Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Kece di Sukawati Bali


Bali memang surganya wisata, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di Bali sendiri terdapat berbagai jenis wisata yang bisa kita kunjungi, mulai dari wisata sejarah, alam, religi dan pantai.

air terjun tegenungan
pemandangan air terjun tegenungan. foto : tatianamikula

Nah, berbicara mengenai wisata alam, di Bali ada sebuah air terjun yang memiliki pemandangan sangat indah lho, sebelumnya kita tahu jika Bali memang memiliki banyak sekali air terjun, salah satunya adalah air terjun Tegenungan ini.



Apa yang Menarik di Air Terjun Tegenungan Bali ?

Air terjun Tegenungan merupakan salah satu air terjun terindah di Bali, tepatnya kawasan Bali Utara yang terkenal memiliki banyak wisata alam, salah satu wisata alam di Bali Utara yang cukup populer adalah Air Terjun Tegenungan ini.

pemandangan air terjun tegenungan dari jauh
pemandangan air terjun tegenungan dari jauh. foto : sulastra_studio

Air Terjun Tegenungan juga memiliki nama lain, yaitu Air Terjun Kemenuh karena lokasinya yang berada di Desa Kemenung, Gianyar. Air Terjun Tegenungan memiliki tinggi sekitar 15 meter, walaupun cukup pendek namun arus air disini sangat deras lho, terutama jika musim hujan.

Air Terjun Tegenungan bisa dibilang masih alami karena lokasinya yang berada di sekitar hutan dan persawahan, membuat pemandangan kian menarik, selain itu disini kita bisa melihat sawah terasering khas Ubud juga lho.

Jika kamu berdomisili di Denpasar atau Kuta, Air Terjun Tegenungan adalah air terjun terdekat di kawasan Gianyar yang bisa kita jangkau. Air Terjun Tegenungan ini memiliki air yang cukup jernih jika musim kemarau, namun saat musim hujan air menjadi keruh karena bercampur dengan tanah.

Sejauh ini, Air Terjun Tegenungan merupakan satu-satunya air terjun di Gianyar yang berada di dataran rendah, tapi walaupun begitu, udara di sekitar objek wisata Air Terjun Tegenungan cukup sejuk kok.

Tak jauh dari lokasi Air Terjun Tegeungan terdapat pancuran yang berasal dari mata air alami, bagi kamu yang takut mandi di air terjunya langsung, kamu bisa mandi di pancuran tersebut.

Kini Air Terjun Tegenungan menjadi salah satu tempat wisata alam di Bali yang cukup diminati wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tapi untuk bisa menikmati keindahan objek wisata Bali satu ini tidaklah semudah yang kita bayangkan, dari tempat parkir kita harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu sebelum menuju ke bibir sungai Petanu yang merupakan aliran dari Air Terjun Tegenungan ini.

Jadi, sebelum kamu berniat datang kesini, pastikan staminamu dalam keadaan fit ya.

Baca juga :
Daftar wisata unik di Bali, yuk coba!
Daftar Desa Wisata unik di Bali, penasaran?


air terjun tegenungan bali
don't worry be sexy bro!. foto : rikk08



Fasilitas :

  • Warung Makan
  • Toilet
  • Pancuran untuk Mandi
  • Tempat Parkir



Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan :
Rp. 10.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Semakin majunya objek wisata Air Terjun Tegenungan ini, kini sudah terdapat beberapa villa tak jauh dari lokasi tempat wisata tersebut.




Lokasi :

  • Alamat; Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • 32 Km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. By Pass Ngurah Rai (1 jam)
  • 29 Km dari Kuta melalui Jl. By Pass Ngurah Rai (56 menit)
  • 20 Km dari Denpasar melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (42 menit)
  • 20 Km dari kota Klungkung melalui Jl. Raya Banjarangkan (39 menit)
  • 9 Km dari Kota Gianyar melalui Jl. Dharma giri (18 menit)


Rute Menuju Air Terjun Tegenungan Gianyar

Untuk menuju ke Air Terjun Tegenungan bisa dibilang susah-susah gampang, karena tidak ada sarana transportasi umum menuju tempat wisata ini jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil.

Patokannya, darimanapun kamu berada, petama kamu harus menuju ke arah Pasar Seni Sukowati, lokasi Air Terjun Tegenungan tak jauh dari Pasar Sukowati, nah, dari Pasar Sukowati ini kamu bisa bertanya dengan masyarakat sekitar mengenai lokasinya.




Tips Berlibur ke Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali


  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Tegenungan adalah saat musim kemarau, sebab saat musim hujan biasanya air menjadi keruh.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jika kamu takut tersesat dan tidak mau menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa mobil berserta sopirnya untuk mengantarkanmu kesana.
  • Datanglah saat pagi atau sore hari, saat itu udara akan terasa sejuk dan sinar matahari tidak terlalu terik.
  • Hari apapun tidak menjadi masalah ketika kamu ingin berlibur ke Air Terjun Tegenungan.





Wisata Terdekat Dari Air Terjun Tegenungan :

Ubud (22 menit)
Ubud merupakan sebuah Desa di Gianyar yang terkenal sebagai desa seni, selain itu Ubud juga memiliki pemandangan sawah teraseringnya yang khas.

Tampaksiring (37 menit)
Tampak Siring merupakan sebuah Pura yang berada tepat di sebelah Istana Presiden (masih satu kawasan), jadi disni kamu bisa berlibur dengan dua jenis wisata, yaitu wisata religi dan sejarah.

Pasar Sukawati (7 menit)
Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang sudah sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah karena memiliki harga barang yang sangat murah dan bisa ditawar.





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

loading...
Previous
Next Post »