Tips Lengkap Backpacker Ke Lombok


Pasti banyak dari kita yang ingin berlibur ke Bali dan Lombok, tapi sudah mengurungkan diri karena berlibur kesana menghabiskan biaya yang sangat mahal, ya, memang berlibur ke Bali dan Lombok membutuhkan budget yang lebih, setidaknya untuk berjaga-jaga juga jika terjadi hal yang tidak di inginkan.







foto backpacker keren ke lombok
yuk backpacker-an ke lombok. foto : blog.triportrap.com









Kali ini kami akan memberikan tips berlibur ke Bali dan Lombok agar lebih hemat, anda bisa melakukan tips dibawah ini jika ingin berlibur kesana :


utamakan carilah tiket promo atau paket wisata yang sedang promo, jika anda ingin lewat jalur udara, maka carilah tiket pesawat ke Bali yang sedang mengadakan promo dan tiket pesawat dari Bali ke lombok yang juga sedang mengadakan promo, minimal anda mendapatkan salah satunya.

atau booking tiket pesawat anda jauh hari sebelum berangkat agar mendapatkan harga yang cukup murah, bila anda lewat jalur darat mungkin sedikit lebih murah, jadi kami sarankan untuk lewat jalur darat, namun tergantung dimana Anda tinggal juga, jika menurut anda lebih murah naik pesawat ya jangan pilih lewat jalur darat.

baca juga : bukit Merese, bukit indah di Lombok Tengah

jika anda lewat jalur darat, silahkan menggunakan kereta dari kota asal Anda, anda bisa transit di Surabaya dan melanjutkan perjalanan menuju stasiun Banyuwangi, setelah sampai di stasiun Banyuwangi silahkan berjalan santai menuju pelabuhan Ketapang, tenang, sepanjang jalan menuju pelabuhan ada banyak tempat untuk makan, tapi untuk menghemat uang anda, disarankan untuk membawa bekal dari rumah.

setelah sampai di pelabuhan ketapang (Banyuwangi), silahkan membeli tiket kapal fery dan menunggu jadwal penyeberangannya, tiket kapal fery sekitar Rp.6.000 saja untuk sekali penyeberangan, jarak tempuh dari pelabuhan ketapang sampai pelabuhan gilimanuk Bali hanya memakan waktu kira-kira 30 menit saja.

Sesampainya di pelabuhan gilimanuk anda akan bertemu dengan banyak calo bus yang menawarkan tiket, anda harus pandai dalam menawar untuk mendapatkan harga sesuai budget yang anda miliki, jika anda pintar dalam menawar, anda akan mendapatkan harga yang cukup murah, tapi sebelumnya anda harus memperhatikan apakah bus tersebut langsung meuju Padang Bai atau tidak,

baca juga : daftar tempat romantis di Lombok

jika anda salah dalam memilih bus, maka anda akan diturunkan di Terminal Ubung, Denpasar dan harus naik bus lagi untuk menuju Padang Bai. Bus dari pelabuhan Gilimanuk berangkat menuju Padang Bai sekitar jam 02.30 malam.

setelah anda sampai di pelabuhan padang bai, anda bisa mengisi perut terlebih dahulu, karena perjalanan dari pelabuhan Padang Bai menuju pelabuhan Lembar Lombok memakan waktu sekitar 4 jam, setelah kenyang anda bisa membeli tiket fery, di pelabuhan Padang Bai, kapal fery beroperasi setiap jam, jadi anda tidak perlu kawatir, tiket kapal fery sekitar Rp. 36.000.

setelah anda sampai di pelabuhan Lembar anda akan berjuma dengan banyak sopir mobil carteran, disini anda juga harus pintar dalam menawar, sesuaikan dengan budget yang anda bawa dan jangan sampai kecolongan.

selanjutnya anda bisa menuju Gili Trawangan, Mataram, atau Sengigi untuk mencari penginapan, kami sarankan untuk mengunjungi Gili Trawangan sebagai tempat wisata tujuan anda, bagi anda yang menyukai pantai dan kegiatan air seperti snorkeling, Gili Trawangan sangat cocok untuk anda.

baca juga : Tips berlibur ke Gili Trawangan



Rute Backpacker Dari Jakarta Menuju Lombok


  • Naik Kereta Api dari Pasar Senen Jakarta menuju rute Gubeng-Surabaya dengan kisaran harga promo tiket Ekonomi DIR 65.000 saja. 

  • Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan kereta menuju Stasiun Banyuwangi. 

  • Dari Stasiun Banyuwangi, jalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang sekitar 15 menit perjalanan

  • Dari Pelabuhan Ketapang menyeberang selat menggunakan kapal Ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

  • Dari Pelabuhan Gilimanuk di Bali, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan BUS menuju pelabuhan Padang Bai. 

  • Dari Padang Bai anda akan menyeberang menuju Pelabuhan Lembar, Lombok menggunakan kapal Ferry, 

  • Sesampainya di Pelabuhan Lembar Lombok, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Mataram dengan shutle transport atau transportasi umum. 


Itu dia Tips berlibur ke Lombok dan melewati Bali ala backpacker, jika anda memiliki info dan tips lainnya silahkan tulis di kolom komentar.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »