Skip to main content

Pantai Ayah Kebumen | Rute, HTM, Lokasi, Jam Buka Terbaru

Kebumen, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini memang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Kabupaten Gunung Kidul di Jogja, yaitu dianugerahi dengan deretan pantai indah yang sangat sayang untuk kita lewatkan, mulai dari Pantai Menganti, Pantai Karang Bolong hingga Pantai Ayah ini.

foto pantai logending kebumen
pemandangan di pantai logending. foto : indah

Pantai Ayah atau sering disebut juga dengan nama Pantai Logending merupakan salah satu dari deretan pantai indah di Kebumen, nama Logending sendiri berasal dari kata “lo” dan “gending”, “lo” adalah sebuah nama pohon yang kayunya dapat di campur kedalam alat musik dalam bahasa jawa yang di sebut Java Gending.



Apa yang Menarik di Pantai Ayah Kebumen ?

Pantai Ayah memiliki garis pantai yang lumayan panjang, objek wisata Kebumen satu ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan sebagai salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama deretan pantai lainnya.

foto pantai ayah
jembatan di pantai logending. foto : kuatdayat

Pantai Ayah memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kebanyakan pantai laut selatan, yaitu ombaknya yang cukup besar dan dikelilingi oleh perbukitan karst, selain itu Pantai Ayah juga memiliki pasir hitam kecoklatan, walaupun pasir hitam namun pemandangan di objek wisata ini tak kalah indah dengan pantai berpasir putih loh.

Selain menjadi tempat wisata, Pantai Ayah juga menjadi salah satu TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Kebumen.

Pantai Ayah juga menawarkan pemandangan yang berbeda, dimana terdapat hutan jati di dekat kawasan pantai, hutan jati ini dikelola oleh Perhutani KPH Kedu Selatan.

Di Hutan Jati Logending tersebut terdapat berbagai macam tanaman yang merupakan tanaman lokal langka, salah satu tanaman langka yang bisa kita temukan di hutan itu adalah kayu mahoni Afrika, pohon kayu Mahoni Afrika memang jarang ditemukan di hutan lainnya, karena itu Hutan Logending juga dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman tersebut.



Sejarah Hutan Jati di Pantai Ayah

Menurut cerita, hutan di Pantai Ayah kebumen ini dahulunya digunakan sebagai tempat pengawasan dan pos penjagaan oleh tentara Belanda dan Jepang selama menjajah Indonesia, bukan tanpa alasan, hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya benteng yang terletak di dekat pantai.

foto pantai ayah kebumen
unik ya. foto : mbagus1010

Oh iya guys, pada tahun 1948-1950, ketika terjadi revolusi di Indonesia, Hutan Jati Logending dekat Pantai Ayah Kebumen tersebut juga digunakan sebagai tempat persembuyian para pejuang militer dalam mempertahankan wilayahnya.

Bisa dibilang Pantai Ayah merupakan pantai unik di Kebumen, karena tidak hanya menawarkan wisata pantai dan hutan saja, di objek wisata Kebumen tersebut kita juga bisa menjelajah sungai Bodo dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan loh.

Sepanjang penyusuran sungai kita akan melihat pemandangan indah pepohonan di pinggir sungai.

Sungai Bodo juga menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Puas berkeliling dikawasan Pantai Ayah, kini saatnya kamu bersantai di pinggir pantai sambil menikmati jajanan yang ditawarkan warung-warung di sekitar situ, sembari menyantap makanan dan ngobrol santai bersama keluarga maupun teman, kita bisa melihat indahnya sunset di Pantai Ayah Kebumen ini.

Ya, Pantai Ayah memang menjadi salah satu spot keren untuk melihat sunset di Kebumen.

Pantai Ayah merupakan salah satu pantai terlengkap di Kebumen, selain wisatanya yang menarik, Pantai Ayah juga didukung dengan fasilitas lengkap seperti terdapatnya tempat parkir, musholla, ruang ganti pakaian, warung makan, hingga area permainan anak.


Fasilitas:
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Pantai Ayah (Pantai Logending) (HTM):
Untuk bisa masuk ke kawasaan Pantai Ayah kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang saja.

Sewa Perahu Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, tenang, sudah terdapat banyak hotel dan homestay disekitar Pantai Ayah, pun jika kamu tidak ingin menginap di hotel kamu juga bisa berkemah di kawasan Hutan Logending kok.



Lokasi Pantai Ayah :

Pantai Logending terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • 46 Km dari Pusat Kota Kebumen melalui Jl. Nasional III (1 jam 30 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Pantai Ayah Kebumen

Akses menuju Pantai Ayah bisa dibilang cukup mudah, jika kamu dari arah Yogyakarta (arah timur) maka kamu cukup menempuh jalur selatan ke arah Gombong kemudian belok ke selatan ke arah kecamatan Ayah.

Atau jika kamu dari Purwokerto (arah barat), maka tinggal ke timur menuju Gombong hingga kamu menemukan gapura wisata di kanan jalan yang menunjukkan arah wisata ke Goa Jatijajar, ikuti saja petunjuk tersebut karena Pantai Ayah masih satu arah dengan Goa Jatijajar.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.




Tips Berlibur Ke Pantai Ayah kebumen :

  • Kapanpun merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Ayah, namun lebih disarankan berkunjung saat hari biasa (senin-jumat) karena biasanya saat weekend akan sangat ramai oleh pengunjung.
  • Kawasan Pantai Ayah sangat cocok bagi kamu yang ingin berkemah disekitar pantai.
  • Bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.



Wisata Terdekat dari Pantai Ayah (-1 Jam):

Goa Jatijajar (26 menit)

Pantai Menganti (23 menit)

Pantai Pecaron (25 menit)



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar