Gunung Lanang, Spot Keren Untuk Melihat Keindahan Alam Pacitan


Pacitan memang tidak ada habisnya, setelah deretan pantai indah dan goa-goa keren kini muncul lagi sebuah tempat wisata alam yang tak kalah menarik bernama Gunung Lanang, sebuah kawasan perbukitan yang menjadi salah satu titik tertinggi di Kabupaten Pacitan.






foto pemandangan di gunung lanang
pemandangan alam yang sangat indah. foto : intan.ratri








Gunung Lanang memang tidak terlalu tinggi, jadi sangat cocok untuk didaki siapa saja sekalipun ia belum pernah mendaki gunung, namun walaupun tidak terlalu tinggi, Gunung Lanang ternyata menawarkan pemandangan alam Pacitan yang sangat mempesona lho.

Sebenarnya masih terdapat sebuah gunung lagi yang merupakan gunung tertinggi di Pacitan bernama Gunung Sepang, namun Gunung Lanang yang merupakan gunung tertinggi kedua di Pacitan adalah yang paling populer dibanding gunung-gunung lainnya.

Gunung Lanang menawarkan pemandangan alam indah, salah satu pemandangan yang ditunggu-tunggu adalah matahari terbit, ya setiap pendaki pasti menantikan momen ini, dimana sinar matahari mulai menerangi bumi dengan hangatnya, selain itu pemandangan sunset disini juga tak kalah indah kok.

baca juga : Goa Gong, goa terindah di pulau Jawa







foto sunrise di gunung lanang pacitan
sunrise di puncak gunung lanang. foto : mas_fathur14









Untuk sampai di puncaknya kita akan melewati jalur yang tidak terlalu sulit, karena itulah Gunung Lanang selalu menjadi wisata alam favorit di akhir pekan, saat hari libur dan weekend akan banyak wisatawan yang datang kesini, baik hanya berkunjung maupun mendirikan tenda.

Bagi kamu yang ingin mendirikan tenda di puncak Gunung Lanang, pastikan kamu mendirikannya dibalik batu ya, karena di puncak tidak ada penghalang selain batu-batu besar yang menjulang tinggi, sehingga akan cukup bahaya jika tendamu terkena terpaan angin kencang.

baca juga : daftar pantai indah di pacitan yang harus kamu kunjungi






foto suasana di puncak gunung lanang
keren bro! foto : ipan1990









Rute Menuju Gunung Lanang

Cara menuju ke Gunung Lanang Pacitan sendiri bisa dibilang cukup mudah karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, dari Kota Pacitan kita menuju jalur Pacitan-Tulakan-Lorok dengan jalur aspal halus namun menanjak dan berkelok-kelok.

Sekitar 10 Km akan sampai di puncak tanjakan (stasiun relay TVRI di Wonogondo) perhatikan kanan jalan ada pertigaan kita harus belok kanan sekitar 200 meter, kita akan ketemu pertigaan lagi, ambil yang ke kanan arah Desa Punjung (ada penunjuk arahnya). Ikuti terus jalan utama sampai bertemu Balai Desa Punjung.

Di depan Balai Desa belok kiri masuk jalan rabat. Ikuti jalan rabat tersebut, jika ada percabangan, ambil jalan yang menanjak. Jalan rabat kemudian berganti menjadi jalan makadam yang menanjak, di akhir tanjakan kita akan sampai di kawasan Gunung Lanang.

baca juga : daftar tempat wisata menawan di Pacitan







foto gunung lanang pacitan
mirip di yogyakarta. foto : ardhaniaji











Tips Saat Berlibur Ke Gunung Lanang :


  • Waktu terbaik untuk berlibur kesini adalah saat hari biasa di pagi hari dan sore untuk melihat sunrise dan sunset indah dari puncaknya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu berhati-hati ya.
  • Jika ingin mendirikan tenda, pastikan kamu menggunakan bivak (penghalang terpaan angin) karena di puncak Gunung Lanang minim penghalang.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan motor daripada mobil maupun kendaraan umum.






Lokasi :


  • Alamat ; Desa Punjung Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • 31 Km dari pusat Kota Pacitan melalui Jl. Ketro-Sidomulyo (58 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke gunung lanang


Wisata Terdekat Dari Gunung Lanang :

Pantai Teleng Ria (54 menit)
Pantai Soge (30 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »