Skip to main content

Hutan Pinus Imogiri, Spot Fotografi Alam Menarik Di Yogyakarta

Hutan Pinus Imogiri, Mangunan Atau Dlingo ?

Jogja, sebelumnya ada yang perlu kamu tahu, hutan pinus ini terletak di desa mangunan, kecamatan dlingo, namun banyak orang yang lebih mengenal dengan nama hutan pinus imogiri, ini disebabkan karena lokasi dari hutan pinus tersebut masih satu arah dengan makam-makam raja imogiri.

foto hutan pinus imogiri jogja
berjalan sendiri. foto : selfiniautami

Apapun sebutannya, pesona keindahan dari hutan pinus ini memang sangat menarik perhatian, terlebih lagi bagi para fotografer dan anak-anak muda, hutan pinus ini masih termasuk dalam kawasan RPH (Resort Pengelola Hutan).

Di kawasan hutan ini terdapat banyak sekali pohon pinus yang berdiri tegak teratur di tanah seluas kurang lebih 500 Ha, jika kita perhatikan sekilas memang hutan pinus dlingo ini nampak seperti bukit moko di bandung.

Sebelum menjadi tempat wisata populer seperti sekarang, dahulu kawasan mangunan merupakan tanah tandus, lalu diadakan upaya reboisasi dengan menanam pepohonan, salah satunya adalah pinus, hingga akhirnya hutan pinus ini menjadi populer dan banyak didatangi oleh wisatawan yang penasaran atau sedang hunting foto.

foto suasana di hutan pinus imogiri
berkabut menjadikan suasana terlihat dramatis. foto : timy_j

Lokasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi, sinar matahari yang menerobos rimbunnya peohonan pinus menjadi daya tarik tersendiri yang menanti kita untuk diabadikan dalam kamera, banyak juga remaja yang berfoto di kawasan ini, karena menurut mereka lokasinya sangat instagramable.

Biasanya mereka berpose dengan menggunakan aksesoris penunjang seperti hammock dan peralatan camping, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan kamu dikala bosan dengan keramaian kota dan sejenak ingin merasakan ketenangan khas hutan.

foto pemandangan di hutan pinus imogiri
pemandangannya keren ya. foto : obiifahlevii

Layaknya bukit panyaweuyan yang terkenal karena pemandangan khas-nya, hutan pinus dlingo kini ramai dikunjungi saat hari libur dan weekend, terlebih suasananya yang asri sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Rute Menuju Hutan Pinus Dlingo

Akses menuju lokasi juga cukup mudah, ditambah lagi tidak terlalu jauh dari pusat kota jogja, Dari pusat kota jogja ambil arah ke selatan hingga sampai ringroad dan kemudian melewati Jl.Imogiri timur. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan imogiri kemudian belok kiri arah makam raja-raja. Setelah sampai di pertigaan Sebelum makam raja-raja Imogiri, belok ke kanan arah Mangunan.

Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan kalau kekanan kebun buah mangunan, kalau lurus hutan pinus. Ambil lurus (naik), beberapa ratus meter kemudian akan tampak pohon-pohon pinus disebelah kanan jalan dan tempat parkiran di kiri jalan.

foto hammock di hutan pinus imogiri jogja
pakai hammock biar tambah keren. foto : gak_sabar

Tips Saat Berlibur Ke Hutan Pinus Dlingo :

• datanglah saat pagi hari, karena suasana akan terasa tenang dan sejuk.
  • siapkan kamera terbaik kamu.
  • jangan buang sampah sembarangan dan jangan bermain api.
  • kamu bisa mencoba bersepeda menuju kesini sembari berolahraga di pagi hari.

Lokasi :

• Alamat ; Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • 22 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Imogiri (46 menit)
  • 7 km dari Bantul melalui Jl. Mangunan (17 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Wisata Terdekat Dari Hutan Pinus Imogiri :

Balong Waterpark (33 menit)
Air Terjun Sri Gethuk (33 menit)
Hutan Pinus Pengger (14 menit)

Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.