Skip to main content

Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo

kopi puncak suroloyo

Kita setuju jika Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang memiliki banyak wisata pegunungan, salah satu perbukitan paling populer di Kulonprogo adalah perbukitan Manoreh, nah berbicara mengenai tempat wisata disana, ada satu tempat yang cukup menarik untuk kita kunjungi

foto sunset indah di puncak suroloyo
sunset indah di puncak suroloyo. foto : fahmiatmadja

Yaitu Puncak Suroloyo, sebuah tempat wisata yang berada di puncak tertinggi perbukitan Manoreh, dengan ketinggian sekitar 1017 Mdpl membuat Puncak Suroloyo memiliki pemandangan yang sangat indah.

Apa yang Menarik di Puncak Suroloyo ?

Walaupun tidak terlalu tinggi, tapi Puncak Suroloyo menawarkan pemandangan alam Kabupaten Kulonprogo yang sangat cantik dan sayang untuk kita lewatkan.

sunrise puncak suroloyo
sunrise di puncak suroloyo. foto IG https://www.instagram.com/damartrijati/

Ketika kamu berkunjung di siang hari, mungkin kamu hanya menemukan pemandangan biasa layaknya wisata perbukitan lainnya, keindahan Puncak Suroloyo mulai nampak ketika fajar dan senja datang.

Ketika fajar, kita bisa melihat indahnya sunrise dari Puncak Suroloyo ini, luasnya Kabupaten Kulonprogo yang sedang diselimuti kabut di pagi hari membuatmu berdecak kagum dengan keindahannya.

Tak terlepas juga dengan pemandangan saat senja, Puncak Suroloyo juga sangat cocok untuk menanti terbenamnya matahari loh, perlahan lahan matahari mulai terbenam diantara pebukitan Manoreh yang membuat mata dan tubuh tidak mau beranjak.

Di Puncak Suroloyo kita juga bisa melihat deretan gunung besar seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro dan Andong yang nampak gagah berdiri, tak hanya pemandangan gunung-gunung saja, tapi kita juga bisa melihat samar-samar Candi Borobudur yang diselimuti kabut ketika pagi lho.

Selain itu, pada setiap tanggal 1 Syura di Puncak Suroloyo juga sering diadakan Upacara Jamasan Pusaka, upacara ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan keselamatan, perlindungan dan ketrentaman yang diadakan oleh Keraton Yogyakarta.

Upacara Jamasan Pusaka juga menjadi daya tarik lain dari objek wisata Puncak Suroloyo ini, tak jarang pula wisatawan yang penasaran dengan upacara Jamasan Pusaka memutuskan untuk berkunjung ke Puncak Suroloyo.

Tapi tunggu dulu, untuk sampai di puncak kita harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu, ada lebih dari 200 anak tangga yang akan mengantarkan kita ke Puncak Suroloyo, seperti biasa rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam di puncaknya.

pemandangan puncak suroloyo
view dari puncak suroloyo kulonprogo. foto IG https://www.instagram.com/triwahyu_wr/


Sejarah dan Misteri Puncak Suroloyo

Menurut cerita, suatu hari pada zaman dahulu Raden Mas Rangsang (Sultan Agung Hanyokrokusumo) mendapatkan wangsit untuk berjalan dari Keraton menuju kearah barat, lalu Raden Mas Rangsang mengikuti perintah wangsit tersebut dan akhirnya ia sampai di tempat yang sekarang bernama Puncak Suroloyo.

Saat Raden Mas Rangsang tertidur, ia kembali mendapatkan wangsit untuk membangun pertapaan di kawasan Suroloyo ini, hingga akhirnya Raden Mas Rangsang mulai membangun pertapaan di kawasan Puncak Suroloyo.

Di kawasan Puncak Suroloyo sendiri terdapat tiga pertapaan yang terkenal, yaitu Pertapaan Suroloyo yang berada paling bawah, lalu naik lagi terdapat pertapaan kedua bernama Pertapaan Sariloyo, dari sini kita sudah bisa melihat pemandangan gunung-gunung, kemudian naik keatas lagi terdapat pertapaan ketiga bernama Pertapaan Kaendran.

baca juga :
bosan dengan wisata itu saja di Jogja? yuk coba wisata keren di Kulonprogo ini saja
daftar tempat wisata populer di setiap Kabupaten di Jogja

Puncak Suroloyo terbilang tempat wisata yang masih sepi pengunjung. Tidak banyak wisatawan yang menjadikan Puncak Suroloyo sebagai salah satu destinasi wisatanya ketika berlibur di Jogja. Tapi tidak ada salahnya apabila kamu mencoba berlibur di objek wisata satu ini.

sunrise di puncak suroloyo
nyantai di puncak suroloyo. foto IG https://www.instagram.com/okifetaliawati/



Fasilitas :
Fasilitas di objek wisata Puncak Suroloyo masih sederhana, namun cukup memadai.

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
24 Jam

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Puncak Suroloyo, untuk itu silahkan kamu mencarinya di pusat Kota Jogja.



Lokasi Puncak Suroloyo:

  • Alamat ; Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta
  • 34 km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Godean (1 jam 18 menit)
  • 26 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Soekarno Hatta (54 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Ke Puncak Suroloyo

Untuk aksesnya bisa dibilang cukup mudah, namun jalan yang harus kita lewati merupakan jalan menanjak dan berkelok-kelok, jadi kamu harus berhati hati.

Dari Yogyakarta : Jalan Godean – Kenteng – Naggulan – Kalibawang – Suroloyo
Dari Semarang/Magelang dan sekitarnya : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.




Tips Saat Berlibur Ke Puncak Suroloyo :

  • Waktu terbaik berkunjung ke Puncak Suroloyo adalah saat pagi hari (sebelum matahari terbit) dan saat sore hari, karena tempat wisata Jogja satu ini terkenal sebagai spot kece untuk melihat sunrise dan sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret coret tembok ya.
  • Jika tidak tahu jalannya jangan malu untuk bertanya.
  • Persiapkan fisikmu terlebih dahulu karena kita akan melewati ratusan anak tangga untuk sampai di puncaknya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jika males naik ke puncak, kamu bisa menikmati kopi khas suroloyo di warung-warung dekat parkiran.



Wisata Terdekat Dari Puncak Suroloyo (-1 Jam):

Punthuk Setumbu (33 menit)
Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit di Kabupaten Magelang yang terkenal sebagai spot terbaik untuk melihat megahnya Candi Borobudur dari ketinggian, selain itu Punthuk Setumbu juga sangat cocok untuk melihat sunrise.

Candi Borobudhur (29 menit)
Candi Borobudur adalah salah satu Candi paling populer di Indonesia, bahkan dunia, Candi Borobudur adalah Candi Budha terbesar di Indonesia, objek wisata ini sudah sangat terkenal di dunia.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar