Air Terjun Sri Gethuk, Unik Dan Cantik


Jogja memang lebih terkenal dengan wisata pantainya, ada banyak sekali pantai-pantai indah yang terdapat di provinsi satu ini, namun siapa sangka selain pantai Jogja juga memiliki wisata alam keren lain yang tak kalah populer.



foto indah pemandangan air terjun sri gethuk
indah dan alami. foto : chocolita10




Wisata alam tersebut adalah Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, selama ini Kabupaten Gunung Kidul lebih terkenal dengan wisata pantai dan goa, namun Air Terjun Sri Gethuk muncul sebagai penambah keberagaman wisata di Gunung Kidul yang semakin memikat wisatawan.

Dinamakan Sri Gethuk karena masyarakat setempat percaya jika lokasi ini merupakan tempat penyimpanan “Kethuk” atau “Gamelan” oleh makhluk halus, yaitu Jin Anggo Meduro, bahkan hingga sekarang dalam waktu tertentu masyarakat masih kerap mendengarnya.

Tapi tenang, dibalik ceritanya yang menyeramkan ternyata Air Terjun Sri Gethuk menyimpan keindahan alam yang tak boleh kamu lewatkan lho, sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun, Air Terjun Sri Gethuk tidak memiliki kolam dibawahnya, namun kolam ini digantikan langsung dengan aliran sungai Oya.




foto air terjun sri gethuk gunung kidul
ada sekitar 3-4 aliran. foto : setapakkecil





Ada sekitar 4 aliran air terjun di kawasan wisata ini, dari keempat tersebut, yang paling kanan adalah yang paling populer, Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekitar 25 meter, cukup pendek memang namun pemandangannya tak kalah indah, bahkan jika beruntung kita bisa melihat pelangi lho.

Ada banyak aktivitas seru berbau air yang bisa kita lakukan disini, mulai dari menyusuri sungai menggunakan rakit, cliff jumping atau melompat dari atas tebing, trekking hingga canyoning, seru bukan? Tapi dari tempat parkir kita tidak akan bisa langsung melihat keindahan air terjun tersebut.

Ada 2 cara yang bisa kita pilih untuk mencapai lokasi air terjun dari tempat parkir, yaitu trekking dengan berjalan kaki melewati sawah dan sungai kecil, atau kamu bisa menyusuri sungai Oya dengan menggunakan rakit sederhana yang sudah disediakan.

Tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti warung makan, tempat parkir dan fasilitas lainnya yang memudahkan pengunjung.

baca juga : uniknya warna air di Kedung Pedut, Jogja ini



foto lompat dari tebing di air terjun sri gethuk jogja
berani lompat? foto : sikakmaru



Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Bisa dibilang akses menuju tempat wisata ini cukup mudah karena sudah terdapat banyak papa penunjuk jalan, Kamu bisa mengikuti rute Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Pertigaan Gading belok kanan – Playen – Sri Gethuk saja.

baca juga : pacu adrenalinmu di tempat wisata seru Gunung Kidul ini



foto keren air terjun sri gethuk jogja
keren ya. foto : sewamotordijogja.com



Tips Berlibur Ke Air Terjun Sri Gethuk :


  • Waktu terbaik adalah saat musim kemarau atau sebelum dan sesudah musim hujan, karena pada saat itu aliran air disini cukup deras dan kita bisa melihat pelangi.
  • Ketika musim hujan aliran air memang cukup besar, tapi warna air akan sedikit keruh karena bercampur dengan tanah.
  • Untuk melihat pelangi, kamu bisa datang diatas jam 1 siang, namun pastikan juga matahari sedang bersinar dengan terang dan cuaca sedang cerah.
  • Pastikan kamu membawa baju ganti ya, karena berlibur ke air terjun jika tidak basah itu tidak seru.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.






Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
  • 36 Km dair pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Imogiri Barat (1 jam 15 menit)
  • 33 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Dlingo Pathuk (1 jam 13 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke air terjun sri gethuk



Wisata Terdekat Dari Air Terjun Sri Gethuk :

Goa Rancang Kencono (2 menit)
Hutan Pinus Dlingo (33 menit)
Kebun Buah Mangunan (35 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »