Curug Muara Jaya, Air Terjun Keren Di Majalengka




Puas Berfoto Di Bukit Panyaweuyan Mari Melanjutkan Petualangan Menuju Curug Muara Jaya



Sebelemunya muncul sebuah tempat di majalengka yang dalam sekejab menjadi populer karena pemandangannya yang sangat indah, yaitu bukit panyaweuyan, namun ternyata tak jauh dari lokasi bukit panyaweuyan terdapat sebuah tempat wisata lainnya yang tak kalah indah.



foto pemandangan curug muara jaya majalengka 
pemandangan dari kejauhan. foto : aboutcirebonid



Namanya curug muara jaya, biasa dikenal juga dengan nama curug apuy, merupakan aliran sungai muara jaya yang berada di lereng gunung ciremai, curug ini memiliki ketinggian sekitar 73 meter dimana termasuk dalam air terjun bertingkat.


Letaknya yang berada di lereng gunung menjadikan udara dan suasana disini sejuk, ditambah lagi dengan rindangnya pepohonan sekitar air terjun, bahkan tanahnya yang subur menjadikan sekitar area banyak ditemukan kebun sayur dan palawija.




foto jalur jalan menuju curug muara jaya majalengka 
jalur yang harus kita lalui. foto : adiryanans




Setelah membeli tiket, kita harus berjalan sekitar 300 meter untuk sampai di lokasi air terjun, jalan yang harus kita lalui bukanlah jalur sulit, karena sudah di paving, ditambah lagi udara sejuk dan pemandangan hutan asri menjadikan suasana kian alami, disini kita akan menuruni ratusan anak tangga untuk sampai di lokasi curug.


Curug muara jaya memiliki debit air yang cukup besar jika musim hujan, dan akan surut saat musim kemarau, jadi kamu harus pandai memilih waktu berkunjung, namun saat kamu berkunjung di musim hujan, hati hati ya, karena debit air yang besar terkadang cukup berbahaya bagi pengunjung.



foto keren suasana di curug majalengka 
backpacker ke air terjun muara jaya. foto : fauzirhan14


Sebagai objek wisata yang cukup populer di majalengka, akses menuju kawasan wisata curug muara jaya bisa dibilang cukup mudah, bisa kita tempuh menggunakan motor ataupun mobil, pun bagi kamu yang ingin menggunakan kendaraan umum, sudah banyak transportasi umum yang melalui arah curug muara jaya ini.

Terlebih lagi fasilitas disini cukup memadai, seperti sudah terdapatnya tempat parkir, mushola, wc umum, warung makan, area taman bermain anak-anak, hingga camping ground , jadi kamu bisa mendirikan tenda di kawasan ini.


Bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencari hotel di pusat kota majalengka, atau sebagai alternatifnya, kamu bisa mendirikan tenda disini, selain hemat biaya kita bisa lebih dekat dengan alam.



foto curug muara jaya majalengka jawa barat 
pemandangannya keren ya. foto : munawwaraghniya





Tips Saat Berlibur Ke Curug Muara Jaya :


  • datanglah saat pagi hari, maka kamu akan merasakan suasana yang sejuk.
  • berkunjunglah saat hari biasa (weekday), karena biasanya akan cukup ramai saat weekend
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • curug ini termasuk air terjun musiman, yaitu debit air akan besar saat musim hujan dan akan sedikit kering saat musim kemarau.
  • gunakan alas kaki yang nyaman, seperti sepatu atau sandal trekking.



Lokasi :


  • Alamat ; Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Majalengka, Jawa Barat.
  • 25 km dari pusat kota Majalengka melalui Jl. Cikeusik Sindang 1 (42 menit)
  • 49 km dari Jatiwangi melalui Jl. Majalengka-Talaga (1 jam 12 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




 

Wisara Terdekat Dari Curug Muara Jaya :

Gunung Ciremai



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »