Skip to main content

Top 10 Pantai Terindah di Indonesia, Mana Favoritmu?

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana terdapat banyak sekali pulau-pulau yang tentunya memiliki pantai dengan pemandangan unik dan khas dari daerah masing-masing.

Asal kamu tahu saja, ternyata pantai terindah di Indonesia tidak hanya terdapat di kepulauan Nusa Tenggara dan Bali saja lho, melainkan tersebar di provinsi lain juga.

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk berlibur ke pantai luar negeri, pastikan kamu sudah mengunjungi pantai-pantai indah di Indonesia ini ya, lalu pantai apa sajakah itu? Yuk kita simak.




Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

foto pantai indah di indonesia pantai nihiwatu
pantai terindah di indonesia pertama, pantai nihiwatu. foto : @beranjakdotcom

Pantai terindah di Indonesia pertama adalah Pantai Nihiwatu, Pantai Nihiwatu terletak di Pulau Sumba, NTT.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dengan pasir putih dan birunya air laut, bukan hanya itu saja, Pantai Nihiwatu juga termasuk dalam 100 pantai terindah di dunia lho.

Bahkan Pantai Nihiwatu berada di urutan ke-17 mengalahkan pantai-pantai di Hawai.

Pantai Nihiwatu memiliki garis pantai sepanjang 2,5 kilometer, tepat didepan Pantai Nihiwatu terdapat resort bernama Resort Nihiwatu yang juga memiliki fasilitas sangat lengkap.

Jadi tak heran jika Pantai Nihiwatu juga termasuk dalam pantai terindah di Indonesia, di Pantai Nihiwatu sendiri kita bisa melakukan banyak kegiatan seru seperti berjemur dan bersantai, pantai ini juga memiliki ombak cukup besar sehingga sangat cocok untuk surfing.





Pantai Ora, Maluku

pantai ora pantai terindah di indonesia
pantai terindah di indonesia ke-2, pantai ora. foto : @neviayue

Bagi para traveler pasti sudah tidak asing dengan pantai satu ini, ya, Pantai Ora yang terletak di Maluku.

Banyak wisatawan mengatakan jika keindahan Pantai Ora mirip dengan pantai-pantai di Maladewa lho.

Pantai Ora memiliki pasir putih dengan air laut yang sangat jernih dan berwarna biru, di kawasan wisata Pantai Ora terdapat resort dengan konsep yang cukup unik, yaitu berdiri diatas air.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di salah satu pantai terindah Indonesia ini, salah satu kegiatan favorit yang bisa kita lakukan di Pantai Ora adalah snorkeling.

Keindahan Pantai Ora yang mirip dengan pantai luar negeri inilah yang menjadikan Pantai Ora sebagai primadonanya wisata di Maluku Tengah, selain itu terdapat juga Pulau Seram, walaupun namanya seram tapi ternyata pulau tersebut memiliki pemandangan sangat cantik lho.





Pantai di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

foto pantai indah indonesia gili trawangan
pantai terindah di indonesia ke-3, gili trawangan. foto : @sarahfsslr

Siapa sih yang tidak tahu mengenai pulau Gili Trawangan, pulau kecil ini terletak di Lombok, NTB.

Keindahan yang dimiliki pulau Gili Trawangan ini tak lepas dari pantai-pantainya yang juga memikat hati.

Gili Trawangan memang lebih terkenal sebagai spot diving dan snorkeling karena di pulau tersebut menyimpan keindahan bawah laut dengan berbagai formasi terumbu karang yang sangat indah dan ikan-ikan yang nampak cantik.






Pantai Iboih, Aceh

pantai iboih, pantai terindah di indonesia
pantai terindah di indonesia ke-4, pantai iboih. foto : @rian_afrian

Pantai terindah di Indonesia selanjutnya berada diujung barat, tepatnya di Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Pulau Weh memang terkenal dengan keindahan pantainya, setiap harinya Pulau Weh tak pernah sepi dari wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, salah satu pantai indah di Pulau Weh adalah Pantai Iboih, objek wisata Pantai Iboih terkenal dengan keindahan bawah lautnya, Pantai Iboih juga menjadi salah satu lokasi snorkeling favorit di Indonesia lho.




Tomini Bay, Sulawesi Utara

tomini bay pantai terindah di indonesia
pantai terindah di indonesia ke-5, tomini bay. foto : @totofore

Walaupun nama Tomini Bay cukup asing di telinga, tapi ternyata pantai Tomini Bay memiliki pemandangan yang sangat mempesona lho.

Kenapa Tomini Bay termasuk dalam daftar pantai terindah di Indonesia?
Karena pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, selain itu disini kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit.

Tak hanya itu saja, kita juga bisa melihat aktivitas nelayan yang akan atau pulang dari berlayar, dikawasan Tomini Bay juga terdapat banyak restoran seafood, kamu bisa mencoba seafood khas Tomini Bay ini dan dijamin akan ketagihan.





Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

foto pantai indah indonesia tanjung bira
pantai terindah di indonesia ke-6, tanjung bira. foto : @ariverseeker

Mungkin masih banyak yang asing dengan Pantai Tanjung Bira yang berada di Sulawesi ini. Padahal pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat mempesona.

Pantai Tanjung Bira memiliki kombinasi yang sangat cantik antara pasir putih, air jenih, serta pohon kelapa yang tumbuh disekitar pantai, tak heran jika objek wisata Pantai Tanjung Bira menjadi tujuan wisata pantai favorit di Sulawesi Selatan.

Pantai Tanjung Bira yang berjarak sekitar 200 Kilometer dari Kota Makassar, dapat dijangkau dengan angkutan umum dari terminal Mallengkeri, Makassar menuju Kota Bulukumba dengan waktu perjalanan sekitar empat jam.





Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

danau kakaban kepulauan derawan
danau kakaban. foto : @rizjul_04

Kepulauan Derawan memang sudah sangat terkenal sebagai tempat wisata favorit di Kalimantan Timur, di Kepulauan Derawan terdapat banyak pantai dan danau dengan pemandangan cantik, kerennya lagi pantai-pantai di Kepulauan Derawan memiliki air yang sangat jernih layaknya kaca lho.

Tak hanya itu saja, Pulau Derawan juga termasuk dalam urutan ke-63 dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches In The World, jadi pastikan kamu tidak melewatkan pantai-pantai terindah Indonesia di Kepulauan Derawan ya.






Pantai Padang-Padang, Bali

pantai padang padang,pantai terindah di indonesia
pantai terindah di indonesia ke-8, pantai padang-padang. foto : @borju_arch

Bagi pecinta film Hollywood yang pernah menonton film Eat, Pray, Love pasti sudah tidak asing dengan pantai indah satu ini, Pantai Padang-Padang walaupun kurang populer ternyata pernah digunakan sebagai lokasi syuting film tersebut lho.

Pantai Padang-Padang memang memiliki keunikannya tersendiri yang menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia, terutama di Bali.

Pantai Padang-Padang menawarkan keindahan pasir putih dan jernihnya air laut yang dikelilingi oleh tebing-tebing besar disekitarnya.

Ditambah lagi ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Pantai Padang Padang mulai dari berburu foto, berjemur, bersantai, mandi hingga bermain paddle boat, yaitu sebuah permainan layaknya selancar hanya saja kita menggunakan dayung untuk menggerakkan papan selancarnya, bukan ombak.





Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

pantai tanjung tinggi terindah di indonesia
pantai terindah di indonesia ke-9, pantai tanjung tinggi. foto : @angga_firdaus

Kamu pernah nonton film Laskar Pelangi? Pasti tahu dong dengan keindahan pantai yang ada di film tersebut.

Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Tinggi, sebuah pantai di Bangka Belitung yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Faktor kenapa Pantai Tanjung Tinggi termasuk dalam pantai indah di Indonesai karena objek wisata ini termasuk cukup unik, di Pantai Tanjung Tinggi kita bisa menemukan banyak sekali bebatuan dengan berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar.





Pantai di Karimun Jawa, Jawa Tengah

karimun jawa pantai terindah di indonesia
karimun jawa. foto : @win_vacation

Pantai terindah di Indonesia lainnya terletak di Karimun Jawa, Karimun Jawa merupakan sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Jepara.

Karimun Jawa dari dulu sudah sangat terkenal sebagai destinasi wisata bahari paling favorit di Jawa Tengah, keindahan Karimun Jawa sudah mendunia jadi tak heran jika pantai-pantai di Karimun Jawa juga termasuk dalam daftar pantai indah di Indonesia.




Nah, itulah daftar pantai indah di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi wisatamu ketika bingung ingin berlibur kemana.

Dari pantai-pantai diatas, mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi dan menjadi pantai favoritmu?




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar