8 Hal Ini Menjadi Alasan Kenapa Kamu Harus Berlibur ke TMII


Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat dengan sebutan TMII merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Jakarta Timur, banyak orang dewasa yang menganggap “kenapa harus berlibur ke TMII? TMII itu untuk anak-anak” dan sebagainya.

foto istana anak anak di tmii
istana anak-anak. foto : puspitaips

Nah, dibawah ini merupakan alasan kenapa kamu "orang dewasa" sekalipun harus sesekali mencoba untuk berlibur ke TMII bersama maupun tanpa keluarga dan anak-anak, apa saja alasan tersebut? Yuk kita simak.


Mudah Dijangkau

Bagi kamu yang berdomisili di Jawa Barat terutama di Jakarta sendiri, tentunya tidak sulit untuk menuju ke TMII, lokasinya yang strategis menjadikan TMII bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jadi kenapa kamu tidak mencoba ke tempat wisata terdekat dahulu sebelum kamu memutuskan untuk berlibur ke lokasi-lokasi yang jauh seperti Lombok dan Bali?

Fasilitas yang Lengkap

TMII dibangun ditanah yang cukup luas, tempat wisata ini juga memiliki banyak sekali spot-spot keren, kecenya lagi TMII didukung dengan berbagai fasilitas yang kian memanjakan pengunjung, bisa dibilang fasilitas umum di TMII cukup lengkap dan terawat, contoh umumnya adalah tempat parkir, mushola, toilet hingga penginapan.

baca juga : daftar taman kota di Jakarta yang cocok untuk nongkrong

Harga Tiket yang Murah

Bisa dibilang tempat wisata TMII memiliki fasilitas yang cukup lengkap, namun hal ini tak menjadikan harga tiket di TMII melambung tinggi, untuk masuk ke kawasan TMII sendiri kita hanya perlu membayar tiket sekitar Rp.10.000/orang (diatas 3 tahun) saja.

Namun, untuk memasuki wahana atau spot-spot keren didalamnya kita akan dikenakan biaya tiket tambahan salah satunya adalah Istana Anak-Anak yang memiliki arsitektur layaknya bangunan di luar negeri.

TMII Sebagai Media Belajar dan Berwisata

Dalam sejarahnya TMII dibangun sebagai media untuk mengenalkan budaya di seluruh Indonesia, di tempat wisata satu ini kita bisa mengetahui semua budaya khas dari provinsi-provinsi di Indonesia, misal kamu ingin melihat budaya khas Minangkabau, kamu tinggal menuju ke Anjungan Sumatera Barat.

Bagaimana dengan Jakarta? Walaupun TMII terletak di Jakarta, jika kamu penasaran apa sih budaya khas Jakarta itu, kamu tinggal menuju ke Anjungan Jakarta, disana kita bisa menemukan rumah tradisional khas betawi yang sekarang jarang kita temui.

Tidak hanya itu, di TMII juga terdapat sebuah danau dimana ditengah danau tersebut terdapat miniatur peta Indonesia, jadi bagi kamu yang tidak punya waktu berkeliling Indonesia secara langsung, cukup datang ke TMII kamu sudah bisa melihat seluruh budaya khas Indonesia di satu tempat.

baca juga : daftar tempat menarik di Jakarta yang harus kamu datangi

Lokasi Keren Untuk Berburu Barang Antik dan Barang Tradisional

Bagi para pecinta barang-barang tradisional, TMII menjadi destinasi favorit karena di kawasan ini terdapat sebuah tempat bernama Desa Seni yang memamerkan barang barang tradisional seperti wayang kulit, wayang golek, keris, lukisan hingga batik.

Tak hanya itu, bagi kamu kolektor barang antik kamu bisa masuk ke bagian Pasar Buku Langka, disitu kita bisa menemukan buku-buku langka yang sudah sangat jarang ditemukan di luar sana, lokasi Pasar Buku Langka ini terletak di sebelah kiri Anjungan Papua.

Sudah Sering Melihat Budaya dari Berbagai Daerah di Indonesia? Kenapa Tidak Coba Melihat Koleksi Flora dan Fauna Saja

TMII tidak hanya mempertunjukkan budaya-budaya khas dari seluruh provinsi di Indonesia saja, tapi di tempat wisata murah meriah ini juga terdapat lokasi dimana kita bisa melihat berbagai macam koleksi flora dan fauna.

Mulai dari taman reptil, kupu, dunia air tawar, bekisar, burung, hingga taman melati, taman bunga keong mas, taman apotik hidup, dan taman kaktus bisa dinikmati secara bebas, tentunya akan menambah wawasan kita tentang alam bukan?

Lokasi Favorit Untuk Berwisata Bersama Keluarga

Inilah salah satu alasan kenapa TMII selalu ramai dikunjungi wisatawan, TMII memang diperuntukkan untuk lokasi wisata bersama keluarga dan anak-anak, karena disini anak-anak bisa belajar mengenai budaya Indonesia, jadi jika kamu sudah mempunya anak maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya berlibur akhir pekan di TMII.

Fotografer Wajib Datang Ke TMII

Lokasinya yang luas dan banyaknya spot-spot keren menjadi alasan bagi kamu pecinta fotografi untuk datang ke TMII, disini kamu bisa mengambil foto dalam berbagai konsep, mulai dari landscape, potrait, BW, hingga culture, keren kan?

baca juga : daftar tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negri



Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus berlibur ke TMII sekalipun kamu sudah dewasa, tidak hanya berekreasi saja tapi kita juga mendapatkan ilmu tambahan mengenai Indonesia yang akan membuat kita makin cinta tanah air.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »