Skip to main content

Gunung Sepikul, Gunung Api Purba Versi Sukoharjo

Sukoharjo, sebuah Kabupaten yang terletak tak jauh dari Solo, Karanganyar dan Klaten ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata keren lho.

foto bukit sepikul sukoharjo
mirip gunung api purba kan? foto : @agendasolo

Walaupun Kabupaten Sukoharjo tak terlalu besar tapi wisata disini terutama wisata alamnya memawarkan keindahan yang mempesona.

Salah satu tempat wisata alam di Sukoharjo yang cukup populer adalah Gunung Sepikul.




Apa yang Menarik di Gunung Sepikul ?

Apa kamu tahu mengenai Gunung Api Purba di Jogja ? jika kamu tahu, mungkin kamu bisa membayangkan pemandangan dari tempat wisata ini.

foto pemandangan di pucak gunung sepikul
indah ya. foto : @wisnuairmas

Gunung Sepikul atau biasa disebut juga Bukit Sepikul memang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan Gunung Api Purba Nglanggeran tadi.

Selain itu Gunung Sepikul juga memiliki beberapa nama lain, seperti Situs Danyangan dan Komplek Batu Seribu.

Terserah kamu mau memanggilnya apa, yang pasti saat berkunjung ke Sukoharjo kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata satu ini.

Ditambah lagi, Bukit Sepikul juga sangat cocok dijadikan lokasi untuk melihat sunset lho.

Ketika senja datang, disitulah keindahan alam Gunung Sepikul mulai terlihat, selain itu terdapat beberapa spot keren lain yang juga harus kamu kunjungi di kawasan wisata alam Gunung Sepikul.

Diantaranya :

  • Watu Jaran, 
  • Watu Kandang, 
  • Watu Tinggik, 
  • Watu Pawon, dan 
  • Watu Tumpuk.


Nah dari beberapa spot tersebut, Watu Tumpuk adalah spot favorit wisatawan.

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Sepikul kita harus mendaki bukit tersebut yang memiliki kemiringan sekitar 40 – 60 derajat, walaupun begitu, ternyata jalur pendakian di Gunung Sepikul ini tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15 - 30 menit saja untuk bisa sampai di puncak Gunung Sepikul, bahkan bisa lebih cepat, tergantung cara berjalanmu.

Sesampainya di puncak kita bisa melihat pemandangan alam Sukoharjo, mulai dari sawah, hutan hingga gunung Merbabu yang nampak samar-samar.

sunset di gunung sepikul
menjelang sunset di gunung sepikul. foto : @uria_aerial




Sejarah Gunung Sepikul

Sedikit sejarah mengenai Gunung Sepikul, menurut cerita pada zaman dahulu Bukit Sepikul merupakan bebatuan yang digunakan Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 Candi atas perminatan Roro Jonggrang.

Namun karena tipu daya Roro Jonggrang, bebatuan tersebut ditinggal begitu saja oleh Bandung Bondowoso yang kini bebatuan tersebut dikenal dengan nama Gunung Sepikul.

Baca Juga :
daftar tempat wisata keren di Sukoharjo



foto keren bukit sepikul
fotogenik banget nih. foto : @rahmad_38



Harga Tiket Masuk Gunung Sepikul:
Rp. 2.000/motor
Rp. 5.000/mobil


Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan kamu bisa mencarinya di pusat kota Sukoharjo, karena sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar Gunung Sepikul.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
  • 20 Km dari pusat Kota Sukoharjo melalui Jl. Raya Solo-Wonogiri (36 menit)
  • 30 Km dari pusat Kota Surakarta (Solo) melalui Jl. Raya Solo-Wonogiri (58 menit)
  • 28 Km dari pusat Kota Klaten melalui Jl. Cawas-Weru (51 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Gunung Sepikul

#Dari Arah Wonogiri
Apabila kamu dari Wonogiri, kamu bisa melalui Jl.Solo-Wonogiri, Setibanya di pintu masuk Kota Wonogiri, atau di Patung Kereta Nyi Roro Kidul, berbelok ke arah kanan sejauh 5 km. Setelah menemui gerbang Objek Wisata Batu Seribu, berbelok ke arah kiri sampai mendapati papan petunjuk arah menuju Gunung Sepikul.

#Dari Arah Solo
Sedangkan jika kamu dari arah Solo dan sekitarnya, kamu bisa melalui Terminal Induk Wonogiri dengan melewati jalur alternatif Wonogiri - Jogja. Cukup ikuti jalan nanti kamu akan menemukan Gapura Objek Wisata Seribu Batu di kiri jalan.

Silahkan masuk ke gapura tersebut, tetap ikuti jalan hingga kamu menemukan pertigaan dengan petunjuk arah Bukit Sepikul, ikuti petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi.





Tips Berlibur Ke Bukit Sepikul :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat sore hari, selain tidak terlalu panas, pemandangan matahari tenggelamnnya juga sangat indah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan persiapkan fisik.






Lihat peta cara menuju ke bukit sepikul




Wisata Terdekat Dari Bukit Sepikul (- 1 Jam):

Wisata Alam Batu Seribu (6 menit)
Wisata Alam Batu Seribu merupakan salah satu wisata alam yang sudah cukup populer di Sukoharjo, di tempat wisata ini kita bisa menemukan banyak sekali bebatuan, karena itu dinamakan Batu Seribu.

Waduk Gadjah Mungkur (40 menit)
Waduk Gajah Mungkur adalah ikon wisata di Wonogiri, layaknya Kedung Ombo di Grobogan, Waduk Gajah Mungkur juga selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang bersama keluarga.





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar