Bukit Panembongan, Spot Selfie Kece di Kuningan

0 Comments A+ a-

Sudah tahu tentang Kalibiru Kulonprogo, Jogja yang terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah ? di Jawa Barat juga ada tempat seperti itu lho, hanya saja sedikit berbeda dengan Kalibiru, salah satunya di Kabupaten Kuningan.

foto bukit panembongan kuningan
cocok buat ngisi akhir pekan nih. foto : @ridhaaas

Terdapat sebuah objek wisata yang sangat cocok digunakan untuk selfie, yaitu Bukit Panembongan, tempat wisata satu ini menawarkan pemandangan alam Kuningan yang terlihat cukup indah dengan hijaunya pepohonan.






Apa yang Menarik di Bukit Panembongan Kuningan ?

Di Bukit Panembongan sendiri terdapat gardu pandang sederhana yang terbuat dari bambu, spot inilah yang menjadi lokasi favorit untuk selfie, objek wisata yang dibuka akhir tahun 2015 ini sekejab menarik banyak perhatian, terutama kalangan muda yang sangat hobi selfie.

foto pemandangan di bukit panembongan
spot kece buat nyantai. foto : @rina.mediawati

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang kesini, melainkan dari luar daerah seperi kota-kota tetangganya mulai dari Indramayu, Cirebon, Bandung hingga Jakarta, tak heran jika saat weekend objek wisata Bukit Panembongan selalu ramai oleh pengunjung.

Hanya membayar tiket tak lebih dari Rp. 10.000 saja kita sudah bisa menikmati pesona alam Kuningan, namun untuk fasilitas masih dalam proses pengembangan, kita dukung saja agar objek wisata satu ini menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

foto indah bukit panembongan kuningan
pemandangan alam di bukit panembongan. foto : @noppiih

Kini Bukit Panembongan menjadi salah satu wisata alam murah meriah yang cukup favorit di Kuningan, terutama di kalangan anak muda, Tapi, untuk bisa sampai di lokasi Bukit Panembongan tidaklah mudah.

Kita harus melewati jalan tanah yang cukup menyusahkan, terutama apabila di musim hujan, karena itu lebih disarankan untuk menggunakan motor daripada mobil, sebab mobil tidak bisa masuk sampai atas.

Nah, setelah sampai di loket kita akan disambut dengan udara yang cukup sejuk, perjalanan menuju lokasi gardu pandangn kita juga akan ditemani oleh rimbunnya hutan pinus yang sangat memikat untuk diabadikan di dalam kamera.
Jadi kapan kamu akan berkunjung ke Bukit Panembongan ?



foto suasana di bukit panembongan
gimana, gak tertarik berkunjung? foto : @maimunsm



Fasilitas :

  • Flying Fox
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Gardu Pandang
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Bukit Panembongan :
Rp. 5.000/orang

Rp. 2.000/orang/gardu pandang

Jam Buka :
07:00-17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar wisata alam Bukit Panembongan, bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencari Hotel di pusat Kota Kuningan.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Tembong, Kecamatan Garawangi. Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  • 8 km dari pusat Kota Kabupaten Kuningan melalui Jl. Raya Garawangi (20 menit)
  • 38 km dari pusat Kota Cirebon melalui Jl. Raya Cirebon Cilimus (1 jam 16 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Bukit Panembongan

Sebenarnya akses menuju lokasi cukup mudah, namun sayang jalannya kurang baik karena terdapat lubang di beberapa bagian, dari pusat kota Kuningan kamu bisa menuju ke Kecamatan Garawangi atau Jalan. Raya Lengkong.

Dari Kantor Kecamatan Garawangi lurus saja, sebelum bertemu mesjid lengkong dari arah Kota Kuningan belok kanan, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu melewati jembatan lalu terus lurus sampai SDN Tembong, ada perempatan lurus terus hingga sampai di loket Bukit Panembongan di Desa Tembong.






Tips Saat Berlibur Ke Bukit Panembongan :

  • Datanglah saat hari biasa, karena biasanya saat weekend dan hari libur ramai oleh pengunjung.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama motor karena tidak ada transportasi umum menuju kesini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan ya.
  • Datanglah pagi hari untuk merasakan udara yang lebih segar dan sinar matahari yang belum terlalu terik.
  • Gunnakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.





Lihat peta cara menuju ke bukit panembongan




Wisata Terdekat Dari Bukit Panembongan (- 1 Jam):

Taman Nasional Gunung Ciremai
Gunung Ciremai adalah Gunung tertinggi di Jawa Barat, jika kamu pendaki gunung, maka kamu harus mencoba mendaki di Gunung Ciremai.

Taman Kota Kuningan (16 menit)
Taman Kota Kuningan merupakan taman yang cukup populer bagi masyarakat Kuningan, biasanya taman ini dijadikan sebagai tempat nongkrong atau sekedar bersantai di sore hari.


loading...
loading...