Daftar Tempat Wisata Menawan di Pacitan


Pacitan, kota yang memiliki julukan “Kota 1001 Goa” ini memang menjadi destinasi favorit di Jawa Timur selain Malang dan Banyuwangi, di kota Pacitan terdapat banyak sekali tempat wisata keren yang bisa kita kunjungi.

Sebagian besar tempat wisata di Pacitan memang didominasi oleh pantai dan goa, jadi jangan heran jika kamu sering menemukan papan petunjuk menuju ke objek wisata goa-goa keren disini, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata populer di Pacitan yang wajib kamu kunjungi.






Goa Gong







foto pemandangan di dalam goa gong pacitan
pemandangan didalam goa. foto : 1001tourism








Ini dia goa paling populer di Pacitan, banyak yang mengatakan jika Goa Gong merupakan goa terindah di pulau Jawa, goa ini memang terbilang cukup unik karena didalam goa kita tidak akan menyusuri jalan berlumpur layaknya goa pada umumnya.

Fasilitas di Goa Gong cukup memadai dengan adanya tangga yang menghubungkan pintu masuk goa menuju ke ujung, selain itu di dalam goa kita tidak akan ber-gelap gelapan karena Goa Gong sudah dihiasi dengan lampu warna warni yang menjadikan pemandangan kian indah.

Lokasi : Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


Baca juga : Goa Gong, goa terindah di Pacitan






Goa Tabuhan








foto pemandangan goa tabuhan pacitan
keren!! foto : difaanindita








Tak jauh dari Goa Gong masih terdapat objek wisata serupa yang tak kalah menarik, yaitu Goa Tabuhan, goa ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki dua ruangan. Awalnya goa Tabuhan bernama Goa Tapan, karena dulu sering dimanfaatkan orang untuk bertapa.

Uniknya bebatuan stalaknit dan stalakmit di dalam goa bisa menghasilkan bunyi-bunyi layaknya alat musik gamelan, karena itu goa tersebut dinamakan Goa Tabuhan yang berarti bisa ditabuh, bunyi bunyian tersebut diubah oleh masyarakat setempat menjadi alunan musik yang sangat keren.

Lokasi : Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur





Goa Luweng Jaran






foto mtma di goa luweng jaran
my trip my adventure. foto : instagram.com










Mungkin goa satu ini tak sepopuler Goa Gong maupun Goa Tabuhan, namun jangan salah, Goa Luweng Jaran menawarkan sensasi wisata berbeda dengan kebanyakan goa di Pacitan, yaitu menyusuri goa menuju perut bumi.

Menurut info goa Luweng Jaran memiliki panjang lorang hingga 48 kilometer lho, sangat panjang untuk kita susuri dalam sehari, bahkan menurut warga sekitar ujung goa Luweng Jaran tersambung dengan goa lainnya, apa kamu berani kesini ?

Lokasi : Desa Jlubang, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur.





Pantai Klayar






foto pantai klayar pacitan
pemandangan dari atas. foto : afiholle










Siapa yang tidak tahu mengenai pantai indah satu ini, bersama Goa Gong pantai Klayar menjadi ikon wisata di Pacitan, pantai Klayar memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih dan jernihnya air laut.

Sama halnya dengan kebanyakan pantai di laut selatan, pantai Klayar juga memiliki ombak yang cukup besar, uniknya di kawasan pantai terdapat sebuah bebatuan yang menyemburkan air keatas, bebatuan tersebut dinamakan air mancur alami.

Lokasi : Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Baca juga : pantai Klayar, pantai indah di selatan Pacitan






Pantai Banyu Tibo







foto pemandangan pantai banyu tibo pacitan
indah ya. foto : sopan16 








Jika kamu mencari pantai unik di Pacitan, maka pantai Banyu Tibo adalah pilihannya, karena pantai ini memiliki pemandangan yang cukup unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, dimana di kawasan pantai terdapat sebuah air terjun yang langsung bermuara di pantai.

Pantai Banyu Tibo memang hanya memiliki garis pantai yang pendek, namun walaupun begitu pemandangan di kawasan tersebut cukup indah kok, terlebih lagi dengan adanya air terjun yang menjadikan pantai Banyu Tibo cukup digandrungi wisatawan.

Lokasi : Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Baca juga : Pantai Banyu Tibo, pantai unik di Pacitan





Sungai Maron






foto sungai maron pacitan
yuk menyusuri sungai. foto : amsari_ardiyanto








Siapa sangka di Pacitan terdapat sebuah tempat wisata dengan pemandangan mirip di luar negeri, Sungai Maron merupakan sungai paling terkenal di Pacitan, wisata yang bisa kita lakukan disini salah satunya adalah menyusuri sungai dengan perahu.

Kita akan disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan jambu dan kelapa di sisinya yang menjadikan pemandangan mirip dengan sungai Amazon di Amerika, setiap tahunnya di Sungai Maron diadakan lomba dayung juga lho.

Lokasi : Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


Nah itulah beberapa tempat wisata populer di Pacitan, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Pacitan yang bisa kamu kunjungi, memang kebanyakan wisata di kota ini berupa pantai, jadi kamu sudah merangkumnya, kamu bisa baca : daftar Pantai indah di Pacitan. Jangan lupa jaga kebersihan ya.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »