Bukit Sepikul, Gunung Api Purba Versi Sukoharjo


Sukoharjo, sebuah Kabupaten yang terletak tak jauh dari Solo, Karanganyar dan Klaten ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata keren lho, walaupun Kabupaten Sukoharjo tak terlalu besar tapi wisata disini terutama wisata alam memawarkan keindahan yang mempesona.


foto bukit sepikul sukoharjo
mirip gunung api purba kan? foto : agendasolo


Salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang cukup populer adalah Bukit Sepikul, apa kamu tahu mengenai Gunung Api Purba di Jogja ? jika kamu tahu maka mungkin kamu bisa membayangkan pemandangan dari tempat wisata ini.

Bukit Sepikul memang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan Gunung Api Purba Nglanggeran tadi, selain itu Bukit Sepikul memiliki beberapa nama lain, juga dikenal dengan nama Situs Danyangan dan Komplek Batu Seribu.

Terserah kamu mau memanggilnya apa, yang pasti saat berkunjung ke Sukoharjo kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata satu ini, Bukit Sepikul juga sangat cocok dijadikan lokasi untuk melihat sunset lho.


foto pemandangan di pucak gunung sepikul
indah ya. foto : wisnuairmas



baca juga : Ranto Canyon, Grand Canyon versi Jawa Tengah

Ketika senja datang, disitulah keindahan alam Bukit Sepikul mulai terlihat, selain itu terdapat beberapa spot keren yang harus kamu kunjungi di kawasan Bukit Sepikul, diantaranya Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon, dan Watu Tumpuk, nah dari beberapa spot tersebut, Watu Tumpuk adalah spot favorit wisatawan.

Untuk bisa sampai ke puncak kita harus mendaki bukit tersebut yang memiliki kemiringan diantara 40 – 60 derajat, jadi persiapkan fisikmu dulu ya guys, sesampainya di puncak kita bisa melihat pemandangan alam Sukoharjo, mulai dari sawah, hutan hingga gunung Merbabu yang nampak samar-samar.

Sedikit sejarah mengenai Bukit Sepikul, menurut cerita pada zaman dahulu Bukit Sepikul merupakan bebatuan yang digunakan Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 Candi atas perminatan Roro Jonggrang, namun karena tipu daya Roro Jonggrang, bebatuan tersebut ditinggal begitu saja oleh Bandung Bondowoso yang kini bebatuan tersebut dikenal dengan nama Bukit Sepikul.

baca juga : daftar tempat wisata keren di Sukoharjo


foto keren bukit sepikul
fotogenik banget nih. foto : rahmad_38




Rute Menuju Bukit Sepikul

Bisa diakses dari Jl.Solo-Wonogiri, Setibanya di pintu masuk Kota Wonogiri, atau di Patung Kereta Nyi Roro Kidul, berbelok ke arah kanan sejauh 5 km. Setelah menemui gerbang Objek Wisata Batu Seribu, berbelok ke arah kiri sampai mendapati papan petunjuk arah menuju Bukit Sepikul.

baca juga : wisata alam Posong, spot keren untuk melihat megahnya gunung Sindoro



Tips Berlibur Ke Bukit Sepikul :


  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat sore hari, selain tidak terlalu panas, pemandangan matahari tenggelamnnya juga sangat indah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan persiapkan fisik.



Harga Tiket Masuk :
Gratis (hanya membayar parkir)
Rp. 2.000/motor
Rp. 5.000/mobil

Update Juli 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun


Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan kamu bisa mencarinya di pusat kota Sukoharjo.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • 20 Km dari pusat Kota Sukoharjo melalui Jl. Raya Solo-Wonogiri (36 menit)
  • 30 Km dari pusat Kota Surakarta (Solo) melalui Jl. Raya Solo-Wonogiri (58 menit)
  • 28 Km dari pusat Kota Klaten melalui Jl. Cawas-Weru (51 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Lihat peta cara menuju ke bukit sepikul



Wisata Terdekat Dari Bukit Sepikul

Wisata Alam Batu Seribu
Waduk Gadjah Mungkur

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »