Air Terjun Kabut Pelangi, Air Terjun yang Cocok Untuk Melihat Pelangi di Lumajang


Lumajang memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam menarik, kota yang juga memiliki sebutan sebagai “kota pisang” ini selalu membuat siapapun ingin kembali berkunjung karena keindahan alamnya.



foto pemandangan air terjun kabut pelangi 
pemandangannya dramatis banget. foto : abudzar_giffari



Salah satu tempat wisata alam menarik di lumajang adalah air terjun kabut pelangi, atau warga lokal biasa menyebutnya coban kabut pelangi, dinamakan demikian karena di lokasi wisata air terjun ini sering terlihat pelangi yang diakibatkan oleh pembiasan air dan cahaya matahari.


Air terjun kabut pelangi dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang dan masih termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) karena lokasinya masih berada di kaki gunung semeru, apabila kamu ingin menuju ke gunung bromo maka kamu akan melewati tempat wisata Lumajang ini.

Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang memiliki tinggi kurang lebih 100 meter dan berada di dataran dengan ketinggian sekitar 1229 mdpl, menjadikan objek wisata air terjun tersebut terlihat sangat indah, Air Terjun Kabut Pelangi bisa menjadi alternatif wisata lain jika kamu sudah bosan dengan air terjun tumpak sewu dan kapas biru.



foto air terjun kabut pelangi lumajang 
pilih musim yang tepat saat berkunjung di wisata alam ini ya. foto : noviarossita




Untuk sampai ke lokasi air terjun kita akan melewati jalur dengan medan naik turun khas perbukitan, walaupun begitu banyak wisatawan yang tetap ingin melihat pesona keindahan Air Terjun Kabut Pelangi ini, rasa lelah akan terbayar setelah kita sampai di lokasi air terjun, pemandangan alam dan udara sejuk dikawasan wisata tersebut siap menyambutmu.


Sebelum sampai di lokasi air terjun pelangi, terlebih dahulu kita akan disuguhi pemandangan air terjun anak kabut pelangi, air terjun ini memiliki karakteristik yang hampir sama namun lebih pendek, nah, dari lokasi air terjun anak kabut pelangi ini kita harus berjalan melewati aliran sungai dengan estimasi waktu kira-kira 15 menit untuk sampai di lokasi air terjun kabut pelangi.




foto air terjun anak kabut pelangi 
pemandangan air terjun anak kabut pelangi. foto : kuroarda



Sepanjang perjalanan menuju objek wisata Lumajang satu ini kita akan ditemani oleh kicuan burung yang menjadikan suasana kian menarik, pemandangan di Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang masih sangat asri dengan tumbuhan tumbuhan hijau nampak menyegarkan mata, nah, untuk melihat pelangi kamu harus memilih waktu yang tepat dan angle yang pas ya.

Sebagai objek wisata populer, fasilitas di coban kabut pelangi cukup lengkap, di kawasan coban kabut pelangi ini sudah terdapat mushola, toilet umum, tempat parkir, dan gazebo yang bisa kita gunakan untuk beristirahat.

Selain itu juga terdapat camping ground bagi kamu yang ingin berkemah di area wisata air terjun, ditambah lagi juga terdapat kuda yang bisa kita tunggangi untuk kembali ke pintu masuk, jadi kita tidak perlu capek capek berjalan lagi.





foto pelangi di air terjun kabut pelangi 
pilih angel yang tepat agar pelanginya terlihat. foto : donnyirianto




Rute Menuju Wisata Alam Coban Pelangi

Nah, bagi kamu yang ingin menuju ke wisata alam Lumajang satu ini, aksesnya cukup mudah kok, dari pusat kota Lumajang kamu tinggal mengikuti jalan menuju ke Malang saja, setelah kantor Polsek Pronojiwo terdapat gang dengan banner wisata coban Kabut Pelangi diatasnya, tinggal masuk gang tersebut dan ikuti petunjuk ke Coban Kabut Pelangi. 

Apabila kamu dari Malang, bisa mengikuti rute Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo, hingga sampai di Polsek Pronojiwo, lalu ikuti tips seperti diatas.





Tips Saat Berlibur Ke Wisata Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang :

  • jangan lupa membawa baju ganti dan bekal makan minum.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan.
  • datanglah saat pagi hari, karena waktu kunjungan dibatasi hingga jam 4 sore.
  • jika tidak tahu jalannya, jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar.
  • untuk bisa melihat pelangi, kamu harus datang siang hari saat cuaca cerah.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur
  • 44 km dari pusat kota Lumajang melalui Jl. Nasional III (1 jam 18 menit)
  • 78 km dari pusat kota Malang (2 jam 18 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Air Terjun Kabut Pelangi :

Gunung Semeru


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »