Top 22 Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

0 Comments A+ a-

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak tak jauh dari Kabupaten Sukoharjo, tempat wisata di Wonogiri memang masih kalah populer dengan tempat wisata di kota-kota tetangganya.

Namun, ternyata tempat wisata di Wonogiri tak kalah keren dan sayang untuk dilewatkan lho, terutama wisata alam, Wonogiri sendiri terkenal dengan sebutan Kota Gaplek.

Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Gunung Kidul di Jogja menjadikan karakteristik alam di Wonogiri tak jauh berbeda dengan Gunung Kidul yang terkenal dengan banyaknya wisata alam keren.

Nah, bagi kamu yang akan berlibur ke Wonogiri tapi bingung mau kemana, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Wonogiri yang wajib kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah, yuk kita simak.




Omah Jungkir

omah jungkir wonogiri
omah jungkir di wonogiri. foto : @nur182nella

Tempat wisata di Wonogiri pertama yang harus kamu kunjungi, terutama bagi pecinta selfie adalah Omah Jungkir yang terletak di kawasan Waduk Gajah Mungkur.

Omah Jungkir mengusung konsep yang sama dengan Upside Down World Jogja, yaitu berupa ruangan terbalik lengkap dengan perabotannya. Jadi di Omah Jungkir Wonogiri ini kita bisa berfoto dengan pose terbalik.


Bukit Cumbri

foto bukit cumbri wonogiri
yuk melihat indahnya wonogiri ketika diselimuti kabut. foto : @haaliiim

Tempat wisata di Wonogiri kedua adalah Bukit Cumbri, Bukit Cumbri merupakan sebuah bukit yang tak terlalu tinggi, objek wisata alam Bukit Cumbri menawarkan pemandangan yang sangat mempesona lho.

Bukit Cumbri terletak di perbatasan Wonogiri dan Probolinggo, namun jalur pendakian populer adalah di Wonogiri.

Untuk sampai di puncak kita harus mendaki dengan waktu sekitar 1 jam, tergantung kecepatanmu berjalan, tempat wisata Wonogiri satu ini populer setelah foto-foto kerennya tersebar luas di media sosial seperti facebook dan instagram.


baca juga : 
Bukit Cumbri, spot keren untuk melihat sunrise dari ketinggian di Wonogiri




Waduk Gajah Mungkur

foto waduk gajah mungkur wonogiri
pemandangan waduk gajah mungkur. foto : @madeantari

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya merupakan Waduk Gajah Mungkur, siapa yang tidak tahu dengan Waduk Gajah Mungkur.

Semua masyarakat Wonogiri tentunya mengetahuinya, Waduk Gajah Mungkur menjadi tempat wisata paling populer di Wonogiri karena memiliki pemandangan yang indah.

Waduk yang memiliki luas sekitar 8800 Ha ini mengairi persawahan di beberapa Kabupaten lainnya seperti Karanganyar, Klaten, Sragen dan Sukoharjo.

Di waduk yang sangat luas tersebut kita bisa melakukan beberapa hal seperti bersantai di pinggir waduk, berkeliling menggunakan perahu atau hunting foto.

Fasilitas yang tersedia di tempat rekreasi ini juga terbilang lengkap lho, jadi selain berkeliling menggunakan perahu kamu juga bisa menikmati pemandangan dari atas dengan gantole.

Tak hanya itu kamu juga bisa mencicipi ikan-ikan hasil tangkapan di Waduk Gajah Mungkur ini, waduk tersebut juga menjadi salah satu tempat wisata di Wonogiri yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.






Pantai Nampu

foto pantai nampu wonogiri
pantai nampu, wisata di wonogiri yang wajib dikunjungi. foto : @indradharmawan17

Jika kamu pecinta wisata pantai, tenang, sebab karakteristik Wonogiri yang hampir mirip dengan Gunung Kidul menjadikan daerah ini dianugerahi pantai-pantai indah, salah satu pantai indah di Wonogiri adalah Pantai Nampu.

Pantai Nampu memiliki karakteristik khas pantai laut selatan pulau jawa, yaitu pasir putih dan bukit-bukit karst disekelilingnya, keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Nampu menjadikannya sebagai primadona tempat wisata di Wonogiri.

Walaupun terbilang cukup jauh dari pusat kota Wonogiri, yaitu tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, namun keindahan Pantai Nampu selalu menarik hati wisatawan, selain itu aksesnya yang mudah juga menjadi alasan kenapa Pantai Nampu cukup favorit.





Pantai Banyutowo

foto sunrise di pantai banyutowo wonogiri
sunrise di pantai banyutowo. foto : @inirifan

Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Baron di Gunung Kidul, pasti kamu tahu ciri khas dari pantai tersebut, ya, di Pantai Baron terdapat sebuah aliran sungai air tawar yang mengalir langsung ke laut.

Sama halnya dengan Pantai Banyutowo, di tempat wisata Wonogiri satu ini kita juga bisa melihat pertemuan antara air tawar dengan air asin.

Pantai Banyutowo memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona, walaupun masih kalah populer dengan Pantai Nampu tapi nyatanya Pantai Banyutowo tak pernah sepi dari pengunjung lho.





Pantai Sembukan

foto pantai sembukan wonogiri
pemandangan dari atas bukit. foto : @angelina_kusuma

Tempat wisata Wonogiri lainnya, masih dengan objek wisata pantai, di Wonogiri terdapat satu lagi pantai dengan pemandangan alam yang sangat indah, yaitu Pantai Sembukan.

Pantai Sembukan terletak Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, bagi kamu yang menyukai suasana tenang di pinggir pantai, maka kamu wajib berkunjung ke Pantai Sembukan.

Menurut cerita, Pantai Sembukan menjadi gerbang ke-13 dari kerajaan Ratu Pantai Selatan, karena itu ketika malam satu syura Pantai Sembukan selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat upacara Labuhan Ageng.





Pantai Dadapan

pantai dadapan wonogiri
pemandangan di pantai dadapan. foto : @sadullah_hasan

Sebenarnya di Wonogiri terdapat banyak sekali pantai-pantai keren yang bisa kita kunjungi, tapi karena minimnya informasi dan fasilitas membuat pantai-pantai tersebut kurang diminati oleh wisatawan.

Salah satu wisata pantai di Wonogiri yang cukup direkomendasikan adalah Pantai Dadapan. pantai yang terletak di Kecamatan Paranggupito ini memiliki pemandangan alam yang masih alami lho, sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menyukai suasana sepi.

Oh iya, sebenarnya Pantai Dadapan terletak di Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Wonogiri, karena lokasinya yang sangat dekat dengan Wonogiri jadi kami memasukannya kedalam daftar wisata Wonogiri.






Pantai Njujugan

pantai njujugan wonogiri
pemandangan pantai njujugan dari atas tebing. foto : teamtouring.net

Pantai Njujugan terletak di sebelah timur Pantai Dadapan, Pantai Njujugan ini masih termasuk dalam Kabupaten Wonogiri kok.

Di Pantai Njujugan kita bisa melihat pemandangan laut lepas dari atas tebing. Walaupun masih kurang populer, tapi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Njujugan, terlebih bagi kamu pecinta petualangan.






Bukit Gantole

foto bukit gantole wonogiri
mirip pemandangan dari gunung lembu ya. foto : @evan_ehsannudin

Kamu penyuka wisata memacu adrenalin? Nih, salah satu tempat wisata di Wonogiri yang sangat cocok kamu kunjungi, yaitu Bukit Gantole, merupakan sebuah tempat yang menjadi landasan paralayang dan gantole, bukit Gantole ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut.

Objek wisata Bukit Gantole terletak di Desa Sendang, bagi kamu yang takut bermain paralayang pun tak masalah berkunjung kesini, selain bermain paralayang di Bukit Gantole kita juga bisa melihat panorama alam Wonogiri yang sangat mempesona.

Dari puncaknya kita bisa melihat megahnya Waduk Gajah Mungkur dan pemandangan kota Wonogiri dari ketinggian, untuk mendapatkan pemandangan yang indah kamu bisa berkunjung di sore hari, maka pemandangan sunset menawan akan menyambutmu dengan sinarnya yang mulai memudar.





Goa Putri Kencono

foto gao putri kencana wonogiri
yuk menyusuri perut bumi. foto : @saputreea

Tempat wisata di Wonogiri memang tidak hanya menawarkan wisata pantai dan bukit saja, bagi kamu yang tidak terlalu menyukai wisata ketinggian, ada alternatif lain yaitu wisata menyusuri perut bumi.

Di Wonogiri terdapat sebuah goa bernama Goa Putri Kencono yang terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro.

Goa Putri Kencono memiliki luas sekitar 1000 meter, didalam goa ini kita bisa melihat keindahan bebatuan stalagmit dan stalagnit, Goa Putri Kencono juga menjadi salah satu objek wisata di Wonogiri yang cukup favorit, terutama bagi yang menyukai susur goa.

Baca Juga :
mitos dan fakta tentang Gunung Lawu yang harus kamu tahu




Air Terjun Binangun Watu Jadah

foto air terjun watu jadah wonogiri
air terjunnya unik ya. foto : @notobudiyanto

Bosan dengan wisata alam berupa pantai dan pegunungan, kini saatnya kamu mengalihkan pandangan ke wisata alam berupa air terjun, di Wonogiri terdapat banyak sekali air terjun dengan pemandangan yang keren.

Salah satu air terjun yang cukup populer di Wonogiri adalah Air Terjun Binangun Watu Jadah, tempat wisata di Wonogiri ini terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Air Terjun Binangun Watu Jadah memiliki pemandangan dan suasana yang masih alami.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun kita harus berjalan kaki sekitar 1 jam, sesampainya di tempat tujuan kita akan disambut dengan keindahan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini, segarnya air dan sejuknya udara akan membuatmu betah berlama lama.





Air Terjun Setren Girimanik

foto air terjun setren
tertarik kesini? foto : @halabayu

Objek wisata di Wonogiri lainnya adalah Air Terjun Setren Girimanik yang terletak di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, hanya berjarak sekitar 30 km sebelah timur dari kota Wonogiri.

Air Terjun Setren sudah cukup terkenal di Wonogiri, setiap harinya tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan anak muda.

Berbeda dengan Air Terjun Binangun tadi, Air Terjun Setren lebih tinggi namun memiliki pemandangan alam yang hampir sama, kerennya lagi, dikawasan ini kita bisa menemukan tiga air terjun sekaligus.

Yaitu air terjun Manik Moyo yang memiliki tinggi 70 meter, air terjun Tinjo Moyo dengan ketinggian sekitar 30 meter, serta air terjun Condromoyo, Air Terjun Setren Girimanik menjadi salah satu tempat wisata Wonogiri yang tak boleh kamu lewatkan.





Jurug Kemukus

jurug kemukus wonogiri
keren ya air terjunnya. foto : @restu3wi

Jurug Kemukus terletak di Kecamatan Karangtengah, wisata Wonogiri satu ini memang belum terlalu populer baik dikalangan wisatawan luar daerah maupun wisatawan lokal Wonogiri sendiri, padahal pemandangan yang ditawarkan Jurug Kemukus cukup indah dan alami.

Tapi sayangnya untuk bisa menikmati keindahan Jurug Kemukus ini perlu tenaga ekstra, karena kita harus mendaki di tebing berketinggian sekitar 40 meter sebelum bisa sampai di lokasi Jurug Kemukus.






Wisata Wonogiri Alas Khetu


foto sunrise di alas kethu wonogiri
cocok buat hunting foto. foto : @ronindio

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk traveling, di dekat pusat kota Wonogiri terdapat sebuah tempat bernama Alas Khetu, objek wisata di Wonogiri tersebut merupakan sebuah hutan kota yang menjadi paru-paru dan resapan air Kabupaten Wonogiri.

Selain fungsi utamanya tersebut, Alas Khetu juga menjadi tempat wisata murah meriah di Wonogiri, disini kita bisa bersantai menjauh sejenak dari kebisingan kota dengan menikmati udara segar ditengah hutan, tak hanya itu saja, Alas Khetu juga menjadi lokasi penelitian dan observasi lho.






Telaga Rowo Batuwarno

foto telaga rowo wonogiri
telaga rowo batuwarno. foto : www.timlo.net

Wisata di Wonogiri lainnya adalah Telaga Rowo Batuwarno, merupakan sebuah danau yang sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, di objek wisata Wonogiri satu ini kita bisa berkeliling danau menggunakan sepeda air, memancing, hingga menikmati sajian kuliner khas Wonogiri.

Telaga Rowo Batuwarno berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno, objek wisata ini memang sangat diperhatikan oleh Pemerintah setempat menjadikannya terlihat cukup terawat dengan berbagai fasilitas penunjang.





Wisata Wonogiri Telaga Caklet Selogiri

foto telag caklet selogiri wonogiri
nyantai di pinggir danau. foto : @asrinardika

Telaga Ceklet Selogiri merupakan sebuah objek wisata di Wonogiri yang berupa danau buatan dan terletak di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, tempat wisata satu ini biasanya dijadikan sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangan alamnya yang cukup indah.

Biasanya wisatawan yang datang kesini adalah kalangan anak muda dan penyuka kegiatan memancing, walaupun tempat wisata Telaga Caklet Selogiri masih kalah populer dengan objek wisata lainnya.

Tapi tak ada salahnya untuk berkunjung disini, sebab tidak hanya menikmati keindahan danau saja, tapi kita juga bisa bermain outbond lho.




Wisata Wonogiri Museum Karst Dunia

foto museum karst wonogiri
serasa didalam goa beneran ya. foto : @tikionly

Bagi pecinta sejarah dan alam sekaligus, Wonogiri memiliki tempat wisata yang sangat cocok kamu kunjungi, yaitu Museum Karst Dunia.

Di museum ini kita bisa melihat miniatur-miniatur goa dan dataran tanah, selain itu Museum Karst juga menyediakan diorama dan film dokumenter yang bisa kita tonton.

Karst yang berupa pegunungan kapur tersebut membentang dari gunungkidul, pacitan dan sampai ke wonogiri, museum ini dibangun dengan tujuan sebagai media informasi tentang kawasan karst untuk kepentingan edukasi dan penelitian.

Museum Karst Dunia ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, untuk orang-orang yang memandang goa sebagai tempat yang tak menarik, maka kamu wajib datang kesini.

Di Museum Karst pandanganmu tentang goa akan berubah, objek wisata di Wonogiri satu ini sangat cocok untuk berwisata sambil belajar.





Wisata Wonogiri Museum Wayang Indonesia

foto museum wayang wonogiri
yuk mengenal lebih dekat dengan wayang. foto : @lindsnizzle

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya, terdapat sebuah objek wisata bernama Museum Wayang Indonesia yang menampilan berbagai macam koleksi wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suket, topeng dan masih banyak lainnya.

Tempat wisata Museum Wayang Indonesia sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak agar mereka lebih mengenal mengenai wayang tradisional Indonesia yang kini sudah mulai terlupakan.

Museum Wayang terletak di Kecamatan Wuryantoro, Museum juga ini menjadi sarana wisata dan edukasi di Wonogiri.





Wisata Wonogiri Spiritual Kahyangan

foto wisata kahyangan wonogiri
yuk berwisata religi. foto : aliceellis50.wordpress.com

Tempat wisata di Wonogiri tak hanya berupa wisata alam saja, melainkan juga terdapat wisata religi, Wonogiri memang memiliki beraneka ragam jenis wisata.

Salah satu wisata Religi populer di Wonogiri adalah Wisata Spiritual Kahyangan yang pernah menjadi salah satu tempat ritual petilasan Raden Mas Said alias Mangkunegaran I yang dijadikan lokasi meditasi serta ngalap berkah pada hari-hari tertentu.

Pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon setiap bulan Suro, diadakan ritual Sedekah Bumi yang dilanjut dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Wisata Spiritual Kahyangan ini terdapat di Kecamatan Tirtomoyo.





Wisata Wonogiri Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur


foto sendang asri wonogiri
ini bagian luarnya. foto : wngwisata.blogspot.com

Bosan dengan wisata alam dan sejarah, tenang, Wonogiri masih memiliki jenis wisata lainnya yang tak kalah keren untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Sendang Asri, yaitu sebuah waterpark yang berlokasi di Desa Sendang.

Walaupun tidak terlalu luas, namu Sendang Asri memiliki banyak wahana seru yang bisa kita coba seperti lazy river, ember tumpah, dan masih banyak lainnya, uniknya wisata Wonogiri satu ini terletak disebelah Waduk Gajah Mungkur yang menjadikan pemandangan kian menarik.




Wisata Alam Goa Ngantap Wonogiri

goa ngantap wonogiri
pemandangan didalam goa. foto : http://wisata-alam-murah.blogspot.co.id/

Goa Ngantap ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup menarik untuk kita kunjungi, goa yang terletak di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri ini walaupun masih kurang populer namun ternyata memiliki pemandangan yang cukup indah lho.

Karena kurang populernya inilah yang menjadikan pemandangan dan suasana di Goa Ngantap terlihat masih alami, di dalam Goa Ngantap kita bisa melihat cantiknya bebatuan stalagnit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa.





Goa Maria

goa maria wonogiri
patung bunda maria. foto : @jeferyarya

Tempat wisata Wonogiri selanjutnya adalah Goa Maria, kita tahu memang di kota-kota lain terdapat juga wisata bernama Goa Maria.

Goa Maria sendiri sebenarnya adalah sebuah tempat yang digunakan untuk ziarah umat Katolik, tapi tak jarang pula banyak orang datang kesini karena tertarik dengan suasana dan arsitekturnya. Nah, di Goa Maria Wonogiri ini selain terdapat patung Maria juga terdapat sendang yang dipercaya memiliki bermacam khasiat lho.



Baca Juga : 
daftar tempat wisata di Solo yang wajib kamu datangi


Nah, itulah daftar tempat wisata Wonogiri yang wajib kamu kunjungi, dari daftar wisata diatas, mana saja yang sudah kamu kunjungi ?




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments