Tips Lengkap Mendaki Gunung Andong, Gunung yang Cocok Untuk Pendaki Pemula di Magelang


Magelang merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh banyak gunung, mulai dari gunung Merbabu, Sumbing, Merapi, Telomoyo hingga Andong, nah berbicara mengenai Gunung Andong, gunung satu ini terbilang cukup ramah untuk pendaki pemula sebab tingginya yang tak sampai 2000Mdpl.



foto sunrise di gunung andong magelang
sunrise di gunung andong. foto : brobali.com


Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 MDPL, walaupun bisa dibilang cukup pendek namun pemandangan yang ditawarkan gunung mungil ini tidak terlalu buruk kok, sama halnya dengan bukit pergasingan di lombok yang menawarkan pemandangan gunung rinjani, di Gunung Andong kita juga bisa melihat gunung merbabu yang menjulang tinggi di depan mata, gunung merapi, ungaran, telomoyo dan si kembar sumbing sindoro dari kejauhan.

Gunung Andong menjadi gunung favorit bagi pendaki pemula dan para pendaki dari kota Solo dan Yogyakarta karena tidak terlalu tinggi jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di puncak, sangat cocok bagi kamu yang belum lama berkecimpung di dunia pendakian.

Gunung Andong sendiri terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang, karakteristik dari Gunung Andong adalah bentuknya yang mirip dengan punuk/punggung sapi sehingga disebut dengan nama Gunung Andong, gunung ini memiliki empat puncak, yaitu puncak makam, dimana terdapat sebuah makam diatasnya, puncak jiwa yang merupakan tempat camping ground, puncak alap-alap dan yang terakhir adalah puncak andong yang merupakan puncak tertinggi.

Gunung ramah pendaki ini memiliki dua jalur pendakian, yaitu via Basecamp Sawit dan Dusun Pendem, dari kedua jalur pendakian tersebut, via Basecamp Sawit merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki.


foto merbabu dan merapi dari puncak gunung andong
pemandangan gunung merbabu dan merapi dari puncak andong.


Walaupun termasuk pendek, namun jalur yang harus kita lewati cukup menguras tenaga lho, dimana hanya terdapat sedikit “bonus” (jalan datar) saja, selebihnya kita harus melewati tanjakan hingga sampai puncak.


Bagi kamu yang ingin melihat sunset dan sunrise sekaligus, bisa naik saat sore hari, membawa tenda ataupun tidak pun tidak menjadi masalah, karena di puncak kita akan menemui warung yang bisa kita gunakan untuk numpang nginep, seperti halnya dengan gunung lawu.

Saat kamu naik di hari libur atau weekend, jangan heran jika gunung Andong ini penuh sesak dengan pendaki, karena memang gunung Andong menjadi pilihan favorit bagi anak-anak muda sekalipun bukan pendaki.


foto diatas awan gunung andong magelang
view gunung slamet dari kejauhan.


Nah, bagi kamu yang ingin mendaki di Gunung Andong, dibawah ini merupakan tips dan info mengenai Gunung Andong


Lebih Baik Naik Mendaki Melalui Jalur Mana?

Bagi kamu yang pertama kali mendaki di Gunung Andong, lebih disarankan untuk mendaki melalui jalur Basecamp Sawit, sebab selain lebih ringan daripada jalur via Dusun Pendem, jalur tersebut lebih populer sehingga kamu bisa dengan mudah bertemu pendaki lainnya.


Apakah Terdapat Sumber Air di Gunung Andong?

Ya, terdapat sumber air disepanjang perjalanan yang sudah disediakan khusus untuk pendaki.


Bagaimana Cara Menuju ke Basecamp Gunung Andong?

Dari Arah Selatan (Magelang, Yogyakarta, Purworejo dan sekitarnya)Terminal Tidar Magelang → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah canguk, menuju ke arah Kopeng/ketep hingga sampai di Pasar Ngablak → lewat Pasar Ngablak lurus terus → Belok Kiri di gapura yang kedua (berwarna biru di kanan jalan) kearah Grabag (Mangli) → sekitar 2 KM kita akan melihat pertigaan makam dusun kenteng (perhatikan Plang Arah Penunjuk jalan) → jika belok kiri akan menuju Basecamp Sawit, sedangkan lurus akan menuju ke Basecamp Dusun Pendem, terserah kamu mau memilih mana, setelah itu tinggal ikuti saja jalan tersebut hingga kamu sampai di Basecamp.

Dari Arah Utara (Semarang, Ungaran, Salatiga, Solo, Boyolali dan sekitarnya)Daril Pasar Sapi Salatiga → belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga – Kopeng) →Kopeng → lanjut ke arah magelang → Pasar Ngablak (sama seperti di atas)

Dari arah Barat (Grabag, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo dan sekitarnya)Dari Simpang tiga Secang → Pertigaan KRINCING (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah semarang) → Belok kanan di pertigaan krincing menuju arag Grabag →Pasar Grabag (Perempatan Pasar Grabag) → lurus terus ke arah Mangli hingga melewati Bumi Perkemahan Mangli → Naik terus melewati 2 dusun (dusun Mantran wetan dan mantran kulon) → sampai di SD Girirejo 2 (belok kiri) → Sampai lah di Dusun Sawit.


Dimana Lokasi Camp Favorit?

Untuk lokasi mendirikan tenda, kamu bisa mendirikan dimanapun, mulai dari Puncak Makam, Puncak Jiwa (camp ground), Puncak Andong hingga Puncak Alap-Alap, namun lebih disarankan untuk mendirikan tenda di Puncak Jiwa saja apabila tidak terlalu ramai.


Kapan Waktu Terbaik Untuk Mendaki Gunung Andong?

Gunung Andong sudah sangat populer dikalangan pendaki, tak heran jika setiap akhir pekan dan hari libur gunung ini sangat ramai oleh pendaki bahkan hingga penuh sesak layaknya pasar, sehingga lebih disarankan untuk mendaki di hari biasa saja.


Berapa Lama Untuk Sampai di Puncak?

Untuk sampai di puncak Andong kita hanya membutuhkan rata-rata1-2 jam perjalanan dengan jalur yang menanjak, tapi tergantung dalam kecepatan kamu berjalan juga.


foto keren pemandangan gunung andong






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • 23 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Kalimas dan Jl. Grabag-Pucang (39 menit)
  • 14 Km dari Taman Wisata Kopeng Salatiga melalui Jl. Raya Kopeng – Magelang (26 menit)





Wisata Terdekat Dari Gunung Andong :

Gunung Telomoyo (31 menit)
Kopeng Tree Top Adventure (26 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »