Daftar Danau Indah di Gunung-Gunung Indonesia

0 Comments A+ a-

Indonesia memang memiliki banyak sekali gunung, mulai dari gunung yang tidak terlalu tinggi seperti gunung Andong, hingga gunung Jaya Wijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang ketinggiannya lebih dari 4.000 Mdpl.

Diantara banyaknya gunung di Indonesia, terdapat beberapa gunung yang memiliki danau, bagi para pendaki, danau tidak hanya menjadi daya tarik tambahan saja, melainkan terkadang juga menjadi penolong dikala kehabisan perbekalan air.

Nah dibawah ini merupakan daftar gunung di Indonesia yang memiliki danau dengan pemandangan mempesona.






Ranu Kumbolo yang Menjadi Tujuan Kedua Para Pendaki di Mahameru

foto pemandangan danau ranu kumbolo
pemandangannya sangat indah bro! foto : @denisauruz

Gunung Semeru atau juga dikenal dengan nama Mahameru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, Mahameru terletak di Jawa Timur, gunung ini selalu menjadi destinasi favorit bagi para pendaki karena keindahan dan ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.600 Mdpl.

Gunung Semeru terkenal dengan trek menuju puncaknya yang cukup berbahaya, tak jarang gunung ini juga memakan korban, sehingga perlu persiapan matang sebelum mendaki di gunung Semeru, namun dibalik itu semua terdapat sebuah danau yang menjdai surga bagi para pendaki.

Yaitu Ranu Kumbolo, danau Ranu Kumbolo terletak di ketinggian sekitar 2.400 Mdpl, walaupun musim kemarau namun danau Ranu Kumbolo tidak pernah surut, lokasi Ranu Kumbolo juga menjadi tempat camp favorit bagi para pendaki.

Ditambah lagi pemandangannya yang sangat indah, saat pagi kita bisa melihat matahari terbit (sunrise) dibalik bukit, dan saat sore hari kita bisa melihat danau yang dikelilingi kabut layaknya di negeri dongeng.

Untuk sampai di Ranu Kumbolo kita membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam berjalan kaki dari Ranu Pani, dan ingat terdapat peraturan yang harus kita taati, yaitu:

  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang mandi di danau apalagi menggunakan sabun dan sampo karena danau ini menjadi sumber air bagi para pendaki.
  • Dan dilarang buang air kecil dan besar di danau.








Segara Anak Si Cantik Dari Gunung Rinjani

foto pemandangan dari puncak gunung rinjani
pemandangan dari puncak gunung Rinjani. foto : @angga10jr

Gunung Rinjani terkenal sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia, gunung ini terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah gunung Kerinci.

Salah satu pemandangan terindah di gunung ini adalah danau Segara Anak, danau ini berada di ketinggian lebih dari 2000 Mdpl, danau Segara Anak menjadi daya tarik utama selain puncak.

Di danau ini kita bisa melihat gunung Baru Jari yang berada ditengah tengah gunung Rinjani, selain itu danau Segara Anak juga dihuni oleh banyak ikan.

Danau Segara Anak memiliki kedalaman sekitar 200 meter, selain menikmati pemandangan indah, kita juga bisa memancing di danau ini, danau Segara Anak memiliki luas lebih dari 1000 hektar yang menjadikan banyaknya ikan yang hidup di danau.

Kalian bisa beristirahat di Segara Anak terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak, sambil istirahat kita bisa memancing, jika beruntung kalian bisa mendapatkan ikan yang nantinya dapat digunakan sebagai tambahan makanan.

baca juga :
tips lengkap mendaki gunung rinjani









Danau Gunung Tujuh yang Dikelilingi Oleh Tujuh Gunung

foto suasana di danau gunung tujuh jambi
suasana di danau gunung tujuh. foto : @fahrantriputra

Danau Gunung Tujuh terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi, lokasinya tepat berada di belakang gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia, danau ini berada di Gunung Tujuh yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh 7 gunung, yaitu gunung Hulu Tebo, gunung Madura Besi, gunung Selasih, gunung Jar Panggang, gunung Lumut, gunung Hulu Sangir dan gunung Tujuh itu sendiri, dari gerbang Taman Nasional Kerinci Seblat membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai di danau tersebut.

Danau Gunung Tujuh juga menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara, selain itu danau tersebut juga dijadikan sebagai tempat mencari nafkah bagi warga sekitar, sebagian masyarakat sekitar berprofesi sebagai nelayan di danau ini.







Taman Hidup yang Akan Menemanimu Di Gunung Argopuro

foto danau taman hidup argopuro
indah ya, mirip dimana gitu. foto : @bopala33

Gunung Argopuro memiliki tinggi 3.088 Mdpl yang terletak di Jawa Timur, di gunung tersebut terdapat sebuah danau yang memiliki nuansa mistis bernama danau Taman Hidup, sama halnya dengan danau Segara Anak, di danau Taman Hidup kita bisa memancing karena danau ini menjadi habitat beraneka ragam jenis ikan.

Selain itu, di kawasan danau Taman Hidup juga sering ditemukan babi hutan dan kancil lho, jadi saat kalian sedang berkemah di dekat danau harus hati-hati, banyak yang mengatakan jika kita berteriak dengan kencang maka kabut akan langsung turun.

Namun setelah kita diam maka kabut akan hilang, dibalik cerita mistis danau Taman Hidup menyimpan pemandangan alam yang sangat indah lho.


Nah, itulah beberapa danau di gunung Indonesia yang memiliki pemandangan sangat indah, tentunya kita juga harus menjaga kelestarian danau tersebut agar tidak rusak, dan jangan membuang sampah sembarangan ya.





Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
loading...
Load comments