Skip to main content

Info Lengkap Pantai Menganti, Wisata Unggulan di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, berbicara mengenai Kabupaten ini, ternyata di Kebumen ada sebuah pantai yang cukup indah dan memikat hati wisatawan lho, namanya Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Karakteristik dari Pantai Menganti ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di gunung kidul jogja, yaitu dikelilingi dengan perbukitan karst nan indah.

foto sunset di pantai menganti kebumen 

Ya, perbukitan karst menjadi ciri khas dari pantai-pantai yang ada di laut selatan, berbeda dengan kebanyakan pantai di Kebumen yang memiliki pasir hitam, di Pantai Menganti kita akan melihat hamparan pasir putih ditambah dengan birunya air laut yang terlihat sangat mempesona.

Tak hanya itu saja, di kawasan Pantai Menganti juga terdapat banyak bebatuan yang kian membuat pemandangan di objek wisata Kebumen ini terlihat menarik.

Sebenarnya lokasi Pantai Menganti biasa digunakan sebagai tempat pelelangan ikan layaknya Pantai Baron di Jogja, oleh sebab itu ketika Kamu berkunjung ke Pantai Menganti kamu akan dapat dengan mudah menemukan deretan perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai.

Nah, seiring terkenalnya tempat wisata Kebumen satu ini, Pemkab Kebumen meresmikan Pantai Menganti sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Kebumen yang wajib kamu kunjungi.

Pemandangan di tempat wisata Pantai Menganti kian terlihat indah jika kita naik keatas tebing, di atas tebing tersebut kita bisa melihat seluruh pesisir Pantai Menganti dari ketinggian, kita juga bisa naik ke mercusuar untuk melihat luasnya samudera hindia dan jejeran pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan Pecaron.

Bahkan jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter lho.


baca juga :
daftar pantai terindah di Indonesia, mana favoritmu?

pantai menganti kebumen 
sunset dari atas tebing pantai menganti. foto : novitadispriyani

Tapi yang perlu Kamu ingat, karena laut selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, jadi kamu perlu berhati hati saat berenang di Pantai Menganti ya.

Selain itu untuk menuju ke tempat lokasi Pantai Menganti tidaklah semulus yang kita bayangkan, karena lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat banyak orang malas untuk berlibur kesini padahal jalan menuju lokasi bisa dibilang sudah cukup baik hanya saja banyak kelokan dan jalan tidak terlalu lebar.

Tetapi jika kamu tidak datang kesini, maka kamu akan menyesal karena telah melewatkan salah satu hidden paradise di Kebumen.

Walaupun aksesnya terbilang sulit, tapi fasilitas di objek wisata Kebumen ini cukup memadai kok, seperti terdapatnya tempat parkir, toilet umum, dan warung makan, pun bagi kamu yang ingin menginap, sudah ada homestay di dekat kawasan Pantai Menganti yang bisa kita coba

Jadi kapan Kamu akan berlibur ke Pantai Menganti?



Mitos dan Sejarah Pantai Menganti Kebumen

Menurut cerita masyarakat sekitar, pada zaman dahulu terdapat seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja. 

Mereka bersepakat untuk bertemu di tepi samudera yang berpasir putih nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati, tapi sang pujaan hati tersebut ternyata tidak kunjung datang, karena itu tempat wisata Kebumen ini dinamakan Pantai Menganti yang berarti "menanti".

Pantai Menganti juga memiliki mitos yang hampir sama dengan Pantai Parangtritis di Jogja, yaitu dimana pengunjung tak diperkenankan menggunakan baju berwarna hijau gadung. Pasalnya hal tersebut erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul.

Tapi yang namanya mitos hanyalah sebagai “bumbu” penyedap sebuah tempat agar semakin terasa menarik. Tentu kita tidak boleh percaya begitu saja pada mitos, karena semuanya sudah ditentukan oleh Allah.

Selain menikmati keindahan alam, Pantai Menganti juga menyediakan spot foto yang tak kalah menarik lho, seperti balon udara dan sepeda gantung.

foto perahu nelayan yang ada di pantai menganti
deretan perahu nelayan yang berjejer. foto : wisatakebumen_

Fasilitas :

  • Mushola
  • Toilet
  • TPI (tempat pelalangan ikan)
  • Homestay
  • Villa
  • Spot Foto
  • Warung makan
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Pantai Menganti:
Rp. 10.000/orang




Lokasi Pantai Menganti:

  • Alamat ; Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • 43 km dari pusat kota Kebumen melalui Jl. Pangeran Diponegoro (1 jam 11 menit)
  • (prkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Pantai Menganti Kebumen

Dari Kota Kebumen
Untuk menuju ke Pantai Menganti, terdapat dua rute yang bisa kita lalui, pertama jika kamu dari Gombong, kamu dapat mengambil arah menuju ke Puring, lalu belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju Pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam.

Atau kamu bisa menggunakan rute kedua, yaitu dari Gombong kamu bisa menuju arah barat, yaitu kearah Pantai Loegending lalu pilih jalur naik ke arah Pantai Mengantai kebumen, namun jalur kedua ini cukup menyita waktu lebih lama daripada jalur pertama.

Dari Kota Purwokerto
Untuk mempermudah, dari Purwokerto kamu bisa menuju ke Kota Kebumen terlebih dahulu, lalu menlanjutkan perjalanan menuju Pantai Ayah / Pantai Logending, jika Pantai Ayah belok kanan sedangkan Pantai Menganti belok ke kiri. Ikuti jalan terus yang nanjak, kurang lebih dari Pantai Ayah 4 KM mungkin membutuhkan 20 – 30 menit sampai Gerbang Masuk Pantai Menganti, lalu belok ke kanan terus turun saja hingga Pos Retribusi.




Tips Saat Berlibur ke Pantai Menganti :

  • bisa diakses menggunakan roda dua maupun roda empat
  • lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.
  • cobalah naik ke mercusuar yang terdapat di tebing sebelah timur, dari situ kita bisa melihat indahnya pantai menganti dari ketinggian.
  • lokasi pantai menganti sangat cocok untuk melihat sunrise dan sunset.
  • jangan buang sampah semabarangan ya.




lihat peta cara menuju ke menganti beach




Wisata Terdekat dari Pantai Menganti (-1 Jam):

Pantai Ayah (23 menit)
Suwuk Beach (30 menit)
Pecaron Beach (18 menit)
Tanjung Karang Bata (2 menit)





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar