Kalibiru, Tempat Wisata Alam Populer Di Kulonprogo, Jogja


Melihat Indahnya Pemandangan Perbukitan Manorah Dari Atas Pohon



Apa kamu mencari wisata baru sebagai alternatif pilihan dikala wisata populer seperti pantai parangtritis dan candi prambanan ramai dikunjungi pengunjung ? maka mungkin objek wisata ini bisa menjadi pilihanmu.



foto pemandangan kalibiru 
pemandangan dari atas rumah pohon foto : tonny_kumbara


Kalibiru, merupakan sebuah hutan/taman wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan wisata trekking dan wisata keluarga, letaknya yang berada di dataran tinggi menjadikan udara disekitar kawasan kalibiru terasa segar dan sejuk.



Apa Yang Menarik Di Kalibiru ?

pada awalnya kawasan kalibiru dikelola oleh pemerintah, namun seiring berjalannya waktu kini kalibiru dikelola oleh warga sekitar dan dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik, objek wisata ini menawarkan pemandangan kawasan perbukitan manoreh dan waduk sermo yang sangat indah.


foto romantis di kalibiru kulonprogo 
bareng pasangan biar romantis ya guys. foto : elinurliyana




Spot paling terkenal disini adalah sebuah gardu pandang, yaitu sebuah papan yang dibuat diatas pohon dengan pemandangan perbukitan nan indah, menara pandang inilah yang kini menjadi ikon wisata kalibiru.


Jika kamu ingin berfoto diatas menara pandang, maka kamu harus membayar sekitar Rp. 10.000/orang sebagai jaminan keselamatan, spot ini sering digunakan anak-anak muda untuk mengabadikan momen berfoto. Selain menara pandang, lokasi ini juga sering digunakan untuk kegiatan outbond dan treking, seperti flying fox dan wahana lainnya yang cukup memacu adrenalin.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat pagi dan sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu menyengat, dan tentunya lokasi ini sangat cocok untuk anak-anak, jadi jika kamu mencari tempat wisata yang ramah terdahap anak, kalibiru adalah pilihannya.




foto kegiatan outbond di kalibiru 
yuk outbond di kalibiru. foto : indynarita24




Sebagai objek wisata populer, fasilitas disini sudah cukup memadai, dimana sudah terdapat tempat parkir luas, warung makan dan toilet, dan bagi kamu yang ingin menginap, di kawasan kalibiru terdapat 6 pondok yang bisa kamu gunakan untuk menginap dengan masing-masing pondok berkapasitas 10-15 orang.

Rute Menuju Kalibiru 

Selain menara pohon tadi, juga terdapat sebuah gardu pandang dengan pemandangan waduk sermo, Akses menuju lokasi juga cukup mudah walaupun sedikit jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun jangan kawatir, selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan sawah hijau khas pegunungan.

Nah, dari pusat Kota Jogja kamu bisa coba melalui Malioboro, setelah itu ambil jalur menuju purworejo, lalu kamu ikuti saja jalanan itu sampai terminal Wates, sesampainya di terminal, lihat penunjuk jalan atau plang yang menuju ke arah waduk Sermo.

Nah sesampainya waduk Sermo kamu bisa bertanya ke warga sekitar, karena Kalibiru tak jauh dari Waduk Sermo dan pasti semua orang disitu sudah tahu tentang Kalibiru.

Selain melalui Waduk Sermo, kamu juga bisa melalui arah Clereng. tinggal ikuti saja rute Jogja - Sentolo - Clereng - Kalibiru, namun jalur ini lebih sepi, naik turun dan lebih jauh daripada jalur melalui Waduk Sermo.



Tips Saat Berlibur ke Desa Wisata Kalibiru :

  • waktu terbaik untuk berlibur ke Kalibiru adalah saat hari biasa (senin-kamis) dan ketika musim kemarau.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • bisa diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor.


foto flying fox di kalibiru jogja 
flying fox dulu. foto : inal_gangga






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo
  • 35 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Wates (1 jam 8 menit)
  • 38 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 10 menit)
  • 51 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 23 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Foto Galeri :


foto menara pandang kalibiru
foto : ms_triiaaeya



foto gerbang selamat datang di wisata alam kalibiru
 foto : wisnu5421
foto keren pemandangan kalibiru kulonprogo jogja



Wisata Terdekat Dari kalibiru :

Waduk Sermo (8 menit)
Pantai Glagah (38 menit)
Air Terjun Sidoharjo (1 jam)
Goa Kiskendo (32 menit)
Goa Kidang Kencono (34 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »