Taman Nasional Baluran, Afrikanya Indonesia




Padang Savana Yang Mirip Di Afrika



Baluran, merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Situbondo, Wonorejo, Banyuputih, Banyuwangi, Jawa Timur, adalah sebuh taman nasional yang memiliki padang savana terluas di pulau jawa, selain padang savana, juga terdapat hutan mangrove, pantai dan gunung.


foto indahnya sunrise di savana bekol 
sunrise di savana bekol. foto : igobtheristas




Banyak yang mengatakan kalau taman nasional baluran ini adalah little Africa In Java, atau afrikanya indonesia, disini hidup banyak sekali jenis hewan, seperti banteng, rusa, kera, hingga merak, pemandangan yang hampir mirip dengan padang savana di afrika.

Selain itu terdapat juga sekitar 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan sekitar 444 jenis tumbuhan, bukan hanya habitat hewan saja yang mirip di afrika, melainkan suhu disini bisa dibilang cukup panas, dengan temperatur sekitar 27oC-30oC.

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25,000 hektar, dengan padang savana sekitar 10.000 hektar, tak ayal menjadikan lokasi ini padang savana terluas di pulau jawa, di kawasan taman ini terdapat 2 tempat yang sangat populer, yaitu savana bekol dan pantai bama.

foto jalur sepanjang TN. baluran jawa timur 
jalur di TN. Baluran. foto : heriawanzhang


Jika musim hujan, savana bekol akan berwarna hijau keseluruhan, namun jika musim kemarau, lokasi ini akan berwarna kuning kecoklatan, karena inilah banyak wisatawan yang menjulukinya little Afrika, di savana bekol ini kita bisa melihat kawanan rusa yang berlarian.

Selain savana bekol, terdapat tempat lain yang tak kalah menarik, yaitu pantai bama, berjarak sekitar 3 km dari savana bekol, sepanjang perjalanan kita akan melewati sedikit hutan, dimana kita juga akan menjumpai kawanan kera, yang perlu diingat, jaga barang bawaan kamu ya, jangan sampai diambil oleh kera kera jahil ini.



foto keindahan pantai bama di TN. baluran 
keindahan pantai bama. foto : ipang_asga





Sesampainya di pantai bama, kita akan disambut dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut, selain itu didekat pantai bama terdapat hutan mangrove, pantai bama juga cocok untuk snorkeling dan bermain kano, taman bawah laut disini tak kalah indah lho, terlebih lagi kita bisa melihat sunrise disini.

Bagi kamu yang ingin berkemah, disini sudah disediakan camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda, lokasi taman nasional baluran sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi, waktu terbaik adalah saat pagi dan sore hari, karena sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Akomodasi disini sangat mudah, sudah terdapat beberapa penginapan di savana bekol dan pantai bama yang bisa kamu pilih, di TN Baluran tidak ada restoran, jadi disarankan untuk membawa perbekalan makanan sebelum masuk kawasan taman.



Tips Saat Berlibur Ke Taman Nasional Baluran :


  • bawalah perbekalan makanan sebelum masuk ke kawasan taman, karena tidak ada restoran dan café.
  • datanglah saat pagi hari.
  • jaga baik-baik bawang bawaan kamu, karena kera disini cukup jail.
  • jangan buang sampah sembarangan.




Lokasi :


  • Alamat ; Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi, Wonorejo, Banyuputih, Jawa Timur.
  • 46 km dari pusat kota Banyuwangi melalui Jl. Pantura (1 jam 7 menit)
  • 68 km dari pusat kota Situbondo melalui Jl. Pantura – Banyuwangi/Situbondo (1 jam 27 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)
  • Tlp. +62 333 461650





Wisata Terdekat Dari TN. Baluran :

Kawah Ijen (1 jam 56 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »