Curug Jenggala, Air Terjun Cantik dan Romantis di Baturaden, Purwokerto

0 Comments A+ a-

Baturaden merupakan salah satu daerah di Kabupaten Banyumas yang sudah sangat terkenal memiliki banyak tempat wisata alam keren karena secara geografis Baturaden memang terletak di lereng Gunung Slamet, yaitu Gunung tertinggi di Jawa Tengah.

foto curug jenggala
selfie desk curug jenggala. foto : @isnoee

Nah, berbicara mengenai tempat wisata di Baturaden, ada sebuah objek wisata yang pasti akan langsung membuatmu jatuh cinta, yaitu wisata air terjun bernama Curug Jenggala.




Apa yang Menarik di Curug Jenggala Baturaden ?

Curug Jenggala adalah satu dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia yang populer setelah foto-foto kerennya tersebar luas di sosial media, bisa dibilang Curug Jenggala adalah salah satu air terjun terindah di Purwokerto.

foto romantis di curug jenggala
ajak pasangan halalmu biar romantis. foto : @fajariyantt

Curug Jenggala sendiri dikelola oleh KPH Perhutani Banyumas bersama warga desa sekitar, Curug Jenggala memang tidak terlalu tinggi, namun memiliki aliran air yang cukup deras.

Karakteristik dari objek wisata Banyumas satu ini adalah terdapatnya 3 aliran air, dimana air terjun utama berada di tengah dengan aliran paling deras.

Awalnya air terjun ini bernama Curug Tempuan, setelah berdiskusi dengan masyarakat sekitar akhirnya nama tempat wisata ini diganti menjadi Curug Jenggala yang merujuk pada nama juru kunci hutan pada zaman dahulu.

Lokasi dari Curug Jenggala sendiri tidak jauh dari Curug Pengantin, tepatnya berada di bawah jalan menuju Curug Pengantin, jadi jika kamu pernah berkunjung ke Curug Pengantin berarti kamu sudah pernah melewati jalan menuju Curug Jenggala ini.

foto curug jenggala banyumas
pemandangan dari bawah nih. foto : @tyanpam

Curug Jenggala terlihat semakin kece setelah dibuatnya “selfie desk” yaitu sebuah papan berbentuk hati/love tepat di depan air terjun.

Jadi kita bisa berfoto disini dengan background Curug Jenggala, fotomu akan semakin terlihat romantis jika kamu berfoto bersama pasangan.

Tapi tunggu dulu, sebelum kamu bersemangat ingin menuju ke Curug Jenggala, sedikit info buat kamu, untuk bisa sampai di lokasi air terjun atau selfie desk kita harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari tempat parkir dengan berjalan kaki.

Tapi tenang, jalan menuju air terjun sudah ditata rapi kok, jadi memudahkan kita untuk cepat sampai di lokasi air terjun. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan dan sejuknya udara hutan di kawasan wisata Curug Jenggala ini.

Baca Juga : 
daftar tempat wisata keren di setiap Kabupaten di Jawa Tengah


foto pemandangan di curug jenggala
jalan menuju curug jenggala, keren kan pemandangannya. foto : @ani_astuty15




Fasilitas :
Tempat wisata ini masih dalam pengembangan, jadi setiap harinya selalu ada pembaruan fasilitas agar semakin memanjakan pengunjung.

Tapi beberapa fasilitas umum seperti toilet dan tempat ganti baju sudah tersedia kok.


Harga Tiket Masuk Curug Jenggala Purwokerto :
RP. 5.000/orang

Jam Buka :
Pagi – sore

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di kawasan Curug Jenggala, sebagai alternatif kamu bisa mencari penginapan di dekat tempat wisata alam Baturraden atau di pusat kota Purwokerto.




Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Kalipagu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • 4 Km dari pusat Kota Purwokerto melalui Jl. Jatisari (14 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju ke Curug Jenggala Banyumas

Dari Kota Purwokerto (pusat kota Kabupaten Banyumas) kamu tinggal menuju arah tempat wisata alam Baturaden atau Small World Taman Miniatur Dunia di Baturaden saja, setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju arah Curug Bayan dan lurus terus (keatas) menuju Desa Kalipagu, setelah itu ikuti saja jalan menuju lokasi (sudah terdapat banyak petunjuk).





Tips Berlibur ke Curug Jenggala Baturaden, Banyumas :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Jenggala adalah di hari biasa (senin-jumat) karena saat weekend dan hari libur biasanya sangat ramai oleh pengunjung.
  • Jika kamu terpaksa datang di hari libur maka datanglah di pagi hari agar kamu puas berfoto di selfie desk, sebab saat kamu datang di siang atau sore hari (setelah Sholat Ashar), biasanya kamu harus antre dengan pengunjung lainnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor karena kita harus trekking terbelih dahulu untuk sampai di lokasi Curug Jenggala.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.




Lihat peta cara menuju ke curug jenggala



Wisata Terdekat Dari Curug Jenggala (- 1 Jam):

Curug Pengantin (28 menit)
Curug Penganten adalah salah satu air terjun populer di Kabupaten Banyumas, air terjun ini terbilang cukup tinggi dengan debit air yang lumayan deras, bentuk dari Curug Penganten sendiri hampir mirip dengan Grojogan Sewu di Tawangmangu.

Curug Bayan (17 menit)
Curug Bayan terbilang salah satu air terjun yang cukup unik, air terjun ini tidaklah tinggi layaknya air terjun pada umumnya, Curug Bayan hanya memiliki ketinggian beberapa meter saja, yang menjadi daya tarik di tempat wisata tersebut adalah aliran sungai yang mengalir dari Curug Bayan ini.




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments