Pura Luhur Uluwatu, Pura Keren Diujung Tebing yang Wajib Dikunjungi di Bali


Bali memang memiliki beragam wisata menarik yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah hingga religi, nah biasanya wisata religi di Bali didominasi dengan Pura, salah satu Pura keren di Bali adalah Pura Luhur Uluwatu (Uluwatu Temple).

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu pura yang termasuk dalam Sad Khayangan Jagat, yaitu penjaga poros mata angin di pulau dewata, menurut informasi nama Uluwatu diambil dari bahasa sansekerta "Ulu" yang berarti diujung dan "Watu" yang berarti batu, mungkin nama tersebut diambil dari lokasi Pura Luhur Uluwatu yang memang berada diujung tebing.





sunset di pura uluwatu 
indah ya. foto instagram : @mutiarayaniar


Pura Luhur Uluwatu terletak diatas tebing dengan ketinggian sekitar 97 meter, berbeda dengan Tanah Lot yang terletak di sebuah pulau karang ditengah pantai, selain sebagai tempat beribadah umat hindu Bali, Pura Luhur Uluwatu juga berfungi sebagai tempat wisata, bahkan tempat wisata Pura Uluwatu menjadi salah satu wisata wajib dikunjungi di Bali lho.

Pura Luhur Uluwatu menawarkan pemandangan luasnya samudera hindia, tak hanya itu saja, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk melihat sunset lho, jadi apabila kamu sudah bosan melihat sunset di pantai, maka cobalah datang ke Pura Luhur Uluwatu ini.

Selain melihat pemandangan alam, wisata Pura Uluwatu juga menyajikan pertunjukan tari kecak, sebuah tari khas Bali yang biasa dipertunjukkan oleh lebih dari 20 orang, para penari umumnya laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas tari kecak adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari penari laki-laki sambil saling bersahut-sahutan. Biasanya tarian Kecak Uluwatu dipentaskan pada pukul 18.00-19.00 WITA.

Jadi kita bisa menonton pertunjukan tari kecak dengan latar belakang matahari terbenam yang sangat indah, di kawasan Pura Luhur Uluwatu juga terdapat banyak kera berkeliaran, kera-kera ini dipercaya sebagai penjaga Pura, tapi kamu harus hati-hati ya, sebab kera-kera di kawasan wisata Pura Uluwatu terbilang cukup jahil dan sering mengambil barang milik pengunjung.



monyet di pura uluwatu 
kera di kawasan pura, foto IG : @travelchannel


Tepat dibawah tebing terdapat pantai pecatu yang terkenal dengan ombaknya besarnya, bahkan event internasional juga sering diadakan di pantai tersebut lho karena letaknya strategis jadi cukup mudah untuk menjangkaunya darimanapun.

Sebagai objek wisata unggulan di Bali, kawasan ini sudah memiliki fasilitas yang bisa dibilang memadai, seperti restoran dan café, harga setiap restoran-pun beragam dari yang paling murah hingga mahal, menu yang disajikan mulai dari makanan khas Bali, makanan domestik hingga makanan internasional.



tari kecak di pura uluwatu
tari kecak. foto IG : @hobbitwithacamera



Tips Berlibur ke Pura Luhur Uluwatu


  • monyet monyet yang berkeliaran dikawasan pura biasanya sangat jahil dan suka mengambil barang bawaan wisatawan, jadi sebisa mungkin jaga barang bawaanmu dengan baik, jangan sampai dicuri oleh monyet monyet tersebut.

  • saat akan masuk kedalam kawasan pura, seperti pura lainnya di Bali kita harus memakai selendang atau sarung yang diikatkan di pinggang, kita bisa membawanya dari rumah atau bisa juga menyewanya di tempat tujuan

  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya guys.



Harga Tiket Masuk :
Rp. 3.000/orang untuk dewasa
Rp. 1.500/orang untuk anak anak
menonton tari kecak :
Rp. 85.000/orang
(harga tiket bisa berubah kapanpun)

Akomodasi (Penginapan)
Sebagai tempat wisata populer di Bali, didekat wisata Pura Luhur Uluwatu sudah terdapat banyak sekali penginapan berupa hote, villa dan homestay, tinggal pilih saja sesuai seleramu.



Lokasi :


  • Alamat ; Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali
  • sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Pura Luhur Uluwatu :

pantai dreamland

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »