Top 5 Tempat Wisata Anti Mainstream Di Kabupaten Semarang


Semarang terkenal dengan julukan kota lumpia, kota yang menjadi ibu kota jawa tengah ini menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menarik, walaupun terkenal panas namun banyak wisatawan yang tetap penasaran dengan wisata yang ada di semarang.

Nah, bagi kamu yang sudah sering berlibur ke semarang pasti sudah familiar dengan objek wisata seperti lawang sewu, sam poo kong, dan simpang lima, namun apa kamu tahu tentang wisata yang ada di kabupaten semarang ? nah, dibawah ini merupakan objek wisata anti mainstream di kabupaten semarang yang bisa kamu coba, yuk kita simak.



Curug Lawe dan Curug Benowo




foto pemandangan curug lawe semarang 
pemandangan curug lawe dari kejauhan. foto : egie_renanda




kedua air terjun tersebut terletak di lereng gunung ungaran yang memiliki ketinggian 2050 mdpl dan sering dijadikan sebagai tempat pendakian bagi para pendaki pemula, siapa sangka di lereng gunung ini terdapat dua air terjun yang sangat indah.

untuk sampai di lokasi air terjun tidaklah mudah, jalur yang akan kita lewati bukanlah jalan mulus, melainkan jalan naik turun khas pegunungan, walaupun begitu tak menyurutkan para traveler yang penasaran dengan keindahan kedua curug ini, apalagi sudah pernah masuk kedalam sebuah acara tv bertema petualangan.



foto pemandangan curug benowo semarang 
pemandangan curug benowo. foto : rachelliana



suasana di kedua curug ini masih sangat alami, jadi sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata alam yang menantang, curug lawe dan curug benowo terletak bersebelahan dan berlokasi di desa kalisidi kecamatan ungaran barat.




Pagoda Budhagaya Watugong





foto pemandangan pagoda watugong semarang 
pagoda watugong. foto : brobali.com


pagoda watugong pernah masuk MURI pada tahun 2006 sebagai pagoda tertinggi di indonesia, komplek vihara ini terkenal dengan pagodanya yang menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar 45 meter dan memiliki 7 tingkat.

di komplek ini juga terdapat beberapa patung, contohnya saja patung dewi kwan im, budha tidur dan panglima we do, selain itu di komplek vihara juga terdapat sebuah bangunan bernama Dhammasala, bangunan ini terdiri dari dua lantai dimana di lantai dua terdapat sebuah patung budha besar berwarna emas.

selain itu di tembok yang mengelilingi bangunan juga terukir relief yang menceritakan tentang paticasamupada, bukan hanya itu, di kawasan vihara juga terdapat cotage yang biasa digunakan pengunjung untuk menginap, cotage ini berada dibelakang bangunan Dhammasala.






Air Terjun Kali Pancur




foto pemandangan air terjun kali pancur semarang 
keren ya air terjun kali pancur. foto : the_benjoez




terletak di desa nogoseran, kecamatan getasan, sama halnya dengan curug lawe dan curug benowo, akses menuju lokasi tidaklah mudah, ditambah lagi tidak adanya transportasi umum menuju lokasi, jadi untuk datang kesini kita harus menggunakan kendaraan pribadi.

air terjun kali pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang terletak di kaki gunung telomoyo yang mengarah ke danau rawa pening, saat sampai di lokasi kita akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat asri dengan tebing batu andesit yang menjulang tinggi.





Rawa Pening




foto pemandangan di rawa pening ambarawa semarang 
suasana di rawa pening. foto : gabyalviano




rawa pening merupakan sebuah danau seluas 2.670 hektar, menempati wilayah kecamatan ambawara, bawen, banyubiru dan tuntang, disini kita bisa mengelilingi danau menggunakan perahu warga setempat yang biasa digunakan untuk mengambil enceng gondok.

di danau rawa pening, tanaman enceng gondok tumbuh subur, bahkan bisa sampai menutupi beberapa bagian danau, lokasi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata alam, tak hanya itu, tempat ini juga bisa menjadi pilihan foto prewedding lho.





Pantai Tirang




foto sunset di pantai tirang semarang 
suasana di pantai tirang. foto : riandikanurcahyo



pantai tirang terletak di ujung landasan pacu bandara A. Yani, sebenarnya air laut pantai tirang lebih biru dan indah daripada pantai maron yang terletak didekatnya, namun karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap tempat wisata ini jadi objek wisata satu ini kurang menarik pengunjung.

pantai tirang lebih sepi daripada pantai maron dan marina yang memang sudah terkenal menjadi destinasi pantai favorit di semarang, namun jangan salah, pantai tirang menyimpan keindahan yang layak kita exsplore.

karakteristik pantai tirang hampir mirip dengan kebanyakan pantai di utara laut jawa, disini terdapat banyak sekali tambak, karena sebagian besar warga sekitar bekerja sebagai nelayan, jadi jangan heran kalau kadang bau amis ikan juga tercium.

apabila kamu hobi memancing, maka kamu wajib datang kesini, banyak pecinta kegiatan memancing menjadikan pantai tirang sebagai spot favorit mereka, karena terdapat banyak jenis ikan seperti ikan kerapu dan kakap putih.



nah, itulah beberapa tempat wisata anti mainstream di kabupaten semarang yang bisa menjadi pilihan alternatif kamu dikala banyak objek wisata di pusat kota ramai oleh pengunjung, apa kamu memiliki info tentang tempat wisata menarik lainnya ? yuk tulis di kolom komentar.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »