Pantai Menganti, Pantai Paling Populer Di Kebumen yang Wajib Dikunjungi


Kebumen, merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, di Kebumen ternyata terdapat sebuah pantai yang cukup indah dan memikat hati wisatawan lho, namanya Pantai Menganti, terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, karakteristik dari Pantai Menganti ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di gunung kidul jogja, yaitu dikelilingi dengan perbukitan karst nan indah.


foto sunset di pantai menganti kebumen 
sunset di pantai menganti. foto : inggil69


Ya, perbukitan karst menjadi ciri khas dari pantai-pantai yang ada di laut selatan, berbeda dengan kebanyakan pantai di Kebumen yang memiliki pasir hitam, di Pantai Menganti kita akan melihat hamparan pasir putih ditambah dengan birunya air laut yang terlihat sangat mempesona, tak hanya itu saja, di kawasan Pantai Menganti juga terdapat banyak bebatuan yang kian membuat pemandangan di pantai ini terlihat menarik.

Sebenarnya lokasi Pantai Menganti biasa digunakan sebagai tempat pelelangan ikan layaknya Pantai Baron di Jogja, karena itu di Pantai Menganti kamu dapat dengan mudah menemukan deretan perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai, nah, seiring terkenalnya tempat wisata Kebumen satu ini, Pemkab Kebumen meresmikan Pantai Menganti sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Kebumen yang wajib kamu kunjungi.

Pemandangan di kawasan Pantai Menganti kian terlihat indah jika kita naik keatas tebing, kita bisa melihat seluruh pesisir Pantai Menganti dari ketinggian, kita juga bisa naik ke mercusuar untuk melihat luasnya samudera hindia dan jejeran pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan Pecaron. Bahkan jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter.

baca juga : daftar pantai terindah di Indonesia, mana favoritmu?


foto indahnya sunset dari atas tebing pantai menganti 
sunset dari atas tebing pantai menganti. foto : novitadispriyani


Yang perlu diingat, karena laut selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, jadi kamu perlu berhati hati saat berenang di Pantai Menganti ya, untuk menuju ke tempat tujuan tidaklah semulus yang kita bayangkan, kita akan melewati jalanan dengan berbagai medan, maka dari itu sebelumnya siapkan fisik yang fit.

Karena aksesnya yang cukup sulit, jadi tidak banyak wisatawan yang datang kesini, namun jika kamu tidak datang kesini, maka kamu akan menyesal karena telah melewatkan salah satu hidden paradise di kebumen.

baca juga : indahnya pasir putih di dreamland beach

Walaupun aksesnya terbilang sulit, tapi fasilitas di objek wisata Kebumen ini cukup memadai kok, seperti terdapatnya tempat parkir, toilet umum, dan warung makan, pun bagi kamu yang ingin menginap, sudah ada homestay di dekat kawasan Pantai Menganti, jadi kapan kamu akan berlibur ke Pantai Menganti?

Mitos dan Sejarah Pantai Menganti Kebumen

Menurut cerita masyarakat sekitar, pada zaman dahulu terdapat seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja. 

Mereka bersepakat untuk bertemu di tepi samudera yang berpasir putih nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati, tapi sang pujaan hati tersebut ternyata tidak kunjung datang, karena itu tempat wisata Kebumen ini dinamakan Pantai Menganti yang berarti "menanti".

Pantai Menganti juga memiliki mitos yang hampir sama dengan Pantai Parangtritis di Jogja, yaitu dimana pengunjung tak diperkenankan menggunakan baju berwarna hijau gadung. Pasalnya hal tersebut erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul.

foto pemandangan pantai menganti kebumen 
batuan karang di pinggir pantai. foto : nurnacantik


Rute Menuju Pantai Menganti Kebumen

Dari Kota Kebumen
Untuk menuju ke Pantai Menganti, terdapat dua rute yang bisa kita lalui, pertama jika kamu dari Gombong, kamu dapat mengambil arah menuju ke Puring, lalu belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju Pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam.

Atau kamu bisa menggunakan rute kedua, yaitu dari Gombong kamu bisa menuju arah barat, yaitu kearah Pantai Loegending lalu pilih jalur naik ke arah Pantai Mengantai kebumen, namun jalur kedua ini cukup menyita waktu lebih lama daripada jalur pertama.

Dari Kota Purwokerto
Untuk mempermudah, dari Purwokerto kamu bisa menuju ke Kota Kebumen terlebih dahulu, lalu menlanjutkan perjalanan menuju Pantai Ayah / Pantai Logending, jika Pantai Ayah belok kanan sedangkan Pantai Menganti belok ke kiri. Ikuti jalan terus yang nanjak, kurang lebih dari Pantai Ayah 4 KM mungkin membutuhkan 20 – 30 menit sampai Gerbang Masuk Pantai Menganti, lalu belok ke kanan terus turun saja hingga Pos Retribusi.


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Menganti :

  • disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.
  • cobalah naik ke mercusuar yang terdapat di tebing sebelah timur, dari situ kita bisa melihat indahnya pantai menganti dari ketinggian.
  • lokasi pantai menganti sangat cocok untuk melihat sunrise dan sunset.
  • jangan buang sampah semabarangan ya.

foto perahu nelayan yang ada di pantai menganti 
deretan perahu nelayan yang berjejer. foto : wisatakebumen_




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • 43 km dari pusat kota Kebumen melalui Jl. Pangeran Diponegoro (1 jam 11 menit)
  • (prkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


lihat peta cara menuju ke menganti beach



Wisata Terdekat Dari Pantai Menganti :

Pantai Ayah (23 menit)
Suwuk Beach (30 menit)
Pecaron Beach (18 menit)
Tanjung Karang Bata (2 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »