Info Lengkap Pantai Blue Point, Pantai Cantik yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

0 Comments A+ a-

Pantai Suluban atau lebih dikenal dengan nama Pantai Blue Point adalah salah satu pantai berpasir putih indah di Bali selain Pantai Dreamland,  mungkin kamu heran kenapa tempat wisata Bali satu ini memiliki dua nama, ditambah lagi namanya juga berbeda jauh.

foto pantai suluban atau blue point bali 
pemandangan pantai suluban dari atas tebing. foto : @muji0611

Nama asli dari pantai ini adalah Suluban, tapi untuk memudahkan dalam mengingat, wisatawan luar negeri biasa menyebutnya dengan nama Blue Point Beach karena tepat di atas tebing terdapat sebuah hotel bernama Blue Point




Apa yang Menarik di Pantai Blue Point Bali ?

Suluban sendiri berasal dari kata “mesulub” merupakan bahasa Bali yang artinya “lewat dibawah sesuatu” karena pantai ini berada dibawah tebing maka dinamakan Pantai Suluban.

foto pantai blue point
suasana di bawah tebing jalur menuju bibir pantai suluban. foto : @minkvendy_420

Keunikan dari Pantai Blue Point atau Pantai Suluban adalah tebing besarnya yang menjulang tinggi dan tepat di bawah tebing terdapat sebuah lorong/terowongan alami.

Pantai Blue Point atau pantai Suluban merupakan pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar. Pantai Blue Point Uluwatu lebih cocok untuk wisatawan yang memang menyukai kegiatan surfing. Tak heran jika pengunjung yang datang ke Pantai Blue Point lebih didominasi oleh wisatawan mancanegara.

Pantai Suluban ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pura Uluwatu, bisa kita tempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari bandara Ngurah Rai, Pantai Blue Point atau Suluban juga terkenal sebagai spot surfing alternatif di Bali karena ombaknya cukup besar.

Tapi untuk bisa sampai di bibir pantai, dari tempat parkir kita harus berjalan kaki menuruni tangga kurang lebih 200 meter dan melewati lorong diantara tebing tadi.

Setelah melewati anak tangga, kita masih harus melewati tangga yang lebih sempit dan kecil dan di apit oleh tebing batu karang putih, bahkan terkadang harus antre untuk dapat melewati tangga ini.

Pantai Blue Point memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Padang Padang, karena lokasinya sedikit jauh dari pusat wisata seperti wisata di Jimbaran, maka untuk mencari transportasi umum akan sedikit sulit, jadi disarankan untuk menyewa motor atau mobil untuk menghemat waktu kamu.

foto sunset di pantai blue point 
sunset di pantai suluban. foto : @jprariya

Di kawasan Pantai Blue Point sudah banyak café, kios makanan dan tempat penyewaan perlengkapan surfing, biasanya pengunjung juga lebih banyak dari luar negeri yang memang menyukai kegiatan surfing.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda, cobalah untuk berkemah di Pantai Suluban ini dan rasakan suasana seru berkemah dibawah tebing-tebing tinggi.

Yang perlu diingat, sebenarnya wisata Pantai Suluban ini tidak cocok untuk anak – anak, apabila kamu membawa anak anak untuk berlibur ke Bali, disarankan untuk tidak mengunjungi Pantai Suluban karena jika saat laut sedang pasang, ombak besar sering menghantam tebing dan bisa membahayakan anak anak, atau kalau memang terpaksa membawa anak anak, jangan lupa jaga baik baik ya



Apa yang Bisa Dilakukan di Pantai Suluban ?


Beberapa aktivitas seru yang bisa kita lakukan di tempat wisata Pantai Suluban adalah :

Berburu Sunset
Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Pantai Suluban juga terkenal memiliki pemandangan sunset yang cantik, jadi bagi kamu yang ingin melihat indahnya matahari terbenam di sekitar Uluwatu, Pantai Suluban bisa menjadi alternatifmu.

Camping Ceria
Setelah puas melihat sunset, jika memang kamu memiliki waktu lebih, tidak ada salahnya untuk berkemah di sekitar Pantai Suluban ini, suasana yang nyaman di bawah tebing dengan pemandangan bintang-bintang dan suara deburan ombak akan membuat campingmu makin seru.

Surfing
Bagi kamu pecinta olahraga surfing/berselancar, Pantai Blue Point adalah salah satu spot surfing yang cukup direkomendasikan di Bali. Pantai Blue Point ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi sangat cocok untuk surfing.


foto jalan menuju pantai blue point 
jalan menuju ke pantai blue point. foto : @akimi_kojima


Fasilitas :

  • Warung Makan/Cafe
  • Penyewaan Peralatan Surfing
  • Tempat Parkir
  • Hotel
  • Toilet
  • Toko Souvenir
  • Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Pantai Blue Point Uluwatu :
Hanya membayar parkir

Akomodasi (Penginapan)
Untuk Penginapan, tepat diatas tebing Pantai Suluban sudah terdapat Hotel bernama Blue Point, jadi bagi kamu yang ingin menginap bisa booking di hotel tersebut. Atau jika kamu ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan alam kamu bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali
  • 30 km dari pusat kota Denpasar melalui Jl. By Pass Ngura Rai (1 jam 9 menit)
  • 23 km dari Kuta melalui Jl. By Pass Ngurah Rai (50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Suluban

Dari Bandara Ngurah Rai kamu bisa menuju ke arah Jimbaran melalui jalan By Pass Bandara Ngurah Rai, setelah sampai di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) belok ke kanan menuju Jalan Uluwatu. Ikuti jalan tersebut hingga melewati kampus UNUD dan Cultur Park (GWK). 

Tepat di pertigaan di depan kantor kepala Desa Pecatu belok ke kanan menuju jalan Labuan Sait. Masih di jalan Labuan Sait, kamu akan menemukan objek wisata pantai Padang-Padang, dari sini lurus lagi hingga ujung jalan labuan sait maka kamu akan bertemu pertigaan.

Jika lurus akan menuju jalan Mamo sedangkan jika belok ke kiri akan menuju jalan Pantai Padang-Padang, pilihlah jalan yang menuju Pantai Padang Padang. Nah di ujung jalan Pantai Padang-Padang belok ke kanan menuju jalan Pantai Suluban hingga kamu sampai di lokasi Pantai Suluban (ditandai dengan adanya Hotel Blue Point).





Tips Saat Berlibur ke Pantai Blue Point :

  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Sangat cocok untuk olahraga surfing.
  • Cobalah untuk berkemah di pinggir pantai untuk merasakan sensasi berbeda.
  • Jika tidak tahu jalannya, jangan malu untuk bertanya dan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa motor.
  • Kalau mau menikmati resto di Blue Point Bay Villa, untuk kamu turis lokal, mungkin kamu harus berpakaian yang lebih rapi dan mungkin harus bisa berbicara dalam bahasa Inggris.
  • Bagi yang membawa anak-anak, tolong dijaga dengan baik karena ombak di Pantai Suluban cukup besar.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Blue Point adalah saat hari biasa di musim kemarau.





lihat peta cara menuju ke pantai suluban




Wisata Terdekat Dari Blue Point Beach :

Pantai Dreamland (20 menit)
Pantai Dreamland adalah salah satu pantai pasir putih yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Bali, karena selain memiliki pasir putih, Pantai Dreamland juga menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Pura Uluwatu (8 menit)
Pura Uluwatu merupakan Pura yang terletak di ujung tebing, Pura Uluwatu sudah sangat terkenal karena memiliki pemandangan cantik, selain itu kita juga bisa menonton tari kecak dengan background sunset lho.

Garuda Wisnu Kencana (27 menit)
Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah taman budaya, bagi kamu yang ingin mengenal Bali lebih jauh, maka cobalah untuk berkunjung ke GWK.


loading...
loading...