Yuk Berkunjung Ke Kembarannya Kawah Wurung, Yaitu Kawah Ilalang


Bondowoso, sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memang kerap kali luput dari pikiran para traveler, mungkin mereka belum menemukan alasan kenapa mereka harus berkunjung ke Bondowoso, nah setelah kamu melihat ulasan ini, mungkin kamu akan memiliki alasan untuk berkunjung ke Bondowoso.



foto pemandangan di kawah ilalang 
keren ya ilalangnya. foto : anas_assyathiri




Yaitu Kawah Ilalang, tempat ini bukanlah sebuah kawah yang mengeluarkan gas belerang layaknya kawah pada umumnya, melainkan sebuah perbukitan yang membentuk seperti kawah, karakteristik dari Kawah Ilalang hampir sama dengan Kawah Wurung yang terletak di sebelahnya.

Di kawasan Kawah Ilalang banyak ditumbuhi oleh tanaman ilalang, oleh karena itu tempat keren ini dinamakan Kawah Ilalang, pemandangan di lokasi ini tak perlu diragukan lagi, sangat cocok untuk menyegarkan mata dengan sejauh mata memandang akan terlihat hamparan rerumputan hijau.




foto pemandangan keren kawah ilalang bondowoso 
pemandangan dari ketinggian. foto : jelajahbondowoso.wordpress.com




Kawah Ilalang tak hanya menawarkan pemandangan ilalang dan rumput saja, melainkan disini kita juga bisa melihat Kawah Wurung dari sudut pandang berbeda, gunung Raung yang terlihat kokoh beridiri hingga gunung Ijen yang terletak di Banyuwangi.

Masyarakat sekitar lebih mengenal tempat ini dengan nama Bukit Glaman atau Lawang Seng, tempat wisata satu ini memang masih kalah populer dari Kawah Wurung, namun pemandangannya tak mau kalah lho, dijamin keren deh.




foto instagram kawah ilalang bondowoso 
cocok buat kamu pecinta fotografi. foto : uminaimah





Namun yang perlu diingat, jalan menuju lokasi tidaklah mulus, kita harus melewati jalan berupa tanah yang akan becek dan berlumpur saat musim hujan, tak hanya itu, setelah kita sampai di desa terdekat, kita harus mendaki ke bukit terjal di sisi Kawah Ilalang dengan waktu sekitar 30 menit.

Usaha keras untuk menuju ke lokasi akan terbayar lunas setelah kita sampai di lokasi Kawah Ilalang, suasana yang tenang dengan pemandangan hijau rerumputan dan pepohonan memang sangat memanjakan mata.




foto suasana keren di kawah ilalang 
instagramable banget ya. foto : anas_assyathiri






Tips Saat Berlibur Ke Kawah Ilalang :


  • datanglah saat pagi atau sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik.
  • disarankan untuk menggunakan motor karena jalannya yang cukup sulit, dan tentunya persiapkan motor kamu dengan baik, jangan lupa di servis terlebih dahulu.
  • jika takut membawa motor sampai di lokasi kawah kamu bisa menitipkannya di rumah warga.
  • jangan malu bertanya jika tidak tahu jalannya dan jangan membuang sampah sembarangan ya.




Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • 52 km dari pusat kota Bondowoso melalui Jl. Kawah Ijen (1 jam 42 menit)
  • 41 km dari pusat kota Banyuwangi melalui Jl. Kawah Ijen (1 jam 22 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdelat Dari Kawah Ilalang :

Kawah Wurung (3 menit)
Gunung Raung
Kawah Ijen (1 jam 16 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »