Bosan Dengan Pusat Kota Jogja ? Yuk Coba Wisata Keren Di Kulonprogo Ini Saja


Jogja memang keren, hampir semua Kabupaten di Provinsi Yogyakarta memiliki tempat wisata yang sangat menarik, nah salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang juga mempunyai objek wisata keren adalah Kulonprogo.

Kulonprogo merupakan Kabupaten yang terletak paling barat dan berbatasan langsung dengan Magelang di Jawa Tengah, walaupun begitu disini terdapat banyak sekali tempat menarik yang layak kita kunjungi, seperti yang sudah dirangkum dibawah ini.






Wisata Alam Kalibiru






foto romantis di kalibiru jogja
kok romantis sih. foto : dedewidayani






Nah, siapa yang tidak tahu tentang objek wisata satu ini, kini Kalibiru sudah menjadi ikon wisata Kabupaten Kulonprogo karena keindahan alamnya, Kalibiru sendiri terletak di perbukitan Manoreh, salah satu spot populer disini adalah pohon yang terdapat papan diatasnya.

Dari atas pohon tersebut kita bisa melihat pemandangan alam di Kulonprogo, salah satunya adalah waduk sermo yang terlihat sangat besar dan megah, selain itu udara disini cukup sejuk karena berada di dataran tinggi.

Lokasi : Desa Hargo Wilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo

baca selengkapnya : wisata alam kalibiru, ikon wisata kulonprogo




Waduk Sermo






foto pemandangan waduk sermo
keren bro!! foto : bagusprasodjo







Sama halnya dengan kebanyakan waduk yang digunakan untuk irigasi air, waduk sermo juga memiliki fungsi serupa, selain itu waduk sermo juga menjadi objek wisata yang cukup menarik, terlebih lagi jika kamu mencari wisata keluarga di Jogja maka kamu bisa memasukkan waduk sermo kedalam daftar tempat tujuanmu.

Pemandangan alam sekitar waduk cukup menarik dan layak kita abadikan kedalam kamera, untuk kamu yang ingin berkeliling waduk, kamu bisa menyewa perahu yang sudah disediakan, kita akan diajak berkeliling waduk, waktu paling tepat adalah menjelang matahari terbenam, pemandangan sunset disini juga terkenal cukup indah lho.

Lokasi : Desa Hargo Wilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo







Pantai Glagah





foto pantai glagah jogja
ati ati kecebur! foto : yudhie_moonstruck









Siapa bilang cuman Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul saja yang mempunyai pantai, di Kulonprogo juga ada lho pantai dengan pemandangan unik, yaitu pantai Glagah, inilah pantai paling terkenal di Kulonprogo.

Pantai Glagah terkenal dengan tetrapodnya atau bebatuan yang dibuat dan difungsikan untuk mencegah abrasi air laut, pantai Glagah memiliki pasir hitam dan ombak yang cukup besar, untuk itulah di pinggir pantai dibangun tetrapod, selain itu tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya yang besar.

Biasanya pantai Glagah akan ramai menjelang sore hari, banyak orang akan datang kesini untuk bersantai menghabiskan sore sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga, selain itu pantai Glagah juga terkenal dengan keindahan sunsetnya yang menarik banyak fotografer untuk datang kesini.

Lokasi : Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo

baca juga : pantai depok surganya para pecinta seafood di jogja





Air Terjun Gerojogan Sewu






foto air terjun gerojogan sewu kulonprogo
ayo nyebur kebawah air terjunnya. foto : www.teraswarta.com







Mungkin kita tahu air terjun gerojogan sewu hanya ada di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar saja, namun siapa sangka di Kulonprogo juga terdapat air terjun dengan nama serupa, dinamakan Gerojogan Sewu karena debit air di air terjun ini cukup deras.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun pemandangan disini cukup indah, bagi kamu pecinta fotografi bisa sesekali hunting foto di air terjun Gerojogan Sewu ini, namun hati hati ya karena banyak bebatuan dan jangan lupa membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga.

Lokasi : Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo

baca juga : air terjun kedung kandang, air terjun unik di Jogja






Puncak Suroloyo






foto sunrise dan gunung sumbing dari puncak suroloyo
sunrise dan view gunung sumbing. foto : photojogja







Inilah tempat paling keren untuk melihat sunrise di Kulonprogo, Puncak Suroloyo merupakan sebuah bukit yang terletak di perbukitan Manoreh, untuk sampai di puncak kita harus melewati banyak sekali tangga, namun sesampainya di puncak kita bisa melihat pemandangan Kabupaten Kulonprogo yang sangat luas, tak hanya itu saja, dari puncaknya kita juga bisa melihat gunung Sumbing lho.

Biasanya wisatawan datang kesini saat sore atau fajar karena memang lokasi ini terkenal sebagai tempat favorit untuk melihat sunrise dan sunset, bagi kamu yang ingin melihat sunrise namun tidak ingin datang tengah malam, kamu bisa menginap di penginapan sekitar puncak Suroloyo.

Lokasi : Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo

baca selengkapnya : yuk melihat sunrise dan sunset di puncak suroloyo





Goa Kiskendo





foto goa kiskendo kulonprogo
gelap dab! foto : 24imam








Bosan dengan wisata alam dengan pemandangan yang terang, kini saatnya kamu mencoba wisata yang sedikit berbeda di Goa Kiskendo, goa paling terkenal di Kulonprogo, pemandangan di dalam goa akan terlihat indah bagi kamu yang mempunyai jiwa seni.

Karena pemandangan didalam goa bukanlah pemandangan seperti pepohonan, namun kamu akan melihat bebatuan stalaknit yang terlihat sangat artistik, bagi kamu yang mempunyai jiwa petualang bisa coba masuk kedalam goa, dan tidak disarankan bagi orang yang menyukai kegelapan dan ruang sempit.

Lokasi : Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo

baca juga : kids fun, wisata keluarga yang cocok untuk anak anak di Jogja


Nah, itulah beberapa tempat wisata keren dan populer yang ada di Kulonprogo, sebenarnya masih terdapat banyak sekali tempat wisata menarik lainnya, untuk itulah kami minta tolong jika kamu mempunyai info mengenai tempat wisata keren lainnya, silahkan tulis di kolom komentar.






Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »