Gunung Pancar, Wisata Alam Paling Populer di Bogor

0 Comments A+ a-

Bogor, salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satu wisata di Bogor yang sudah sangat terkenal dan memikat hati adalah Little Venice yang walaupun ternyata Little Venice sebenarnya berada di Kabupaten Cianjur.

gunung pancar bogor
pemandangan di gunung pancar. foto : @abidfaradhitama

Nah, kita lupakan sejenak mengenai Little Venice, masih ada tempat wisata keren lainnya yang tak boleh kita lewatkan, salah satunya adalah Wisata Alam Gunung Pancar.



Apa yang Menarik di Wisata Alam Gunung Pancar Bogor ?

Gunung Pancar adalah sebuah kawasan pegunungan atau dataran tinggi yang berlokasi di Sentul, kawasan Gunung Pancar memiliki karakteristik yang hampir sama dengan wisata Gunung Puntang di Bandung.

hutan pinus gunung pancar
cocok buat ngadem di siang hari nih. foto : @tina_cornelia28

Gunung Pancar sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 800 Mdpl, tidak terlalu tinggi memang, namun udara di kawasan Gunung Pancar terbilang cukup bersih dan segar lho.

Kawasan Gunung Pancar masih termasuk dalam Perum Perhutani, jadi tak heran jika kelestarian alam di tempat wisata Bogor ini cukup terjaga.

Karena kealamiannya tersebut, Gunung Pancar sering dilirik oleh wisatawan dari kota-kota besar yang sudah bosan dengan panas dan semrawutnya perkotaan, jadi mereka lebih memilih untuk “mengungsi” ke wisata alam.

Ada banyak kegiatan yang dapat kita lakukan di wisata Gunung Pancar ini, salah satu kegiatan yang paling digemari oleh wisatawan adalah camping, di Gunung Pancar sudah terdapat camping ground yang bisa kita gunakan untuk berkemah.

camping di gunung pancar
yuk camping seru di gunung pancar. foto : @gunungpancar

Suasananya yang nyaman dengan dikelilingi pepohonan pinus yang menjulang tinggi membuat Gunung Pancar semakin menarik wisatawan pecinta alam.

Berkemah sambil membuat api unggun bersama teman maupun keluarga akan membuat hubunganmu kian erat.

Baca Juga :
daftar wisata populer di Indonesia, mana favoritmu?

Selain camping kita juga bisa hiking dan bersepeda mengelilingi hutan di Gunung Pancar ini, trek yang disediakanpun juga tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah, bisa dibilang sangat pas.

Tidak mau camping? Kamu bisa mencoba glamping, glamping adalah camping versi mewah, yaitu semua kebutuhan sudah disediakan oleh pihak pengelola Gunung Pancar, bisa dibilang kita tinggal “nerima bersihnya saja”.

Nah, setelah puas berkegiatan seharian tentunya tubuh kita akan terasa lelah, tenang, di area Gunung Pancar juga terdapat pemandian air panas lho. Jadi kita bisa merilekskan tubuh setelah berkegiatan seharian.

Di kawasan Gunung Pancar kita bisa menemukan berbagai jenis tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, dan Saninten, jadi selain untuk wisata Gunung Pancar juga bisa dijadikan sebagai spot hunting foto keren di Bogor.

Hutan pinus di Gunung Pancar ini sangat mirip dengan Hutan Pinus Imogiri di Jogja lho, bukan hanya tanaman saja.

Bahkan jika kamu beruntung kamu bisa menemukan kera, owa, surili, jelarang, ayam hutan, elang, hingga babi hutan lho. Seru kan?

Baca Juga :
daftar tempat wisata di Bogor yang wajib kamu kunjungi

glamping di gunung pancar
ini yang namanya glamping. foto : @jumaidiarif


Legenda di Gunung Pancar Bogor

Oleh masyarakat lokal, Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yang pertama kali dibuat. Konon ketika bumi diciptakan, belum ada yang namanya gunung dan bumi.

Oleh karena itu di bumi sering terjadi gempa. Melihat keadaan bumi yang tidak stabil, kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang.

Inilah sebab mengapa gunung ini dikenal dengan nama “Pancar”, yang artinya “muncul yang pertama”.


hammock di gunung pancar
hammcok di gunung pancar. foto : @dailymarkus






Fasilitas :
  • Penginapan
  • Camping Ground
  • Pemandian Air Panas
  • Tempat Parkir
  • Trek Hiking
  • Tempat Makan
  • Dan masih banyak lainnya.



Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor :
Rp. 7.500/orang
Rp. 15.000/mobil
Rp. 5.000/motor

Sewa Hammock :
Rp. 20.000/pcs

(untuk masuk ke pemandian air panas, kita akan dikenakan biaya tiket lagi karena pengelolanya yang berbeda)


Jam Buka :
24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Gunung Pancar sudah dilengkapi dengan penginapan, atau jika kamu ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam kamu juga bisa camping disini.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  • 23 Km dari pusat Kota Bogor melalui Jl. MH Tamrin (43 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Gunung Pancar Bogor

Akses menuju Gunung Pancar bisa dibilang cukup mudah, dari Jakarta atau pusat Kota Bogor kamu tinggal melalui Jalan Tol Jagorawi dengan keluar melalui Tol Sentul Selatan saja. Setelah keluar gerbang tol kamu akan melihat Bellanova Mall.

Dari situ jika kekanan kamu akan menuju Bogor sedangkan bila kekiri menuju Sentul City, silahkan kamu belok kekiri melalui Jl. MH. Tamrin. Dari Jalan MH Tamrin ini ikuti saja petunjuk menuju The Jungleland hingga kamu menemukan gerbang masuk wisata tersebut.

Di depan gerbang terdapat jalan kekanan, silahkan lewat jalan tersebut hingga kamu menemukan loket Tempat Wisata Alam Gunung Pancar.





Tips Berlibur ke Gunung Pancar Bogor :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Gunung Pancar adalah saat musim kemarau dan di hari biasa, sebab jika kamu datang di hari libur dan akhir pekan, maka akan cukup ramai oleh wisatawan.
  • Setiap area memiliki tiket tersendiri, jadi harap hati-hati dan selalu bertanya sebelumnya ya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Untuk menuju ke Gunung Pancar tidak bisa menggunakan transportasi umum, jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi.
  • Hati-hati terhadap pungutan liar.




Lihat peta cara menuju ke gunung pancar




Wisata Terdekat Dari Gunung Pancar Bogor (-1 Jam):

The Jungleland (43 menit)
Jungleland adalah sebuah taman wisata yang sudah sangat populer di Bogor, di objek wisata ini terdapat berbagai jenis wahana seru yang dapat kita coba, wisata ini sangat cocok untuk mengisi akhir pekanmu.

Curug Bidadari (5 menit)
Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari adalah salah satu air terjun paling populer dan terindah di Bogor, selain menawarkan keindahannya, wisata Curug Bidadari juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memanjakan wisatawannya lho.


loading...
loading...