Goa Gong, Goa Terindah di Pulau Jawa


Pacitan, sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan julukan “kota 1001 goa” karena di kota ini terdapat banyak sekali goa yang memiliki pemandangan indah, nah salah satu goa paling populer di Pacitan adalah Goa Gong.






foto pemandangan di goa gong
serem atau keren ? foto : andiyanuarief







Goa yang memiliki panjang terowongan sekitar 256 meter ini menjadi ikon wisata kota Pacitan bersama pantai Klayar, dinamakan Goa Gong karena bebatuan didalam goa bisa menimbulkan suara yang mirip dengan alat musik gong.

baca juga : daftar pantai indah di Pacitan, mana favoritmu?

Didalam Goa Gong terdapat banyak bebatuan setalaknit dan stalakmit yang menambah keindahan goa, untuk menjelajahi goa ini kita tidak perlu repot-repot basah atau kotor layaknya menyusuri goa pada umumnya karena sudah dibuatkan tangga.

Selain terdapatnya tangga, suasana di dalam goa juga tidak terlalu gelap karena di beberapa spot yang menyuguhkan pemandangan bebatuan stalakmit dan stalaknit sudah disinari oleh lampu warna warni sehingga memudahkan pengunjung untuk melihatnya dan tentunya pemandangan kian indah.







foto cantik goa gong pacitan
cakep ya! foto : debycwf







Selain melihat keindahan bebatuan stalakmit dan stalaknit, di dalam area goa juga terdapat beberapa sendang lho, salah satu sendang yang populer disini adalah Sendang Bidadari, dinamakan demikian karena konon dahulu lokasi tersebut digunakan untuk tempat mandi Bidadari.

baca juga : yuk melihat air terjun dan pantai di satu tempat, yaitu di pantai banyu tibo Pacitan

Namun walaupun sudah terdapat tangga dan jalannya tidak terlalu gelap, kamu tetap harus hati-hati ya karena tetesan dan rembesan air dari bebatuan diatas yang jatuh kejalan terkadang bisa membuat tangganya licin.

Sebagai objek wisata populer harga tiket di Goa Gong cukup murah karena tak lebih dari Rp. 10.000, dan tentunya Goa Gong sudah didukung dengan fasilitas yang memadai, setelah sampai di ujung goa kita akan disambut dengan warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman, bersantailah dahulu sambil berbincang-bincang dengan warga lokal.







foto suasana di goa gong
keren banget nih foto : marinenaturetourism.blogspot.com








Rute Menuju Goa Gong

Untuk menuju ke Goa Gong sendiri bisa ditempuh dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, jika kamu dari Jogja, Solo dan sekitarnya rute yang harus kamu tuju adalah Jogja – Gunung Kidul – Wonogiri – Pacitan, sedangkan jika kamu dari Surabaya dan sekitarnya bisa melalui rute Surabaya – Madiun – Ponorogo – Pacitan.

baca juga : melihat indahnya "cahaya surga" di goa jomblang







foto keren goa gong pacitan
wajib datang kesini pokoknya. foto : istanaombak








Tips Saat Berlibur Ke Goa Gong :


  • Tidak perlu membawa senter karena didalam goa sudah cukup terang.
  • Persiapkan kamera terbaikmu yang bisa mengambil gambar jernih didalam ruangan kurang cahaya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.






Lokasi :


  • Alamat ; Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • 22 km dari pusat kota Pacitan melalui Jl. Nasional III (42 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Lihat peta cara menuju ke goa gong


Wisata Terdekat Dari Goa Gong :

Pantai Klayar (27 menit)
Pantai Teleng Ria (44 menit)
Goa Tabuhan (17 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »