Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga Dari Lumajang


Berpetualang Menuju Tumpak Sewu yang Indah




Masih di lumajang, jawa timur, di daerah ini masih terdapat satu lagi air terjun yang sangat indah, bahkan pesona keindahan air terjun ini sudah terkenal di seluruh indonesia, namanya air terjun tumpak sewu.



foto pemandangan air terjun tumpak sewu 
pemandangan dari bawah. foto : putuoci 




Juga dikenal dengan nama coban sewu dan grojogan sewu, jika kita lihat dari gambar air terjunnya sendiri, kita pasti sudah tahu dong alasan kenapa dinamakan tumpak sewu ? dalam bahasa jawa tumpak memiliki arti “tumpah” dan sewu berarti “seribu”. Jadi bisa dibilang “ribuan air yang tumpah”.


Ya, karena disini tidak hanya terdapat satu aliran air terjun saja, melainkan ada banyak sekali aliran air terjun yang berjejer dan bisa kita lihat dalam satu tempat, sama halnya dengan tetangganya, air terjun kapas biru, jalur menuju lokasi bisa dibilang cukup sulit.

Untuk menuju ke tempat wisata ini memang cukup mudah, bisa dijangkau dari kota kota terdekat, petualangan sebenarnya akan dimulai setelah kita melewati pos retribusi, disini kita akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5000/orang.



foto pemandangan air terjun tumpak sewu lumajang 
pemandangan dari atas. foto : akbar_juniansyah







Yang perlu diingat, retribusi pertama ini hanya berlaku untuk kunjungan di tempat pertama dengan pemandangan air terjun tumpak sewu dari atas, nah bagi kamu yang ingin melihatnya dari bawah, maka akan dikenakan biaya lagi saat kamu hampir sampai di bawah, biayanya sama, sekitar Rp. 5000/orang.


Namun, terkadang, hal ini tidak diberitahukan kepada wisatawan, sehingga kadang ada yang mengira kalau hal ini menjadi jebakan bagi wisatawan dimana harus mengeluarkan biaya tambahan, tapi jangan kawatir, keindahan dari objek wisata ini cukup membuat kita puas kok.

Nah, dari pos retribusi pertama tadi, kita akan melewati anak tangga dengan jumlah yang cukup banyak, jalur ini cukup menurun dan berbelok belok, dan bagi kamu yang ingin turun untuk melihat pemandangan dari bawah, jalur yang harus kita lalui lebih ekstrim lagi, dimana kita harus menyusuri tebing dan sungai.


Tempat wisata air terjun tumpak sewu ini sangat cocok bagi kamu yang memang meyukai kegiatan berbau petualangan, lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata di daerah lumajang selain gunung bromo dan semeru.



foto keren indahnya air terjun tumpak sewu 
ada pelanginya lho. foto : parlita_d




Tips Saat Berlibur Ke Air Terjun Tumpak Sewu :


  • jagan buang sampah sembarangan.
  • jangan lupa membawa pakaian ganti dan perbekalan makanan minuman.
  • disarankan untuk datang bersama teman teman.
  • gunakan sandal atau sepatu trekking yang nyaman
  • jangan mesum!!





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • 54 km dari pusat kota Lumajang (1 jam 26 menit)
  • 66 km dari pusat kota Malang(1 jam 55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Air Terjun Tumpak Sewu :


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »