Skip to main content

Tips Lengkap Mendaki Gunung Rinjani Lombok (Semua Jalur)

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 Mdpl yang terletak di Pulau Lombok, NTB dan masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas kurang lebih 41.333 hektar.

foto keren di puncak gunung rinjani
view gunung baru jari dari puncak rinjani. foto : @revalparigade

Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri bagi umat hindu di pulau Bali dan suku sasak, menurut umat hindu Bali, Gunung Rinjani merupakan gunung suci yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa selain Gunung Agung dan semeru.

Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Lombok selain ke bukit pergasingan, bagi pecinta alam dan pendaki gunung, Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit di Indonesia yang wajib di daki minimal sekali sumur hidup, sebab Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang sangat mempesona.

Menurut para pendaki, Gunung Rinjani adalah gunung yang memiliki pemandangan terindah di Indonesia, bahkan ada yang bilang kalau Gunung Rinjani adalah gunung terindah di Asia, karena alasan tersebut banyak pendaki lokal maupun mancanegara ingin merasakan sensasi panorama puncak Gunung Rinjani.

Setiap tahunnya pengunjung yang ingin mendaki di Gunung Rinjani selalu bertambah, bulan juli hingga agustus adalah bulan dimana akan banyak sekali pendaki yang ingin menuju Puncak Rinjani.

Selain panorama yang sangat indah, di Gunung Rinjani juga terdapat beraneka ragam flora dan fauna.

Namun dibalik keindahan yang dimilikinya, gunung ini juga sudah banyak memakan korban jiwa, mungkin karena pendaki yang tidak mempersiapkan diri dengan baik, fisik yang lemah atau faktor lainnya, jadi sebelum mendaki kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya ya.

Baca Juga : 
coba mendaki di gunung ramah pendaki ini dulu sebelum mendaki di gunung rinjani

puncak gunung rinjani
selfie di puncak gunung rinjani. foto : @dicaimartagita

Suhu udara di Gunung Rinjani rata-rata sekitar 20o C dan terendah bisa sampai 10oC  jadi persiapkan baju hangat sebelum mendaki untuk meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi.

Selain puncak, ada daya tarik lainnya yang biasa dikunjungi oleh pendaki, yaitu Danau Segara Anak yang terletak di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl.

Jalur pendakian Gunung Rinjani ada 3, yaitu melalui Desa Sembalun Lawang, Torean dan Senaru. Dari ketiga jalur tersebut, jalur pendakian via Sembalun Lawang dan Senaru merupakan jalur paling favorit.

Untuk bisa sampai di Danau Segara Anak dari Sembalun kita membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam apabila kita naik dari Senaru membutuhkan waktu sekitar 7-10 jam.

Danau Segara Anak memiliki luas sekitar 1.100 hektar berbentuk bulan sabit dengan kedalaman kurang lebih 230 meter. Biasanya para pendaki memilih naik dari Sembalun lalu turun melalui Senaru.

sunrise segara anak gunung rinjani
ini dia sunrise indah dari gunung rinjani. foto : @nazaziahhamzah

Nah, bagi kamu yang ingin mendaki di Gunung Rinjani Lombok, dibawah ini merupakan beberapa tips buat kamu.


Tips Mendaki Gunung Rinjani Beserta FAQ


Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mendaki Gunung Rinjani ?
  • Pilihlah waktu yang tepat, seperti bulan maret – agustus, dan hindari mendaki pada saat high season yaitu sekitar pertengahan agustus, libur panjang, dan tahun baru, karena saat itu kamu biasanya Gunung Rinjani dipenuhi pendaki.
  • Apabila terpaksa mendaki saat high season, sebisa mungkin memesan guide terlebih dahulu, bisa sebulan sebelumnya atau seminggu sebelumnya agar tidak kehabisan porter/guide karena pendakian ke Gunung Rinjani cukup berbahaya, kita boleh tidak menggunakan jasa guide apabila sudah pernah mendaki ke Gunung Rinjani dan sudah hafal medan yang harus dilalui.


Mendaki Gunung Rinjani Apa Harus Menggunakan Porter ?
  • Tidak harus, tapi disarankan untuk menggunakan jasa guide karena Gunung Rinjani memiliki rute yang termasuk “advanced” karena membutuhkan waktu sekitar 4 hari dan jalurnya cukup membuat kita lelah, terlebih lagi saat summit attack, jadi ada yang menjaga barang kita di bawah.
  

Bagaimana Jika Tidak mendapatkan Porter ?
  • Apabila kita tidak mendapatkan porter/guide, yang harus kita lakukan adalah kerjasama team saat mendaki, atau apabila kita berpapasan dengan rombongan lain kita juga bisa mengikuti mereka agar tidak tersesat.
  • Saat summit attack kita juga bisa berbicara dengan regu lainnya untuk melakukan negosiasi agar porter mereka juga mau menjaga barang bawaan kita, tapi kita harus berhati hati jangan sampai salah dalam memilih porter, sebelumnya bisa ditanyakan identitas dan foto porter tersebut.



Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mendaki Gunung Rinjani ?
  • Mendaki di Gunung Rinjani setidaknya membutuhkan waktu 4-5 hari, jadi sebelumnya siapkan dulu stamina kamu, bisa dengan rajin berolahraga seminggu sebelum mendaki agar tubuh tidak drop dalam perjalanan menuju puncak.



Barang Apa Saja Yang Harus Dibawa ?
  • Yang pasti kamu harus membawa peralatan mendaki seperti, gaiter, treking pole, baju hangat, jas hujan dan lainnya.
  • Jika kamu hobi memancing, bawalah alat pancing untuk memancing ikan di Danau Segara Anak, apabila kita datang disaat musim yang tepat maka akan sangat mudah mendapatkan ikan di Segara Anak.

Bagi pemula yang bingung harus membawa apa, bisa melihat daftar dibawah ini :
  1. Tas: daypack dan rucksack, carrier
  2. Alas kaki : sepatu/sandal trekking, kaus kaki, gaiter
  3. Pakaian : sarung tangan, jaket tebal (windproof), sarung, jas hujan, kupluk (semacam penutup kepala)
  4. Alas tidur : matras, sleeping bag, tikar
  5. Peralatan makan : sendok, piring (plastik), gelas (plastik)
  6. Peralatan masak ; kompor, panci, nesting
  7. P3K
  8. Safety : senter, headlamp

  • Di Segara Anak terdapat kolam air panas, silahakan berendam di kolam tersebut untuk membuat otot tubuh kita menjadi rileks dan fit kembali untuk melanjutkan pendakian.

foto puncak gunung rinjani cewek
pemandangan gunung rinjani foto : @fatonyrizkyaziz



Lebih Baik Mendaki Lewat Jalur Sembalun, Torean, Timba Nuh Atau Senaru ?
  • Biasanya pendaki naik melalui jalur Sembalun, kita akan melalui padang savana Sembalun yang terlihat indah namun akan terasa panas sekali saat siang hari.
  • Berbeda dengan jalur Sembalun, jika lewat jalur Senaru maka kita akan melalui hutan, walaupun jalurnya cukup landai tapi terasa tidak ada habisnya, biasanya pendaki akan menyerah disini karena merasa tidak sampai sampai.
  • Bagi kamu yang ingin membeli perbekalan bisa membelinya saat sudah sampai di Sembalun, karena di sana sudah ada toko sembakau yang komplit.



Jalur Sembalun
Jalur Sembalun merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki Gunung Rinjani karena memiliki pemandangan yang indah. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan padang savana serta punggung gunung yang berliku dengan jurang di kanan kiri.

Namun saat kamu mulai memasuki padang savananya udara akan terasa cukup panas, hal ini lah yang sering membuat mental pendaki down.



Jalur Senaru
Inilah jalur favorit kedua bagi para pendaki, selain dijadikan sebagai jalur pendakian, jalur Senaru juga kerap digunakan masyarakat sekitar untuk melakukan ritual adat keagamaan di puncak Rinjani atau di Danau Segara Anak.

Untuk sampai di Danau Segara Anak kamu membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Kemudian dari Danau Segara Anak menuju puncak Rinjani membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam dengan melewati Pelawangan Sembalun.



Jalur Torean
Jalur Torean memang tidak terlalu populer. Rute yang dilalui adalah Desa Torean menuju kali Tiu. Ini merupakan Pos I pendakian Gunung Rinjani. Treking yang dilewati memiliki kemiringan 20-45 derajat. Pemandangan yang cukup populer adalah aliran sungai Putih.



Jalur Timba Nuh
Jalur Timba Nuh terletak di Desa Pengadangan.Kecamatan Pringgasela - Lombok Timur, jalur ini terkenal juga dengan sebutan Jalur Selatan, dibawah ini merupakan sedikit info mengenai jalur Timba Nuh :
Lokasi sumber mata air:
1. Pos pemantau Koko' Belimbing.
2. Pos I Pancor Tayib.
3. Pos II Momot Yamin.
4. Pos III Cemara Rompes.

Cara Menuju menuju Dusun Timbanuh:
- Jalur Darat / Laut.
Dari Pelabuhan Lembar ( Lombok Barat ) naik angkutan menuju terminal Mandalika - Masbagik - Rempung - Pringgasela - Pengadangan .

Jalur seandainya Sahabat Jelajah Gunung Nusantara dari Lombok International Airport:
- LIA - Masbagik - Pringgasela - Pengadangan.






Dimana Harus Nge-camp/ Bermalam ?
  • Yang perlu diingat, jangan melakukan perjalanan ketika malam, apabila kita belum mencapai Plawangan Sembalun lebih baik mendirikan tenda di Pos 2 karena perjalanan menuju Plawangan Sembalun dari Pos 3 sangat melelahkan.
  • Pos 2 adalah tempat yang cukup bagus untuk melihat sunrise, berangkatlah pagi pagi dari pos 2 karena perjalanan masih jauh.
  • Setelah sampai di Plawangan Sembalun silahkan mencari tempat nge-camp yang dekat dengan mata air.



Apakah Ada Sumber Mata Air Di Gunung Rinjani ?
  • Di bawah jembatan yang terletak di pos 2
  • Plawangan Sembalun
  • Danau Segara Anak
  • Untuk menghindari antrian saat mengambil air disarankan untuk mengambil di malam hari.



Tips Sebelum Summit Attack ?
  • Istirahatlah terlebih dahulu agar tubuh tidak terlalu capek, setelah stamina kembali fit silahkan melakukan treking ke puncak.
  • Bawalah air kurang lebih 1,5 liter/orang agar tidak dehidrasi dan bawalah makanan berenergi.
  • Kenakan jaket windproof yang tahan terhadap angin kencang karena anginnya bisa sangat dingin



Dimana Spot Bagus Untuk Berfoto di Gunung Rinjani ?
  • Pos 1 – 3 (Sabana Sembalun)
  • Pos 2 (melihat sunrise)
  • Plawangan Sembalun (melihat segara anak dan puncak rinjani)



Apakah Ada Sinyal ?
  • Nah, ini uniknya, di Danau Segara Anak kita bisa menggunakan hp untuk berkomunikasi, baik itu sms atau telepon dengan syarat harus menggunakan operator XL, karena disini hanya ada sinyal XL.



Tambahan :
  • TIDAK DI REKOMENDASIKAN turun ke Danau tanpa perlengkapan alat panjat atau turun tebing.
  • Hanya di REKOMENDASIKAN sampai puncak selatan 3.575 Mdpl.
  • Jika kamu lewat jalur Timba Nuh, gunakanlah pemandu lokal yang mengenal betul jalur Timba Nuh dikarenakan jalur ini memiliki karakteristik trek yg sangat berbeda dengan jalur Sembalun ataupun Senaru.
  • Hindari perjalanan malam hari.
  • Pastikan kamu sudah mendaftar di buku tamu TNGR/Simaksi.
  • Dan bawa turun kembali sampahmu.


Itulah sedikit tips untuk mendaki di Gunung Rinjani.

Baca Juga :
ini dia peraturan terbaru mendaki gunung rinjani yang harus ditaati semua pendaki

padang sabana gunung rinjani 
padang savana gunung rinjani. foto : @fatkur_rochim



Lokasi :
Alamat, Desa Sembalun, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Cara Menuju Ke Gunung Rinjani  Bagi yang Ingin Melakukan Rinjani Trekking :


Jalur Darat/Laut
  • Pelabuhan Ketapang (banyuwangi) –
  • pelabuhan gilimanuk (bali) –
  • naik bis menuju terminal ubung denpasar –
  • menggunakan mobil seperti angkot menuju pelabuhan padang bai –
  • naik ferry menuju pelabuhan lembar lombok –
  • naik cherry menuju terminal mandalikika mataram –
  • naik mobil sejenis elf menuju pasar aikmel –
  • dari pasar aikmel naik mobil pickup menuju sembalun.

Jalur Udara
Dari bandara kota anda menuju bandara internasional Lombok (hanya ada 1 bandara di lombok)
dari bandara bisa menyewa mobil menuju ke Sembalun





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar