sepeda dan andong. Dengan begitu udara disini terasa cukup segar karena tidak ada polusi udara dari kendaraan.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pelabuhan kamu sudah bisa melihat keindahan pantai Gili Trawangan.





Pantai Sekotong, Lombok, NTB

foto sunrise di pantai sekotong lombok 
sunrise di pantai sekotong. foto : @ciptadis

Karakteristik dari pantai Sekotong hampir mirip dengan pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta, yaitu dikelilingi oleh perbukitan, pantai ini memiliki pasir putih dengan laut berwarna biru jernih yang sangat cocok untuk snorkeling.

Di pantai Sekotong banyak dihuni oleh biota laut, seperti ikan kerapu, lobster dan teripang, pantai ini juga digunakan untuk budidaya biota laut yang dikelola oleh Balai Budidaya Laut Lombok.

Oh iya, dari sini kita bisa melihat gunung Agung di Bali yang terlihat samar-samar loh guys.





Pantai Koka, Flores, NTT

foto pantai koka flores NTT 
pemandangan dari atas tebing pantai koka. foto : @chris_da_gomez

Pantai Koka terletak di kecamatan Paga. kabupaten Sikka, pulau Flores. Pantai Koka masih cukup sepi dari pengunjung yang menjadikan suasana dan pemandangan disini terlihat masih asri dan alami, pasir di pantai Koka berwarna putih bersih dengan warna air biru tosca.






Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya, NTT

foto pemandangan pantai mandorak sumba barat daya 
pemandangan pantai mandorak. foto : @natgeoindonesia

Pantai Mandorak terletak di kecamatan Kodi Utara, kabupaten Sumba Barat, untuk menuju ke pantai ini bisa dibilang cukup sulit karena tidak terdapat petunjuk jalan, mungkin itulah alasan mengapa pantai Mandorak sepi oleh pengunjung.

Namun jangan salah, pantai kecil yang terletak di belakang tebing ini menyimpan keindahan yang sangat keren loh, kamu bisa mencoba naik ke atas tebing untuk melihat pemandangan pantai Mandorak dari sudut pandang berbeda.






Pantai Ratenggaro, Sumba Barat Daya, NTT

pantai ratenggaro
pantai ratenggaro. foto : @sitisarahel

Pantai Ratenggaro terletak di desa Umbu Ngedo, kecamatan Kodi Bangedo, sebenarnya karakteristik dari pantai Ratenggaro hampir sama dengan pantai pada umumnya.

Yang membedakan adalah terdapatnya situs budaya adat desa Ratenggaro dengan kuburan batu tuanya yang unik, desa tersebut terletak persisi di dekat pantai, jadi selain berwisata alam kita juga bisa berwisata budaya.






Pantai Ruteng, Flores, NTT

foto pantai ruteng dari pulau kelor 
pemandangan dari pulau kelor. foto : www.lombokaaggilitravel.com

Pantai Ruteng masih termasuk dalam Taman Wisata Laut Riung 17, pantai ini memiliki karakteristik pasir berwarna putih bersih dengan warna air laut biru dan hijau tosca. Pantai Ruteng sangat cocok untuk kegiatan snorkeling karena pemandangan bawah laut disini sangat indah.






Pantai Nihiwatu, Sumba Barat, NTT

foto berkuda di pantai nihiwatu 
berkuda di pantai. foto : nihiwatu resort

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu pantai di Indonesia yang masuk dalam 20 besar pantai terindah di dunia, yaitu berada di posisi ke-17 mengalahkan keindahan pantai di Hawai, selain pantai Nihiwatu, pantai di Indonesia lainnya adalah pantai di kepulauan Derawan dan pantai yang ada di Bali.

Pantai Nihiwatu terletak di kota Waikabubak, pantai ini dikelola oleh Nihiwatu Resort, jadi untuk merasakan keindahan pantai Nihiwatu, terlebih dahulu kita harus menjadi tamu di salah satu Resort yang dikelola oleh Nihiwatu Resort tersebut.



Nah, itulah daftar nama-nama pantai indah yang ada di kepulauan Nusa Tenggara, jika kita lihat memang pantai indah tersebut lebih banyak terletak di pulau Lombok ya, tapi di daerah lain juga memiliki pantai yang tak kalah keren kok.

Apabila kamu memiliki info tentan pantai indah lainnya, yuk share bareng di kolom komentar.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar