Inilah Seven Summits of Indonesia yang Harus Kamu Tahu


Indonesia dengan kekayaan alamnya terkenal juga memiliki deretan gunung-gunung berapi maupun gunung yang sudah tidak aktif lagi, dari pulau-pulau utama di Indonesia terdapat gunung tertinggi disana, gunung tersebut juga disebut “Seven Summits Of Indonesia”.

Nah, bagi kamu yang tidak tahu apa itu Seven Summits, Seven Summits merupakan daftar gunung tertinggi di masing-masing pulau Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Maluku dan Kepulauan Nusa Tenggara, jadi Seven Summits bukanlah daftar gunung tertinggi di seluruh Indonesia, melainkan di setiap pulau.







Cartenz Pyramid 4.884 Mdpl, Papua






foto gunung cartenz pyramid papua
cartenz pyramid, papua. foto : endakaban








Inilah gunung tertinggi di Indonesia, Cartenz Pyramid terletak di pegunungan Jaya Wijaya, Papua, merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya terdapat salju abadi, untuk bisa sampai di puncak kita harus sudah memiliki keahlian khusus, jadi jangan coba-coba ya.

Lokasi : Koordinat 04° 03′ 48” LS – 137° 11′ 09”BT





Gunung Kerinci 3.805 Mdpl, Jambi







foto puncak gunung kerinci jambi
puncak indrapura. foto : riizkyannisa









Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera yang terletak di provinsi Jambi, gunung ini juga menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia dan masih termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Sablat.

Gunung Kerinci menjadi tujuan utama para pendaki gunung yang ingin menggapai atap Indonesia, karena walaupun sebenarnya gunung tertinggi di Indonesia adalah Cartenz, berhubung untuk mendaki gunung tersebut kita membutuhkan peralatan khusus jadi Gunung Kerinci-lah yang menggantikannya, tapi tetap saja untuk mendaki di Gunung Kerinci kita juga membutuhkan fisik dan persiapan matang karena udaranya yang sangat dingin.

Lokasi : Koordinat 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT








Gunung Rinjani 3.726 Mdpl, Lombok






foto puncak gunung rinjani ntb
danau segara anak dari puncak. foto : hakimsunjoyo









Inilah gunung tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali, Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, NTB tepatnya di Taman Nasional Gunung Rinjani, selain itu Gunung Rinjani juga menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia lho.

Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif, di tengah-tengahnya terdapat sebuah danau yang sudah sangat terkenal, untuk mendaki di gunung ini kita bisa melalui dua jalur, yaitu via Senaru dan Sembalun, persiapkan fisikmu sebelum mendaki di gunung Rinjani ya, karena jalurnya yang cukup membuat kaki terasa sangat capek akan senantiasa menemanimu sampai puncak.

Lokasi : Koordinat 8° 25′ LS – 116° 28′ BT

baca juga : tips lengkap mendaki gunung rinjani




Gunung Semeru 3.676, Jawa Timur






foto oro-oro ombo gunung semeru
itu verbena ya guys bukan lavender. foto : kristianmanurung 









Inilah atap pulau Jawa yang sudah sangat populer, Gunung Semeru terletak di Malang, Jawa Timur, untuk mendaki gunung ini kita bisa melalui Desa Ranupani, selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Semeru juga terkenal sering memakan korban karena jalur menuju puncaknya yang cukup ekstrim.

Jika kamu belum pernah mendaki gunung sebelumnya, jangan memaksa langsung mendaki di Semeru ya, cobalah gunung-gunung yang memiliki jalur cukup mudah terlebih dahulu, untuk mendaki di Gunung Semeru sendiri kita harus membeli tiket melalui online agar tidak kehabisan karena Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menggunakan sistem kuota.

Lokasi : Koordinat 8° 6′ 28” LS – 112° 55′ 12”

baca juga : indahnya gunung Bromo yang mempesona setiap orang






Gunung Latimojong 3.430 Mdpl, Sulawesi Selatan






foto puncak gunung latimojong sulawesi
tugu di puncak gunung latimojong. foto : rinidestaa









Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang provinsi Sulawesi Selatan, merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi, Gunung Latimojong memiliki ketinggian yang tak jauh beda dengan Gunung Slamet di Jawa Tengah.

Lokasi : Koordinat 3° 22′ 54” LS – 120° 1′ 43” BT






Gunung Binaiya 3.027 Mdpl, Kepulauan Maluku






foto gunung binaiya maluku
gimana, indah gak? foto : soedirga










Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, provinsi Maluku, pulau Seram sendiri terkenal dengan keindahan alamnya mulai dari pantai hingga hutan ada di pulau ini, ditambah dengan terdapatnya Gunung Binaiya yang menjadikan Maluku sebagai destinasi wajib dikunjungi.

Gunung Binaiya berada di dalam kawasan Taman Nasional Manusela dengan akses pendakian bisa melewati dua rute yaitu via desa Kanike di sisi utara atau desa Piliana di sisi selatan, jarang pendaki yang memasukkan Gunung Binaiya ke daftarnya karena susahnya persyaratan untuk mendaki gunung ini karena kita harus membayar biaya adat, buku tamu, penginapan, pemandu, serta pengangkutan barang.

Lokasi : koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT

baca juga : daftar tempat wisata keren di Maluku





Gunung Bukit Raya 2.278 Mdpl, Kalimantan Tengah







foto pemandangan di gunung bukit raya
puncak bukit raya. foto : blogging.co.id








Gunung Bukit Raya merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Ketingan provinsi Kalimantan Tengah, sebenarnya pulau Kalimantan memiliki gunung yang lebih tinggi dari Bukit Raya yaitu Kinabalu dengan ketinggian 4.095 mdpl akan tetapi kinabalu masuk dalam wilayah sabah Malaysia.

Lokasi : koordinat 112º 07′ BT dan 00º 24′ LS


baca juga : daftar danau indah di gunung Indonesia


Nah, itulah Seven Summits of Indonesia yang bisa kamu masukkan kedalam daftar pendakian selanjutnya, dari gunung-gunung diatas mana saja yang sudah pernah kamu daki dan menjadi favoritmu ?


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »