Pantai Sawarna, Si Cantik Tersembunyi Dari Banten


Apa yang kamu tahu tentang desa Sawarna di provinsi Banten ? desa Sawarna mulai terkenal di tahun 2000an sebagai desa yang memiliki pemandangan alam yang cukup menarik wisatawan, mulai dari sungai, hutan, argowisata, goa hingga pantai pantainya yang sangat populer.






foto pantai sawarna banten 
pemandangannya lumayan kan ya. foto : nonengratnaningsih





Salah satu pantai yang sudah terkenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan adalah pantai Sawarna, merupakan salah satu pantai yang berada di laut selatan yang terkenal dengan ombak besarnya, namun dibalik ombak besar tersebut tersimpan sebuah pemandangan yang sangat indah.

baca juga : mata air Cikoromoy, mata air jernih dari Banten

Karakteristik dari pantai Sawarna adalah garis pantainya yang mencapai 65 Km dan air lautnya yang berwarna biru jernih, selain itu pantai Sawarna juga menjadi tempat favorit bagi para surfer, ombak besar di pantai ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hobi berselancar.

Pantai Sawarna dikelilingi oleh perbukitan karst ciri khas dari pantai yang ada di laut selatan, pasir di pantai ini berwarna putih bersih karena memang tidak terlalu ramai oleh pengunjung yang bisa menyebabkan rusaknya ekosistem.





foto suasana di pantai sawarna banten 
suasananya cukup ramai jika musim liburan. foto : febism96







Sebenarnya di Desa Sawarna sendiri tidak hanya ada satu pantai saja, tapi terdapat beberapa pantai seperti pantai Ciantir, pantai Tanjung Layar, pantai Lagoon Pari, pantai Karang Taraje, pantai Pulo Manuk dan pantai Cipamadagean, namun dari banyaknya pantai tersebut, pantai Sawarna lah yang paling favorit bagi pengunjung.

Namun sayang, lokasi dari pantai Sawarna cukup terpencil sehingga tak banyak wisatawan yang datang kemari, terlebih lagi jauhnya lokasi pantai dari kota besar, walaupun begitu tetap saja ada wisatawan yang penasaran dan akhirnya berkunjung ke pantai Sawarna.

Walaupun lokasinya terpencil tapi fasilitas disini cukup memadai lho, ditambah lagi sudah terdapatnya banyak penginapan yang memudahkan wisatawan dari luar daerah untuk bermalam, ada beragam jenis penginapan mulai dari Villa hingga homestay.








A photo posted by @ghondil (@ghondil02) on







Rute Menuju Pantai Sawarna :

Untuk menuju pantai Sawarna terdapat dua jalur yang bisa kita pilih, yaitu ;
Jalur Timur : Tol Jagorawi – Ciawi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Sawarna
Jalur Barat : Tol Merak – Serang Timur – Pandeglang – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna







A photo posted by Maxus (@nmaxonkaskus) on







Tips Saat Berlibur Ke Pantai Sawarna :

  • Hati hati terhadap calo ya, apabila tidak tahu jalan jangan malu untuk bertanya.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum, untuk keamanan dan kenyamanan kamu.
  • Untuk puas menikmati wisata disini, disarankan untuk berlibur lebih dari satu hari karena banyaknya objek wisata yang keren.
  • Apabila kamu ingin menginap, sebaiknya lakukan booking terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat.
  • Dan jika kamu tidak suka makanan laut, pastikan kamu mengatakannya kepada pemilik homestay karena sebagian besar homestay menyediakan hidangan laut.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
  • 169 km dari Jakarta melalui Tol Jagorawi (4 jam 56 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)









Wisata Terdekat Dari Pantai Sawarna :

Pantai Ciantir
Pantai Tanjung Layar
Pantai Lagoon Pari
Pantai Karang Taraje
Pantai Pulo Manuk
Pantai Cipamadagean



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »