Brown Canyon, Tempat Keren Mirip Luar Negeri di Semarang


Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah tentunya memiliki banyak tempat tempat keren, nah bagi kamu yang sudah pernah ke Semarang, tempat apa saja yang sudah kamu kunjungi ? Lawang Sewu, Sam Poo Kong atau Tugu Muda?

foto brown canyon semarang 
pemandangannya keren ya. foto : novian_kuncorohadi


Ternyata di Semarang terdapat sebuah tempat yang memiliki pemandangan unik lho, namanya Brown Canyon, tempat tersebut populer setelah foto-fotonya tersebar luas di sosial media seperti Facebook dan Instagram, sehingga banyak orang yang penasaran dengan tempat tersebut dan akhirnya mengunjunginya.

baca juga : Candi Gedong Songo, wisata alam dan sejarah di Kabupaten Semarang

Sebenarnya Brown Canyon bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah tempat penambangan yang termasuk dalam galian C, Brown Canyon sudah berumur lebih dari 10 tahun, tempat ini menjadi sumber rezeki bagi para penambang batu padas, pasir dan tanah.

Uniknya, di kawasan tambang ini ada tebing tebing yang menjulang tinggi menjadikan pemandangan seperti di Grand Canyon Colorado, Amerika, oleh karena itu tempat ini disebut dengan nama Brown Canyon, lokasi ini menjadi spot favorit bagi para pecinta fotografi dan orang yang hobi bermain motor trail.



Terbentuknya tebing tebing tadi karena setiap area tanah memiliki kekerasan yang berbeda beda, dan pada zaman dahulu belum ada alat yang bisa mengeruk bagian yang keras tersebut, jadi dibiarkan saja hingga terbentuklah tebing yang terlihat keren.

Dibalik kerennya pemandangan disini, banyak orang yang mengatakan jika Brown Canyon adalah salah satu penyebab banjir di Semarang karena tanah disini dikeruk setiap hari menjadikan air tidak bisa diresap oleh tanah yang akhirnya air mengalir ke kota.

Akses menuju lokasi juga cukup mudah menjadikan banyak orang datang kesini setiap harinya, namun karena Brown Canyon bukanlah tempat wisata, jadi jangan berharap kamu bisa mendapatkan fasilitas layaknya di tempat wisata ya.


foto pemandangan brown canyon semarang 
tebing tebing tinggi menjadi sajian utama. foto : thofajr

Rute Menuju Brown Canyon :

Brown Canyon bisa dijangkau dari berbagai arah, tergantung darimana kamu datang, kamu bisa mengikuti rute dibawah ini.

Apabila kamu dari Semarang timur kamu bisa melalui Jalan Fatmawati – RSUD Kota Semarang (Ketileng) – Perumahan Klipang lalu menuju Klipang Golf, setelah itu kamu bisa mengikuti jembatan besi, setelah melewati jembatan besi ketiga, kamu bisa belok kanan, lurus saja terus hingga kamu sampai di lokasi Brown Canyon.

Apabila kamu dari Semarang barat atau Simpang Lima, kamu bisa melalui pertigaan pasar kambing – Mrican  - Kedung Mundu – Sambiroto – Jalan Elang – lalu sampai di pasar Meteseh belok kiri, tinggal ikuti jalan saja.





A photo posted by Leon Adi (@leonadi_) on


Tips Saat Berlibur Ke Brown Canyon :

  • Disarankan untuk datang saat sore hari agar kamu tidak bersimpangan dengan truk truk pengangkut hasil tambang yang menimbulkan banyak sekali debu, dan jangan lupa untuk menggunakan masker.
  • Lokasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi dan motor trail.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mengganggu aktivitas penambangan ya.
  • Waktu terbaik adalah setelah musim hujan, karena saat musim kemarau debu akan banyak sekali.

Lokasi :

  • Alamat ; Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah
  • 10 km dari pusat kota Semarang melalui Jl. Elang (29 menit)
  • 15 km dari Stasiun Poncol melalui Jl. Jendral S. Sudiarto (44 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Wisata Terdekat Dari Brown Canyon :

Klenteng Sam Poo Kong (43 menit)
Lawang Sewu (43 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »