Pantai Pink, Salah Satu Pantai Unik Di Pulau Lombok yang Sangat Sayang Untuk Dilewatkan



Selain Bali, Pulau Lombok juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang menyukai wisata pantai, di Lombok sendiri terdapat banyak sekali pantai-pantai indah, nah salah satu pantai indah dan unik di Lombok adalah Pantai Pink.



foto pantai pink lombok indah
indah banget pemandangannya. foto : waniq



Pantai Pink merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah di Lombok Timur, Pantai Pink memiliki nama asli yaitu Pantai Tangsi, pantai ini merupakan salah satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink, selain di Lombok kita juga bisa menemukan Pantai Pink di Pulau Komodo lho.

Asal Usul Nama Pantai Pink

Penyebab pasir Pantai Tangsi berwarna pink (merah muda) adalah karena tercampurnya pasir putih dengan serpihan karang berwarna merah yang hancur terkena ombak hingga akhirnya bercampur dengan pasir, karena itu pasir di pantai ini terlihat seperti berwarna pink.

Nah, sedangkan nama Pantai Tangsi sendiri dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti "barak" sehingga banyak orang menganggap jika dahulunya Pantai Tangsi atau Pantai Pink ini menjadi lokasi markas tentara Jepang.

baca juga : daftar pantai terindah di Indonesia



foto pantai pink lombok timur
pemandangan pantai pink dari ketinggian. foto : padartrip


Selain menawarkan pemandangan pasir berwarna pink dan jernihnya air laut, objek wisata Pantai Pink juga akan memanjakan matamu dengan tebing-tebing besar yang mengelilingi pantai, dari atas tebing kita bisa melihat luasnya lautan dan indahnya Pantai Pink dari ketinggian.

Duduk diatas tebing sembari melihat pemandangan dan merasakan hembusan angin pantai sejenak dapat menghilangkan rasa lelah kita saat perjalanan menuju lokasi, suasana di pantai ini layaknya pantai pribadi.

Pantai Pink memiliki karakteristik ombak yang cukup tenang, jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin bersantai dan tidak bisa berenang, tak hanya itu saja, Pantai Pink juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Jadi selain bersantai di pinggir pantai melihat panorama sekitar, kita juga bisa melihat keindahan bawah laut yang ditawarkan Pantai Pink, formasi-formasi dari terumbu karang yang ada di dasar pantai akan senantiasa memanjakan matamu.

Selain snorkeling dan melihat pemandangan dari pinggir atau atas tebing, kita juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar perairan Pantai Pink dimana terdapat pulau pulau kecil yang bisa menambah variasi aktivitas liburanmu.

Untuk sampai di lokasi Pantai Pink, dari tempat parkir kita masih harus berjalan sekitar 200 meter, tapi tenang, sepanjang perjalanan hingga bibir pantai kita akan melihat indahnya panorama sekitar kawasan wisata Pantai Pink ini, rasa lelahmu setalah perjalanan jauh dari pusat kota akan terbayar lunas sesampainya kamu di pinggir pantai.




perahu nelayan di pinggir pantai. foto : betebanget



Rute Menuju Pantai Pink Lombok Timur

Untuk bisa sampai di Pantai Pink, kamu dapat melewati rute dari kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit karena letaknya yang berdekatan, pintu masuk ke Pantai Pink terletak di 1 km sebelum memasuki pantai Tanjung Ringgit, atau sebelum sampai di gerbang masuk Pantai Tanjung Ringgit terdapat plang petunjuk jalan menuju Pantai Pink, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi.

baca juga : daftar pantai indah di Kepulauan Nusa Tenggara



foto snorkeling di pantai pink lombok
indah banget pemandangan bawah lautnya. foto : waniqbal11


Tips Berlibur Ke Pantai Pink


  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Pink adalah saat pagi dan sore hari, biasanya warna pink di panti akan cukup terlihat di sore hari.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jalan menuju ke Pantai Pink tidak semuanya mulus, masih terdapat beberapa bagian yang rusak.


Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap di kawasan Pantai Pink bisa menggunakan tenda, atau kamu juga bisa mencari penginapan di pusat kota karena masih cukup minim hotel disekitar objek wisata.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, NTB
  • 80 Km dari kota Mataram (2 jam)
  • 14 Km dari Tanjung Ringgit (28 menit)
  • 1 Km sebelum Tanjung Ringgit
  • 78 Km dari pelabuhan Lembar (1 jam 50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Pantai Pink :

Pantai Tanjung Ringgit
Tanjung Bloam (24 menit)
Tanjung Ringgit (28 menit)
Pantai Ekas (30 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »