Puncak Suroloyo, Spot Indah Untuk Menikmati Sinar Matahari Dikala Pagi dan Sore


Di Jogja memang sudah terdapat sebuah gunung yang sangat popular sebagai tempat untuk melihat keindahan sunrise dan sunset, yaitu gunung Api Purba yang terdapat di Nglanggeran, tapi ternyata di Yogyakarta masih terdapat sebuah tempat keren lainnya.




foto sunset indah di puncak suroloyo
sunset indah di puncak suroloyo. foto : fahmiatmadja



Yaitu Puncak Suroloyo, yang berada di perbukitan Manoreh, Kulonprogo, Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi dari perbukitan Manoreh, jadi untuk masalah pemandangan sudah tak diragukan lagi keindahannya.

Puncak Suroloyo berada di ketinggian sekitar 1.017 Mdpl, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat keren, dari puncaknya kita bisa melihat gunung gunung besar seperti gunung Merapi, si kembar Sumbing Sindoro dan gunung Merbabu.

Pemandangan saat siang hari memang tidak terlalu mempesona, namun berbeda saat pagi dan sore hari, Puncak Suroloyo terkenal sebagai spot keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja, biasanya wisatawan datang saat sore hari untuk melihat matahari terbenam, atau saat fajar untuk melihat matahari terbit.

baca juga : inilah daftar spot keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja

Selain itu, pada setiap tanggal 1 Syura lokasi ini juga sering diadakan Upacara Jamasan Pusaka, upacara ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan keselamatan, perlindungan dan ketrentaman, upacara tersebut diadakan oleh Keraton Yogyakarta.




foto pemandangan di puncak suroloyo
indah ya pemandangannya. foto : ann_cl





Upacara Jamasan Pusaka juga menjadi daya tarik lain dari objek wisata Puncak Suroloyo ini, tak jarang pula wisatawan yang penasaran dengan upacara Jamasan Pusaka memutuskan untuk berkunjung ke Puncak Suroloyo.

Tapi tunggu dulu, untuk sampai di puncak kita harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu, ada lebih dari 200 anak tangga yang akan mengantarkan kita ke Puncak Suroloyo, seperti biasa rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam di puncaknya.

baca juga : bukit Parang Endog, spot keren untuk melihat sisi lain pantai Parangtritis





Sejarah Puncak Suroloyo




foto jalur menuju puncak suroloyo jogja
tangga yang akan kita lalui. foto : hadyhoho





Menurut cerita, suatu hari pada zaman dahulu Raden Mas Rangsang (Sultan Agung Hanyokrokusumo) mendapatkan wangsit untuk berjalan dari Keraton menuju kearah barat, lalu Raden Mas Rangsang mengikuti perintah wangsit tersebut dan akhirnya ia sampai di tempat yang sekarang bernama Puncak Suroloyo.

Saat Raden Mas Rangsang tertidur, ia kembali mendapatkan wangsit untuk membangun pertapaan di kawsan Suroloyo ini, hingga akhirnya Raden Mas Rangsang mulai membangun pertapaan di kawasan Puncak Suroloyo.

Di kawasan Puncak Suroloyo sendiri terdapat tiga pertapaan yang terkenal, yaitu Pertapaan Suroloyo yang berada paling bawah, lalu naik lagi terdapat pertapaan kedua bernama Pertapaan Sariloyo, dari sini kita sudah bisa melihat pemandangan gunung-gunung, kemudian naik keatas lagi terdapat pertapaan ketiga bernama Pertapaan Kaendran.

Untuk fasilitas, Puncak Suroloyo masih mengandalkan fasilitas sederhana dan seadanya, namun tenang fasilitasnya cukup memadai kok, seperti sudah terdapatnya warung makan, selain itu untuk menikmati keindahan alam disini kita hanya butuh membayar tiket tak lebih dari Rp. 5000 saja.

baca juga : daftar tempat keren di Jogja untuk foto Prewedding kamu




A photo posted by zudie cahyadi (@zudiec) on








Rute Menuju Ke Puncak Suroloyo
Untuk aksesnya bisa dibilang cukup mudah, namun jalan yang harus kita lewati merupakan jalan menanjak dan berkelok-kelok, jadi kamu harus berhati hati.

Dari Yogyakarta : Jalan Godean – Kenteng – Naggulan – Kalibawang – Suroloyo
Dari Semarang/Magelang dan sekitarnya : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.












Tips Saat Berlibur Ke Puncak Suroloyo :


  • Waktu terbaik adalah saat pagi hari (sebelum matahari tebrit) dan saat sore hari, karena lokasi ini terkenal sebagai spot kece untuk melihat sunrise dan sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret coret tembok ya.
  • Jika tidak tahu jalannya jangan malu untuk bertanya.





Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta
  • 34 km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Godean (1 jam 18 menit)
  • 26 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Soekarno Hatta (54 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke Puncak Suroloyo




Wisata Terdekat Dari Puncak Suroloyo :

Punthuk Setumbu (33 menit)
Candi Borobudhur (29 menit)






Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »