Pantai Parangtritis Yang Paling Poluler Di Yogyakarta


Siapa yang tidak tahu tentang pantai parangtritis ? sebuah pantai paling terkenal di Yogyakarta dengan mitos yang dipercaya jika pantai parangtritis merupakan gerbang menuju kerajaan laut yang dipimpin oleh Kanjeng Ratu Kidul.

foto ikon pantai parangtritis 
foto : supertyas





Berbeda dengan pantai kukup yang memiliki pasir putih, karakteristik dari pantai ini adalah pasirnya yang hitam terbentang sangat luas, menjadikan objek wisata ini paling favorit di Jogja, terlebih lagi bagi wisatawan yang menyukai suasana pantai, terlebih lagi lokasi inilah yang paling mudah dijangkau daripada pantai lainnya seperti indrayanti dan pok tunggal.

Bersama Gunung Merapi dan Kraton Yogyakarta, pantai parangtritis dipercaya sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti, dan apabila kita telusuri, ketiga tempat tadi memiliki satu garis lurus dari utara ke selatan.

baca juga : Sepanjang beach, kuta beach bali tempo dulu

Disini kita bisa melakukan banyak kegiatan, seperti bermain pasir, berenang, atau naik andong untuk berkeliling pantai, dan tentunya bagi kamu yang menyukai kegiatan olahraga, disini terdapat tempat penyewaan ATV, jadi kamu bisa berkeliling pantai menggunakan ATV.





foto andong di pantai parangtritis jogja 
foto : nonanoni23




Selain kegiatan diatas, ada aktivitas lainnya yang tak kalah menarik, di bagian timur pantai terdapat sebuah tebing, dari sini kamu bisa mencoba olahraga paralayang, selain itu terdapat sebuah reruntuhan candi bernama candi gembirawati, jika kamu ingin kesana, bisa bertanya dengan warga sekitar.

Jika kamu mencari sebuah tempat unik di dekat pantai, tidak jauh dari kawasan pantai parangtritis terdapat sebuah tempat bernama gumuk pasir parangkusumo, sebuah tempat seperti gurun pasir, yang menurut cerita adalah satu-satunya gumuk pasir di Asia Tenggara.

baca juga : siung beach, lokasi panjat tebing dengan pemandangan indah di gunung kidul

Menjelang senja, kita bisa bersantai menikmati sepoi angin dan suara deburan ombak dengan pemandangan indahnya matahari terbenam, di pantai parangtritis memang juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya, jika hari cerah kita bisa melihat cantiknya sunset.

Terlebih lagi jika kamu menikmati keindahan ini bersama pasangan, menambah suasana kian romantis dan menyenangkan, setelah malam tiba, jangan buru-buru pulang, bersantai lah sejenak di pinggir pantai sambil menikmati wedang ronde, es kelapa muda atau jagung bakar.





foto sunset indah di pantai parangtritis 





Karena objek wisata ini merupakan objek wisata populer, jadi soal fasilitas kamu tidak perlu kawatir, karena fasilitas disini bisa dibilang cukup lengkap, seperti terdapatnya tempat parkir luas, warung makan, tolet umum, dan tentunya bagi kamu yang ingin menginap, sepanjang jalan menuju pantai sudah banyak tempat penginapan dengan harga terjangkau.


baca juga : 11 tempat wisata favorit di Jogja







Tips Saat Berlibur ke Pantai Parangtritis :

  • jangan berenang terlalu ketengah, soalnya arus cukup kuat karena langsung ke samudra hindia.
  • datanglah saat sore hari, waktu tersebut sangat cocok untuk melihat sunset.
  • jangan buru-buru pulang saat malam datang, nikmatilah suasana berbeda saat malam hari. 




foto senja sunset romantis di pantai parangtritis 
foto : rizasafwan





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul
  • 26 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtritis (47 menit)
  • 36 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Parangtritis (57 menit)
  • 28 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Parangtritis (51 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)










Foto Galeri :

foto : putra_dadang
foto nelayan di pantai parngtritis saat sunset'
foto : ardikemara





Wisata Terdekat Dari Pantai Parangtritis :

Depok Beach (6 menit)
Parangkusumo Beach (6 menit)
Samas Beach (24 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »