Skip to main content

Inilah Seven Summits of Indonesia (7 Puncak Tertinggi) yang Harus Kamu Tahu

puncak gunung kerinci jambi

Indonesia dengan kekayaan alamnya terkenal juga memiliki deretan gunung-gunung berapi maupun gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Dari banyaknya gunung di Indonesia, ada beberapa gunung yang termasuk dalam “Seven Summits Of Indonesia”.

Nah, bagi kamu yang tidak tahu apa itu Seven Summits, Seven Summits merupakan daftar gunung tertinggi di masing-masing pulau Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Maluku dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Jadi Seven Summits bukanlah daftar gunung tertinggi di seluruh Indonesia, melainkan di setiap pulau.

Lalu, Gunung apa sajakah itu? yuk kita simak.







Cartenz Pyramid 4.884 Mdpl, Papua

foto gunung cartenz pyramid papua
seven summit indonesia cartenz pyramid, papua. foto : @endakaban

Inilah gunung tertinggi di Indonesia, Cartenz Pyramid terletak di pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Cartenz merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya terdapat salju abadi, untuk bisa sampai di puncak kita diharuskan sudah memiliki keahlian khusus, jadi jangan coba-coba ya.

Lokasi : Koordinat 04° 03′ 48” LS – 137° 11′ 09”BT





Gunung Kerinci 3.805 Mdpl, Jambi

puncak gunung kerinci
puncak gunung kerinci. foto IG https://www.instagram.com/bocah_kusam/

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera yang terletak di provinsi Jambi, gunung ini juga menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia dan masih termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Sablat.

Gunung Kerinci menjadi tujuan utama para pendaki gunung yang ingin menggapai "atap Indonesia", walaupun sebenarnya gunung tertinggi di Indonesia adalah Cartenz.

Berhubung untuk mendaki gunung tersebut kita membutuhkan peralatan khusus jadi Gunung Kerinci-lah yang menggantikannya, tapi tetap saja untuk mendaki di Gunung Kerinci kita juga membutuhkan fisik dan persiapan matang karena udaranya yang sangat dingin.

Lokasi : Koordinat 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT








Gunung Rinjani 3.726 Mdpl, Lombok

foto puncak gunung rinjani ntb
seven summit indonesia, gunung rinjani. foto : @hakimsunjoyo

Inilah gunung tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali, Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, NTB tepatnya di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Selain itu Gunung Rinjani juga menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia lho.

Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif, di tengah-tengahnya terdapat sebuah danau yang sudah sangat terkenal bernama Segara Anak.

Untuk mendaki di gunung ini kita bisa melalui beberapa jalur, namun hanya dua jalur yang populer di kalangan pendaki, yaitu via Senaru dan Sembalun.

Persiapkan fisikmu sebelum mendaki di gunung Rinjani ya, karena jalurnya yang cukup membuat kaki terasa sangat capek akan senantiasa menemanimu sampai puncak.

Lokasi : Koordinat 8° 25′ LS – 116° 28′ BT







Gunung Semeru 3.676, Jawa Timur

foto oro-oro ombo gunung semeru
seven summit indonesia, gunung semeru. foto : @kristianmanurung 

Inilah atap pulau Jawa yang sudah sangat populer, Gunung Semeru terletak di Malang, Jawa Timur. Untuk mendaki gunung ini kita bisa melalui Desa Ranupani.

Selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Semeru juga terkenal sering memakan korban karena jalur menuju puncaknya yang sangat ekstrim.

Jika kamu belum pernah mendaki gunung sebelumnya, jangan memaksa langsung mendaki di Semeru ya. Cobalah gunung-gunung yang memiliki jalur cukup mudah terlebih dahulu.

Untuk mendaki di Gunung Semeru sendiri kita harus membeli tiket melalui online agar tidak kehabisan karena Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menggunakan sistem kuota.

Lokasi : Koordinat 8° 6′ 28” LS – 112° 55′ 12”

Baca Juga :
Ini dia Seven Summits Java yang harus kamu tahu.






Gunung Latimojong 3.430 Mdpl, Sulawesi Selatan

foto puncak gunung latimojong sulawesi
seven summit indonesia, gunung latimojong. foto : @rinidestaa

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang provinsi Sulawesi Selatan, merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi, Gunung Latimojong memiliki ketinggian yang tak jauh beda dengan Gunung Slamet di Jawa Tengah.

Lokasi : Koordinat 3° 22′ 54” LS – 120° 1′ 43” BT






Gunung Binaiya 3.027 Mdpl, Kepulauan Maluku

foto gunung binaiya maluku
seven summit indonesia, gunung binaiya foto : @soedirga

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, provinsi Maluku, pulau Seram sendiri terkenal dengan keindahan alamnya mulai dari pantai hingga hutan ada di pulau ini.

Ditambah dengan terdapatnya Gunung Binaiya yang menjadikan Maluku sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi.

Gunung Binaiya berada di dalam kawasan Taman Nasional Manusela dengan akses pendakian bisa melewati dua rute yaitu via desa Kanike di sisi utara atau desa Piliana di sisi selatan.

Jarang pendaki yang memasukkan Gunung Binaiya ke daftarnya disebabkan susahnya persyaratan untuk mendaki gunung ini karena kita harus membayar biaya adat, buku tamu, penginapan, pemandu, serta pengangkutan barang.

Lokasi : koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT







Gunung Bukit Raya 2.278 Mdpl, Kalimantan Tengah

foto pemandangan di gunung bukit raya
seven summit indonesia, gunung bukit raya. foto : blogging.co.id

Gunung Bukit Raya merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Ketingan provinsi Kalimantan Tengah.

Sebenarnya pulau Kalimantan memiliki gunung yang lebih tinggi dari Bukit Raya yaitu Kinabalu dengan ketinggian 4.095 mdpl akan tetapi kinabalu masuk dalam wilayah sabah Malaysia.

Lokasi : koordinat 112º 07′ BT dan 00º 24′ LS




Nah, itulah Seven Summits of Indonesia yang bisa kamu masukkan kedalam daftar pendakian selanjutnya, dari gunung-gunung diatas mana saja yang sudah pernah kamu daki dan menjadi favoritmu ?

sumber foto header :akun IG https://www.instagram.com/rizki_ahm/



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar