Top 7 Tempat Keren yang Tercipta Akibat Keserakahan Manusia


Indonesia, Negara yang memiliki banyak sekali tempat keren, tak heran jika Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara, karena banyaknya wisata alam yang bisa didatangi, namun ternyata tak semua wisata alam di Indonesia tercipta karena direncanakan.

Dibawah ini merupakan objek wisata atau tempat keren di Indonesia yang tercipta bukan karena memang difungsikan untuk tempat wisata, melainkan tercipta karena “keserakahan manusia” yaitu dari bekas bekas tambang yang dibiarkan begitu saja, dan ada pula yang masih berfungsi sebagai tempat penambangan.




Brown Canyon, Semarang





foto pemandangan di brown canyon semarang 
pemandangan di brown canyon. foto : thofajr






Brown Canyon terletak di desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Brown Canyon adalah sebuah lokasi yang digunakan sebagai tempat penambangan batu, lokasi ini sebenarnya masih digunakan untuk menambang, jadi jangan heran saat datang kesini kita akan berpapasan dengan truk-truk.

Dinamakan Brown Canyon karena bentuknya mirip dengan Grand Canyon yang terletak di Colorado, Amerika, tebing tebing batu menjulang tinggi menjadi pemandangan keren yang layak kita abadikan kedalam kamera. 







Tebing Breksi, Yogyakarta









Tebing Breksi terletak di desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, lokasi ini memang sangat terkenal di kalangan anak muda, Tebing Breksi terkenal setelah foto-foto kerennya tersebar di sosial media, tempat ini awalnya adalah lokasi penambangan batu kapur.

Bebatuan kapur disini berasal dari lava Gunung Api Purba yang terletak di Nglanggeran pada zaman dahulu yang menggumpal, agar kelestariannya tetap terjaga, aktivitas penambangan disini sudah dihentikan, dan kini dialih fungsikan menjadi objek wisata keren, Tebing Breksi terkenal sebagai spot keren untuk menghabiskan sore hari di Jogja.







Telaga Ngipik, Gresik





foto ski air di telaga ngipik gresik 
watersport di telaga ngipik. foto : ekbis.sindonews.com





Telaga Ngipik merupakan salah satu objek wisata populer di Gresik, namun ternyata tidak banyak orang tahu jika Telaga Ngipik adalah tempat bekas pertambangan, Telaga Ngipik seakan menjadi oase ditengah panasnya kota.

Tak hanya itu, kini Telaga Ngipik juga dijadikan tempat bermain Ski air, jadi saat kamu berkunjung ke Gresik jangan lupa datang ke Telaga Ngipik ya, pemandangannya sangat keren lho, disekitar telaga ditumbuhi banyak tanaman hijau yang menjadikan pemandangan kian menarik.







Bukit Jamur, Gresik










Ternyata di Gresik tidak hanya ada Telaga Ngipik saja, tapi juga ada Bukit Jamur yang terkenal dengan 
pemandangan uniknya, Bukit Jamur terletak di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, di lokasi ini kita bisa melihat bukit bukit yang bentuknya menyerupai jamur raksasa.

Bukit jamur tersebut terbentuk akibat penambangan yang dibiarkan begitu saja, seiring berjalannya waktu, bukit bukit itu terkena erosi oleh angin dan hujan yang mengakibatkan bentuknya seperti jamur.







Arosbaya, Bangkalan Madura





foto arosbaya bangkalan madura 
sangat artistik ya. foto : intan_inchan





Arosbaya merupakan tempat bekas penambangan batu kapur, namun kini sudah tidak digunakan lagi, uniknya bekas dari penambangan ini terlihat cukup artistic dengan bentuk tebing tebing batu yang terlihat seperti di ukir.

Arosbaya terletak di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, pemandangan unik tersebut menjadi daya tarik utama di lokasi ini, tapi sayang keindahan tersebut harus dinodai oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab dengan mencoret coretnya, jangan ditiru ya guys.







Bukit Jaddih, Bangkalan Madura











Masih di Kabupaten Bangkalan, terdapat sebuah tempat penambangan yang terlihat cukup keren, yaitu Bukit Jaddih yang terletak di Socah, Bangkalan, Jawa Timur, uniknya di salah satu spot penambangan terdapat sebuah kolam renang , kolam renang ini terbentuk karena aktivitas penambangan yang ternyata disitu terdapat mata air yang akhirnya mengisi area bekas penambangan.





Danau Kaolin, Bangka Belitung




foto danau kaolin bangka belitung 
mirip di luar negri ya. foto : _adiwibowo





Danau Kaolin terletak di Kecamatan Perawas, Kabupaten Tanjungpadang, Bangka Belitung, danau kaolin merupakan sebuah tempat bekas penambangan Kaolin yang dibiarkan begitu saja, uniknya, pemandangan disini sangat khas.

Yaitu tanahnya yang berwarna putih seperti di Kawah Putih Ciwidey dan air danaunya berwarna biru kehijauan, pemandangan unik ini membuat banyak orang penasaran dan akhirnya mengunjungi danau kaolin, saat kamu berada disini rasanya sedang berada di luar negri.

baca selengkapnya : danau kaolin, surga dibalik rusaknya alam



Nah, itulah daftar tempat bekas penambangan yang kini menjelma sebagai tempat wisata keren dan ngehits, apabila kamu memiliki info lain tentang objek wisata seperti diatas, kamu bisa share di kolom komentar.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »