Skip to main content

Candi Gedong Songo | HTM, Rute, Lokasi, Jam Buka Terbaru

foto pemandangan gunung merbabu dai candi gedong songo

Semarang sebagai Ibu kota Jawa Tengah kota ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik, namun kenyataannya tidak banyak orang tahu jika tidak hanya di pusat kota saja yang terdapat objek wisata keren.

Contohnya saja Candi Gedong Songo yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, jika kalian hanya tahu tentang Lawang Sewu dan Brown Canyon saja maka kalian harus sering-sering berkunjung ke Kabupaten Semarang, tepatnya ke daerah Ungaran atau Bandungan.


Apa yang Menarik di Candi Gedong Songo Bandungan ?

Candi Gedong Songo merupakan sebuah komplek candi Hindu yang terletak di lereng gunung Ungaran.

Sebenarnya di lereng gunung yang terkenal ramah pendaki ini tak hanya terdapat Candi Gedong Songo saja, melainkan ada juga tempat wisata menarik lainnya seperti Curug Lawe dan Umbul Sidomukti.

candi gedong songo IV
view salah satu komplek candinya. foto ig : arifm153

Komplek Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804, menurut informasi, Candi Gedong Songo merupakan Candi peninggalan budaya Hindu pada abad ke-9, karakteristik dari Candi Gedong Songo sendiri mirip dengan komplek Candi Arjuna di Dieng, Wonosobo.

Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung Ungaran sebelah selatan dan berada di ketinggian sekitar 1.200 Mdpl, menjadikan udara di tempat wisata Semarang ini cukup sejuk dan segar, suhu udara di Gedong Songo berkisar antara 19 – 27 derajat, akan terasa cukup dingin ketika malam hari.

Lokasi antara Candi satu dengan yang lainnya cukup berjauhan, tersebar di lereng gunung Ungaran mulai dari bawah menuju keatas, jadi kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mengunjungi keseluruhan Candi di komplek Gedong Songo ini.

Tapi tenang, sudah disediakan jalur yang nyaman untuk jalan kaki kok, selain itu rasa lelah kita akan terbayar dengan pemandangan alam Kabupaten Semarang yang terlihat sangat indah.

sunset gedong songo
sunset gedong songo

Salah satunya adalah pemandangan deretan gunung besar seperti gunung Merbabu, Telomoyo, Andong dan gunung Sumbing yang terlihat samar-samar saat menjelang petang, dengan syarat kabut tidak turun saat kamu berkeliling menikmati pemandangannya.

Bagi kamu yang tidak kuat berjalan kaki lama dengan jalur yang menanjak, kamu juga bisa berkeliling komplek Candi Gedong Songo menggunakan kuda.

Kita akan diajak berkeliling dari Candi satu hingga Candi lima, karena walaupun namanya Gedong Songo (gedung sembilan) tapi kenyataannya Candi disini hanya tersisa lima saja.

Selain itu, di komplek Candi Gedong Songo juga terdapat pemandian air panas loh, dimana air tersebut mengandung belerang yang kita tahu bahwa belerang sangat baik untuk kesehatan kulit, jadi setelah capek berkeliling kita bisa memanjakan tubuh dengan mandi di pemandian air panas ini.

Pemandian air panas Gedong Songo terletak diantara Candi 4 dan Candi 3, di area pemandian juga terdapat sebuah goa yang masih menyemburkan asap belerang.

Dari kejauhan bau belerang akan sangat tercium, namun setelah berada di area pemandian dan goa, bau menyengat belerang malah tidak tercium lagi.

 foto camping di candi gedong songo
yuk berkemah seru. foto : amandafirza


Sejarah Candi Gedong Songo

Zaman dahulu nama dari komplek Candi Gedong Songo ini adalah Gedong Pitoe (gedung tujuh) karena Raffles hanya menemukan tujuh Candi saja, lalu pada tahun 1908-1911 seorang Arkeolog asal Belanda bernama Van Stein Callenfels kembali melakukan penelitian di kawasan ini, hingga akhirnya ia menemukan 2 Candi lagi.

Dengan ditemukannya kedua Candi tersebut, nama komplek ini berubah menjadi Gedong Songo, namun hingga saat ini bangunan Candi yang tersisa di komplek ini hanya ada 5 saja, entah kemana 4 Candi lainnya.

Mitos yang beredar di wisata Candi Gedong Songo ini, apabila kamu datang bersama pasangan maka hubunganmu tidak akan langgeng, namun kenyataannya objek wisata ini malah menjadi tempat favorit bagi pasangan yang sedang liburan.

Tapi ingat, pastikan orang yang kamu bawa itu pasangan halalmu ya..

Arca-Arca di komplek Candi Gedong Songo yang dibuat pada abad ke 8 Masehi kini tidak lagi lengkap. Arca-arca yang dijumpai hanya tersisa beberapa saja, seperti Durga (Istri Siwa), Ghanesa (Anak Siwa), Agastya (Seorang Resi) Serta dua pengawal dewa Siwa yaitu Nandiswara dan Mahakala yang bertugas menjaga pintu candi.

Objek wisata Candi Gedong Songo sangat cocok bagi kalian yang menyukai wisata alam dan sejarah, terlebih lagi kita bisa berkemah di kawasan wisata ini.

Baca Juga :
Ini dia daftar wisata kuliner di Semarang, yuk cicipi

ayana gedong songo
ayana gedong songo. foto ig : lutfi_nitinegoro

Di kawasan wisata Candi Gedong Songo kini sudah terdapat banyak spot baru, salah satunya adalah Ayanaz yang terletak di sebelah kiri setelah pintu masuk. Untuk bisa menikmati spot foto di Ayanaz, kita harus membayar tiket lagi sekitar Rp. 20.000/orang.




FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Warung Makan
Spot Foto
Penginapan
Berkeliling Naik Kuda
Pemandian Air Panas
Camp Ground
Dan masih banyak lagi



    Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo (HTM):
    Komplek Candi Gedong Songo memiliki beberapa jenis tiket masuk, untuk tiket masuk umumnya sendiri sebesar Rp. 10.000/orang. Sedangkan untum tiket jenis lain adalah sebagai berikut;

    Ayana Gedong Songo : Rp. 20.000/orang

    Wisata Desa : Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000)

    Paket candi Songo : Rp 70.000 (Wisman Rp 90.000)



    Akomodasi (Penginapan)
    Sudah terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Gedong Songo ini, tapi jika kamu tidak ingin menginap di homestay, kamu juga bisa camping di kawasan wisata Candi Gedong Songo dengan membawa tenda sendiri.






    Lokasi Candi Gedong 9:

    Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
    • 51 km dari pusat kota Semaranag (1 jam 15 menit)
    • 20 km dari pusat kota Ungaran (48 menit)
    • 12 km dari pusat kota Ambarawa (28 menit)
    • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


    Rute Menuju Candi Gedong Songo

    Gedong Songo bisa dicapai dengan mudah dari kota terdekat, seperti kota Solo, Yogyakarta dan Kendal, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 45 Km dari pusat kota Semarang.

    #Dari Arah Grobogan Purwodadi
    Bagi kalian yang berada di Grobogan dan sekitarnya bisa melalui jalur arah Godong - Gubug - Kedungjati – Tuntang – Bawen – Bandungan - Gedong Songo.

    Sesampainya di POM Bensin Lemah Abang (kanan jalan) terdapat pertigaan di kiri jalan sebelum POM, di pertigaan tersebut terdapat sebuah gapura dengan petunjuk arah Bandungan.

    Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di POM Bensin Palbapang (POM bensin kedua yang kita lewati), di depan POM Bensin terdapat pertigaan, silahkan belok kanan dan ikuti hingga sampai di pintu masuk objek wisata.


    #Dari Arah Salatiga, Solo, Boyolali
    Apabila kamu dari arah Salatiga dan sekitarnya, kamu bisa mengambil jalan raya Semarang-Solo, ikuti saja jalan utama tersebut hingga kamu menemukan papan petunjuk arah Bandungan sebelum Pom Bensin Lemah Abang. Lalu ikuti petunjuk seperti diatas tadi ya.


    #Dari Arah Kendal, Pekalongan dan Jakarta
    Atau bagi kalian yang berdomisili di Kendal, Pekalongan dan Jakarta bisa melalui jalan Pertigaan Kaliwungu Kendal – Sumowono – Pertigaan lampu merah Boja Kendal pilih jalur kiri – Perempatan sebelum jembatan ambil kanan menuju Sumowono – Pasar Sumowono ada pertigaan lurus saja hingga POM Bensin Palbapang ikuti petunjuk seperti diatas tadi.


    #Dari Arah Kota Semarang
    Apabila kalian dari Semarang kota, bisa memilih jalur menuju Jogja, Solo ataupun Tembalang yang dilanjutkan menuju ke Ungaran, sesampainya di POM Bensin Lemah Abang terdapat pertigaan di kanan jalan (gapura bertuliskan selamat datang) belok ke pertigaan tersebut lalu ikuti saja petunjuk seperti diatas tadi.

    Atau Kamu bisa melihat di Google Maps.



    Tips Saat Berlibur Ke Candi Gedong Songo :

    • datanglah saat pagi hari untuk merasakan suasana lebih segar dan sepi, karena biasanya saat sore kabut mulai turun menyelimuti kawasan ini.
    • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan berbuat sesuatu yang tidak baik.
    • jalanan menuju ke lokasi sudah di aspal halus, namun jalannya banyak berbelok-belok dan naik turun, jadi pastikan kendaraan kamu normal ya.
    • lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalannya yang cukup sempit.



    Wisata Terdekat Dari Candi Gedong Songo (-1 Jam):

    Umbul Sidomukti (33 menit)
    Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata alam lengkap di Kabupaten Semarang yang sudah sangat populer, lokasinya yang berada di kaki Gunung Ungaran menjadikan pemandangan di tempat wisata ini sangat indah.

    Gunung Ungaran
    Gunung Ungaran adalah gunung tertinggi di Semarang dengan ketinggian 2.050 Mdpl. walaupun tidak terlalu tinggi tapi gunung ini menawarkan pemandangan yang cukup indah lho, ditambah dengan treknya yang berfariasi, sangat cocok untuk pendaki pemula maupun profesional.

    Ayana Gedong Songo
    Tempat wisata ini masih satu kawasan dengan komplek candi Gedong Songo

    Taman Bunga Celosia (10 menit)
    Taman Bunga Celosia tepat berada di bawah komplek Gedong Songo, ketika kita akan menuju ke Gedong Songo, sebelum sampai di lokasi kita akan melihat objek wisata Taman Bunga Celosia di kanan dan kiri jalan.



    Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar