Air Terjun Madakaripura, Salah Satu Air Terjun Indah Di Jawa Timur


Melihat Keindahan Air Terjun Madakaripura Dan Sejarah Gajah Mada



Probolinggo, masih di dalam kawasah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, selain gunung bromo terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah menarik dan tak boleh dilewatkan, yaitu air terjun madakaripura.



foto keindahan air terjun madakaripura 
pemandangan dari bawah. foto : indrawatilestarii




Terletak di kecamatan Lumbang, Probolinggo, air terjun madakaripura menjadi objek wisata alam favorit selain gunung bromo, biasanya wisatawan datang kesini setelah berkunjung ke gunung bromo, karena lokasinya memang tidak terlalu jauh.






Apa Yang Menarik Di Air Terjun Madakaripura ?

 

madakaripura berarti “tempat tinggal terakhir” nama ini dipilih karena menurut cerita disinilah Patih Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya sebelum meninggal, dan banyak juga yang bilang kalau tempat ini menjadi lokasi bertapa dari Gajah Mada.

Terlepas dari legenda yang ada, lokasi ini menyimpan keindahan yang layak kita explore, air terjun madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter, dimana terletak di ketinggian kurang lebih 620 mdpl.




foto patung gajah mada di air terjun madakaripura 
patung gajah mada. foto : edison_njt


Sebagai tempat wisata alam populer, untuk menikmati keindahan air terjun tersebut tidaklah mudah, dari tempat parkir, kita harus berjalan sejauh kurang lebih 1 km, dan kita diharuskan untuk menyusuri hutan ditambah lagi menyeberangi sungai, tapi tenang, kita akan dibantu porter kok.


Selama perjalanan, kita akan melihat pemandangan alam super hijau, dimana tebing besar di samping dan derasnya aliran sungai, jika kamu ingin kesini disarankan untuk datang saat musim kemarau, soalnya apabila kamu datang saat musim hujan dan hujan turun ketika dalam perjalanan menuju air terjun, maka terpaksa kita harus kembali, karena arus sungai akan sangat deras dan cukup berbahaya.


foto perjalanan menuju air terjun madakaripura 
perjalanan menuju lokasi. foto : d3f3k7




Akses terbaik menuju lokasi adalah menggunakan kendaraan pribadi, atau kamu juga bisa menggunakan angkot dan ojek untuk sampai di lokasi, fasilitas disini juga sudah cukup memadai, seperti terdapatnya tempat parkir, warung makan dan toilet umum, apabila kamu ingin menginap, kamu bisa mencari penginapan disekitar kawasan gunung bromo atau di kota malang.








Tips Saat Berlibur Ke Air Terjun Madakaripura :


  • seperti apa yang sudah ditulis diatas, disarankan untuk datang musim kemarau.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • gunakan sandal atau sepatu trekking.
  • bawa jas hujan untuk berjaga jaga, atau kamu bisa membelinya disana.
  • hati hati daerah rawan longsor jika musim hujan.
  • jangan lupa bawa baju ganti.
  • sesampainya di tempat parkir, bilang kepada penjaga untuk tidak usah mencuci kendaraan, karena biasanya penjaga akan mencuci kendaraan kamu tanpa persetujuan sama sekali, walaupun kadang cuman disiram air saja dan masih sedikit kotor, biasanya mereka akan meminta tarif sukarela.
  • jika ada yang menawari jasa porter atau jasa antar, tanyakan terlebih dahulu tarifnya, biasanya mereka akan meminta sukarela, namun akan lebih baik jika kita mendapatkan tarif yang disetujui bersama



foto pengunjung di air terjun madakaripura 
banyak wisatawan yang datang. foto : id_taufiqadha






Lokasi :


  • Alamat ; Desa Sepih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • 31 km dari pusat kota Probolinggo melalui Jl. Raya Boto (47 menit)
  • 95 km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Raya Malang-Surabaya (2 jam 26 menit)
  • 45 km dari pusat kota Pasuruan melalui Jl. Pantura (1 jam 4 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Air Terjun Madakaripura :

Gunung Bromo  (50 menit)
Gunung Semeru (kurang lebih 1 jam)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »