Skip to main content

Info & Tips Lengkap Pendakian Gunung Merbabu (Semua Jalur)

foto keindahan puncak gunung merbabu

Gunung Merbabu terletak di kabupaten Magelang, Boyolali dan Salatiga, Jawa Tengah, banyak pendaki yang bilang jika Gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah, bukan tanpa alasan, Gunung Merbabu memang menawarkan pemandangan yang mempesona dan terbilang cukup komplit.

Jika kalian pernah mendaki di Gunung Merbabu, apalagi melalui jalur selo, pasti kalian akan memiliki pendapat yang sama, Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl.

Gunung Merbabu juga tercatat pernah meletus tahun 1560 dan 1797.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Di Gunung Merbabu sendiri terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa kita gunakan, diantaranya :
Jalur Merbabu via Chuntel di Chuntel Magelang
Jalur Merbabu via Thekelan di Kopeng Salatiga
Jalur Merbabu via Selo di Selo Boyolali
Jalur Merbabu via Gancik di Selo Boyolali
Jalur Merbabu via Wekas di Wekas Magelang
Jalur Merbabu via Grenden di Pakis Magelang
Jalur Merbabu via Suwanting di Suwanting Magelang

*klik di jalur yang kamu cari untuk info lebih lengkapnya.

Nah, dari beberapa jalur diatas, jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur paling favorit bagi pendaki, setelah itu disusul oleh jalur via Suwanting di Magelang.

Bukan tanpa alasan kenapa banyak pendaki lebih memilih melalui jalur pendakian via Selo, Boyolali ketika mendaki Gunung Merbabu.

Selain treknya yang sedikit lebih mudah daripada jalur lainnya, pemandangan yang ditawarkan jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo memang sangat indah, mulai dari hutan homogen, hutan pinus, padang sabana, pemandangan gunung merapi yang sudah bisa dilihat dari pos 3, hingga kebun bunga edelweis sepanjang jalur hingga puncak.

Gunung Merbabu memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Syarif (3.119 mdpl) Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi (3.142 mdpl), bisa dibilang Gunung Merbabu memiliki ketinggian sudah diatas rata-rata.

Jadi jika kamu baru pertama kali mendaki, terutama di Gunung Merbabu ini disarankan untuk melalui jalur Selo saja, selain jalurnya yang lebih mudah, pemandangan sepanjang jalur juga sangat indah lho.

Gunung Merbabu sendiri walaupun termasuk gunung yang berapi, hal ini terlihat dengan adanya beberapa kawah yang masih menyemburkan asap belerang, seperti kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo yang bisa kita temui jika melalui jalur pendakian via Thekelan.

foto pemandangan gunung merbabu dari gunung andong
view gunung merbabu dari gunung andong

Nah, bagi kamu yang ingin mendaki di Gunung Merbabu, dibawah ini merupakan info mengenai semua jalur pendakian resminya :

Jalur Merbabu via Suwanting :

Basecamp Suwanting – Pos 1 (kurang lebih 30 menit)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 3 jam)
Pos 3 – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1,5 jam)
Total : 7 Jam 30 menit (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di pos 3 sebelum melakukan summit attack pukul setengah 4 pagi.
  • atau jika mau lebih dekat, bisa juga mendirikan tenda di sabana 3 namun cukup berbahaya karena tidak ada penghalang angin.
  • terdapat sumber mata air di jalur pendakian via Suwanting ini, jadi tidak perlu kawatir.
  • kita bisa melihat gunung merapi selama pendakian dan bisa melihat gunung andong ketika sampai di sabana.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Suwanting :

Nah, dari kota Semarang, Salatiga dan sekitarnya, kamu cukup mengikuti rute Kopeng-Ketep Pass saja, selama perjalanan kamu akan melewati beberapa jalur pendakian lainnya, sepetri jalur via Wekas, Thekelan dan Chuntel.

Setelah kamu sampai di pertigaan dimana jika kamu belok kekiri akan menuju Ketep Pass dan apabila lurus menuju ke Kecamatan Candimulyo, Magelang, silahkan ambil arah menuju Ketep Pass (belok kiri).

Setelah sekitar 3 Km dari pertigaan tersebut kamu akan menemukan pertigaan lagi dengan gapura kecil disamping jalan (sebelah kiri) bertuliskan “Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting”.

Namun sayangnya tulisan di gapura kecil ini hanya terlihat jika kamu dari arah Ketep Pass, silahkan ikuti petunjuk tersebut hingga kamu sampai di Basecamp Suwanting.

Sebagai patokan, setelah kamu melewati gapura objek wisata Top Selfie yang berada di sebelah kanan jalan, beberapa kilometer lagi kamu akan menemui belokan kekanan.

Nah, gapura kecil bertuliskan "Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting" ini tepat setelah belokan tersebut dengan jalan berupa cor bukan aspal.

foto pemandangan merbabu via selo
bunga di jalur pendakian gunung merbabu via selo

Jalur Merbabu via Selo :

Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 1,5 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 45 menit)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 3 – Sabana 1 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 1 – Sabana 2 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 2 – Puncak Kenteng Songo/Triangulasi (kurang lebih 1,5 jam)
Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (kurang lebih 30 menit)
Total : kurang lebih 7-8 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di sabana 2 sebelum summit.
  • atau jika kamu ingin lebih dekat, bisa juga mendirikan tenda di watu lumpang, hanya sekitar 15 menit dari sabana 2 namun resiko terkena badai lebih besar karena tidak ada penghalang.
  • di jalur selo tidak ada sumber air, jadi kamu harus membawa perbekalan air lebih banyak ya.
  • trek paling berat adalah pos 3 menuju sabana 1.
  • kita bisa melihat gunung merapi setelah sampai di Pos 3
  • saat ini registrasi jalur selo harus via online melalui situs https://tngunungmerbabu.org/

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Selo

Dari Semarang silahkan menuju ke Salatiga, sesampainya di bundaran Salatiga (Ramayana) kamu pilih arah ke Kopeng hingga bertemu lampu merah pertama.

Nah di lampu merah pertama ini apabila kamu belok kanan akan menuju Kopeng dan jika lurus akan menuju ke Boyolali, kamu lurus saja hingga memasuki Kabupaten Boyolali.

Setelah memasuki Kabupaten Boyolali, lurus saja ikuti jalan besar tersebut, setelah melewati beberapa Pom bensin, kamu akan menemukan Pos Ojek di kiri jalan dimana di depan Pos Ojek tersebut terdapat pertigaan (jalan aspal kecil), masuklah ke pertigaan itu dan ikuti jalan hingga sampai di Basecamp Selo.

Setelah masuk di pertigaan agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke warga sekitar, karena perjalanan masih sangat jauh dan tidak ada petunjuk.

Tansportasi Umum dari Magelang
Jika kamu menggunakan transportasi umum dari Magelang, kamu bisa mengikuti rute dibawah ini :
Naik bus jurusan Yogyakarta-Semarang turun di Blabak (sebelum kota Magelang)

Bus kecil jurusan Boyolali-Selo dan turun di Polsek Selo lalu silahkan menyewa mobil sayur untuk mengantarkanmu ke Basecamp karena lokasi Basecamp Selo masih jauh naik keatas.

Dari Semarang
Bus jurusan Semarang-Solo turun di terminal Boyolali (kota Boyolali) - naik bus ke Pasar Sapi Boyolali - naik bus kecil menuju Pasar Cepogo - bus kecil menuju Selo (turun di Polsek Selo) - naik mobil sayur menuju Basecamp.

Dari Jogja dan Solo
Bus jurusan Solo-Yogya turun di Kartasura
Bus Solo-Semarang turun di terminal Boyolali
Naik bus dari terminal Boyolali menuju Pasar Sapi
Naik bus dari Pasar Sapi menuju Pasar Cepogo
Naik bus lagi dari Pasar Cepogo menuju Selo (turun di Polsek Selo)
Naik mobil sayur menuju Basecamp

Jalur Merbabu via Wekas :

Basecamp – Pos 2 (kurang lebih 3,5 jam)
Pos 2 – Persimpangan kedua (kurang lebih 4 jam)
Persimpangan – Puncak Syarif (kurang lebih 30 menit)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 30 menit)
Total : 8 Jam 30 menit (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • Pos 1 sudah tidak digunakan lagi.
  • pos 2 – persimpangan, disini kita akan bertemu dengan jalur thekelan dan chuntel
  • terdapat air terjun kecil yang bisa digunakan untuk mengisi perbekalan air.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di persimpangan.
  • terdapat trek yang disebut “jalur setan”.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Wekas

Dari Semarang kamu tinggal menuju ke Salatiga saja, tepatnya kearah Kopeng, setelah melewati Kopeng ikuti saja jalan tersebut hingga masuk ke Kabupaten Magelang.

Nah setelah memasuki Kabupaten Magelang, ikuti jalan menuju ke Ketep Pass.

Basecamp Wekas terletak di kiri jalan sebelum kamu sampai di pertigaan antara Ketep Pass dan arah menuju Kecamatan Candimulyo.

Jalur Merbabu via Chuntel :

Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 1 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 1 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 45 menit)
Pos 3 – Pos 4 (kurang lebih 1 jam)
Pos 4 – Pemancar (kurang lebih 1,5 jam)
Pemancar – Persimpangan (kurang lebih 1 jam)
Persimpangan – Puncak Syarif (kurang lebih20 menit)
Persimpangan – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 45 menit)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1 jam)
Total : 8-9 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • terdapat sumber air di jalur pendakian via Chuntel.
  • kita juga akan bertemu persimpangan jalur lainnya, yaitu via wekas dan thekelan.
  • jalur tidak berbeda jauh dengan jalur pendakian via thekelan.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos 4 dan persimpangan.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Chuntel

Untuk menuju ke Basecamp Chuntel sangatlah mudah, kamu tinggal menuju kearah Kopeng saja, nah Basecamp Chuntel sebelum tikungan menuju Kopeng (di kiri jalan, terdapat plang bertuliskan Basecamp Chuntel).

Jadi kamu tidak perlu kawatir terlewat, asal fokus saja mencari papan petunjuk tersebut.

foto indahnya sunrise puncak gunung merbabu
sunrise puncak kenteng songo gunung merbabu

Jalur Merbabu via Thekelan :

Basecamp – Pos Pending (kurang lebih 1 jam)
Pos Pending – Pos 1 (kurang lebih 1 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 1 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 1 jam)
Pos 3 – Pos 4 (kurang lebih 1 jam)
Pos 4 – Pos 5 (kurang lebih 1 jam)
Pos 5 – Puncak Syarif (kurang lebih 1 jam)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1 jam)
Total : 8 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • terdapat sumber mata air.
  • jika melalui jalur via thekelan, kita akan melewati 7 puncak gunung merbabu.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos pemancar atau pos 3.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Thekelan

Untuk menuju ke Basecamp Merbabu via Thekelan, kamu bisa mengikuti rute yang sama dengan cara menuju ke Basecamp Chuntel dan Wekas.

Lokasi Basecamp Thekelan berada di kiri jalan (jika kamu dari arah kota Salatiga) tepat sebelum objek wisata Kopeng (pertigaan sebelum indomaret kiri jalan).

Jalur Merbabu via Gancik

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Gancik merupakan jalur baru dimana untuk sampai di lokasi jalur pendakian kamu hanya perlu menuju ke arah Basecamp Selo saja.

Tepat sebelum perempatan dimana jika kamu kekanan maka akan menuju ke Basecamp Selo dan jika lurus menuju Jalur Pendakian Gancik.

Jalur Gancik ini merupakan jalur baru yang akan menjadi satu dengan jalur Merbabu via Selo di Pos 3, hanya saja jika melalui Jalur Gancik bisa lebih menghemat waktu daripada Jalur Selo, namun treknya lebih berat.

Tips Mendaki Gunung Merbabu :

• pilihlah hari yang tepat, yaitu saat cuaca cerah pada musim kemarau, biasanya pada bulan April-Desember.
  • jika terpaksa mendaki di musim hujan, jangan lupa membawa jas hujan dan sleeping bag.
  • jika melalui jalur selo, jangan lupa untuk membawa perbekalan air minum untuk mendaki dan saat turun karena tidak ada sumber mata air.
  • jangan buang sampah sembarangan, selalu bawa turun sampahmu.
  • jangan melakukan perbuatan vandalisme dengan mencoret coret apapun yang kamu temui.
  • jangan pernah memetik bunga edelweis.
  • jika naik musim kemarau, jangan lupa membawa masker karena akan ada banyak sekali debu.
  • bagi pemula sangat disarankan untuk melalui jalur Selo karena treknya yang lebih ringan.
  • jalur pendakian gunung merbabu, terutama via Selo memang memakan waktu yang cukup panjang, namun jalur lebih didominasi dengan dataran.
  • waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Merbabu adalah saat siang hari pada jam sekitar 10:00-13:00 WIB.

foto sunrise di gunung merbabu
sunrise di puncak gunung merbabu

Gunung Merbabu memang menawarkan paket lengkap bagi pendaki yang beruntung, mulai dari jalur datar, menanjak hingga cukup ekstrim, dibalik itu pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah.

Dari puncak Gunung Merbabu ini kita bisa melihat gunung-gunung lainnya yang menjulang tinggi, seperti gunung kembar sumbing sindoro, prau, andong, telomoyo, ungaran, lawu dan tentunya gunung merapi yang berada di depan mata.

Selain itu padang sabana rumput di Gunung Merbabu juga tak kalah indah lho, ditambah dengan kebun bunga edelweis yang sangat banyak sekali akan menemani perjalanan kita hingga puncak, dan tak lupa juga hutan pinus yang tak kalah cantik.

Siapapun yang sudah pernah mendaki di Gunung Merbabu pasti ingin kembali lagi dan lagi.

Nama: Gunung Merbabu
Ketinggian: 3.142 Mdpl (10.630 kaki)
Lokasi: Kabupaten Magelang (lereng barat), Kabupaten Semarang (lereng utara), Kabupaten Boyolali (lereng timur) , Kabupaten Salatiga (lereng Selatan), Jawa Tengah
Dikelola Oleh: Taman Nasional Gunung Merbabu
Website: http://merbabunationalpark.org
Email : info[at]merbabunationalpark.org
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna: elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, dan lain-lain.

Jadi kapan kamu mendaki ke Gunung Merbabu ?

Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.