Baturaden, Wisata Alam Seru yang Ada Di Banyumas


Lokawisata Baturaden, Objek Wisata Populer Di Banyumas





Kabupaten Banyumas, apa yang kamu tahu tentang wisata yang ada di daerah ini ? ya, sebagian besar orang pasti akan menjawab lokawisata baturaden, kawasan wisata baturaden merupakan sebuah resort wisata layaknya gedong songo dan kopeng.



foto keren di baturaden purwokerto 
pemandangannya keren ya. foto : mimsinyk



Di kawasan wisata ini terdapat banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, letaknya yang berada di lereng gunung slamet sebelah selatan dengan ketinggian sekitar 640 mdpl menjadikan udara disini cukup sejuk, sangat cocok untuk kamu yang bosan dengan keramaian kota.

baca juga : berpetualang melihat keindahan pantai molang

Di kawasan wisata baturaden terdapat banyak spot-spot menarik yang bisa kita kunjungi, mulai dari air terjun hingga pancuran pitu (tujuh) dan telu (tiga), pancuran pitu dan telu merupakan sebuah aliran air alami dari bumi yang memiliki suhu cukup panas.

Selain itu bagi kamu yang menyukai aktivitas berbau alam, kamu juga bisa berkemah disini, karena sudah disediakan camping ground yang bisa kita gunakan, lalu apa saja tempat dan aktivitas menarik yang ada di baturaden ?
dibawah ini merupakan tempat-tempat dan aktivitas yang bisa kita lakukan di kawasan wisata baturaden.



Telaga Sunyi



foto jernih air di telaga sunyi 
jernihnya air di telaga sunyi. foto : igocentris




merupakan sebuah mata air yang memiliki air sangat jernih, sayangnya disini kita dilarang untuk berenang, seperti namanya, telaga sunyi adalah tempat yang sangat cocok untuk kita sejenak melepas penat dari keramaian di kota,  merasakan keindahan alam dengan udara sejuk dan gemericik aliran air di telaga ini sangat cocok untuk menjernihkan pikiran.

baca juga : telaga nila, surga tersembunyi di majalengka



Kaloka Widya Mandala


foto suasana kebun raya baturaden 
kebun binatang baturaden. foto : mlakubae.com



merupakan sebuah kebun binatang, di kebun binatang ini terdapat banyak spesies hewan langka dari berbagai negara termasuk indonesia sendiri, lokasi kaloka widya mandala juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi di baturaden.

baca juga : menyatu dengan alam di bamboo village



Teater Alam Baturaden



foto theater alam baturaden berbentuk pesawat 
theater alam berbentuk pesawat. foto : txtravelmds



adalah salah satu tempat unik di kawasan wisata baturaden, tidak seperti teater pada umumnya, teater alam baturaden ini memiliki bentuk layaknya pesawat terbang, teater ini diperuntukkan bagi kita yang belum pernah naik pesawat dan ingin naik pesawat sambil menonton film, namun film disini bukanlah film hollywood, melainkan film dokumenter tentang kehidupan alam di indonesia, tsunami hingga gunung meletus.


Pijat Refleksi

setelah capek seharian berkeliling kawasan wisata ini, cobalah untuk melakukan pijat refleksi di baturaden, tenang, proses pemijatan dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, jadi cukup aman, sangat cocok untuk kita yang sering capek saat berjalan kaki.



Pancuran Pitu Dan Telu



foto pancuran 7 di baturaden 
pancuran 7. foto : eno_ngateno



seperti yang sudah dibahas diatas, pancuran pitu dan telu berasal bahasa jawa yang berarti pancuran tujuh dan tiga, dinamakan seperti itu karena air mengalir dari tujuh dan tiga sumber, letak dari kedua pancuran ini berbeda, namun karakteristiknya hampir sama, aliran air yang mengalir memiliki suhu cukup panas ditambah dengan kandungan belerangnya, kita tahu jika belerang cukup baik untuk kulit kan, jadi cobalah untuk mandi disini.

baca juga : pesona keindagan air terjun tumpak sewu



Camping Ground








foto camping ground bumi perkemahan di baturaden 
lokasi camping ground. foto : diniastrianis



camping ground atau bumi perkemahan merupakan tempat yang akan kita gunakan jika kita ingin berkemah disini, lokasi ini biasa digunakan juga sebagai tempat outbound, jadi jika kamu ingin menginap dengan suasana alam, maka cobalah mendirikan tenda di camping ground baturaden.



Grebeg Syura

jika kamu ingin merasakan suasana berbeda saat berlibur di baturaden, cobalah untuk datang pada saat bulan pertama kalender islam, maka kamu akan menemukan sebuah acara bernama grebeg syura yang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat, saat itu terdapat banyak pertunjukan tradisional yang bisa kita lihat, seperti kuda lumping, calung hingga tari tradisional lengger.

Akses menuju kawasan wisata baturaden sangat mudah, bisa kita kunjungi menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, jika kamu dari terminal purwokerto kamu bisa naik angkutan kota menuju terminal baturaden.

baca juga : yuk berpetualang di green canyon indonesia

Sebagai tempat wisata populer, fasilitas disini cukup memadai kok, jadi tenang saja, dan bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan, untuk penginapan seperti hotel dan villa sendiri, kini sudah ada beberapa hotel di dekat kawasan wisata baturaden yang bisa kita sewa.




Tips Saat Berlibur Ke Baturaden :

  • datanglah saat pagi hari, maka kamu akan merasakan sejuknya udara pagi di dataran tinggi.
  • sebagai tempat wisata populer, jadi cukup ramai saat musim liburan atau weekend.
  • jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk berhati-hati karena jalannya yang naik turun.
  • jangan buang sampah sembarangan.



Lokasi :

  • Alamat ; Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah
  • 15 km dari pusat kota Purwokerto melalui Jl. Raya Baturaden (31 menit)
  • 19 km dari pusat kota Purbalingga melalui Jl. Raya Kutasari-Tobo (33 menit)
  • 35 km dari Ajibarang melalui Jl. Ajibarang-Secang (1 jam 1 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


lihat peta cara menuju baturaden


Wisata Terdekat Dari Baturaden :

Gunung Slamet



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »