Top 19 Tempat Wisata Populer di Bogor yang Wajib Dikunjungi


Kamu berdomisili di Jawa barat ? tentunya sudah tahu dong tentang Bogor yang terkenal dengan udara sejuknya karena berada di dataran tinggi, nah bagi kamu yang mencari tempat wisata keren namun tidak ingin pergi jauh-jauh, kenapa tidak coba datang ke Bogor saja.

Di Bogor terdapat banyak sekali tempat wisata menarik dan populer dikalangan wisatawan, nah dibawah ini adalah daftar tempat wisata populer di Bogor yang wajib kamu kunjungi saat sedang berada di kota ini, apa sajakah itu ? yuk kita simak.



Berkeliling Dunia di Little Venice, Miniatur Luar Negeri yang Kece Banget


foto cantik di little venice bogor
yuk naik gondola. foto : anapamela




Bagi kamu yang mencari tempat wisata mirip luar negeri di Bogor, maka Little Venice harus kamu kunjungi, tempat wisata satu ini menawarkan keindahan arsitektur luar negeri terutama kota Venesia di Italia.

Disini kita bisa berkeliling naik gondola yang merupakan transportasi utama di Venesia, tidak hanya gondola saja, namun Little Venice juga menawarkan wahana seru lainnya seperti banana boat, perahu, kapal misisipi hingga sepeda air.

baca juga : Little Venice, wisata mirip luar negeri di Bogor


Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor Siap Menyambutmu



foto kebun raya bogor dan istana bogor
banyak rusanya bro. foto : wikiwisata.com



Jika kita membahas tentang tempat wisata populer di Bogor maka tak lepas dari Kebun Rayanya, objek wisata ini sudah menjadi ikon wisata di kota Bogor, di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon yang membuat udara disini cukup segar.

Salah satu spot populer di Kebun Raya Bogor adalah danaunya, untuk menuju ke danau ini kamu tinggal menyusuri jalan menuju ke arah belakang, maka kamu akan melihat sebuah danau kecil yang terlihat sangat cocok untuk bersantai.

Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit bagi masyarakat lokal maupun luar daerah yang sedang berkunjung di “kota hujan” ini, ditambah lagi terdapat sebuah istana yang bernama Istana Bogor, istana ini masih termasuk dalam kawasan Kebun Raya.

Di dalam istana terdapat banyak sekali koleksi seni yang bisa kita lihat, mulai dari seni lukis, patung hingga keramik, jadi bagi kamu yang menyukai hal-hal berbau seni, maka wajib hukumnya untuk masuk ke istana bogor ini.

baca juga : ini dia keindahan bukit panyaweuyan di argapura majalengka



Situ Gede, Wisata Murah Meriah Namun Memiliki Pemandangan yang Cukup Indah


foto situ gede bogor
yuk nyantai di pinggir danau. foto : junjunzaen



Situ Gede merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 6 hektar, Situ Gede merupakan sebuah tempat wisata harian karena setiap harinya disini selalu didatangi oleh pengunjung yang ingin bersantai atau memancing.

Pemandangan di Situ Gede memang tidak terlalu indah, namun tetap saja objek wisata satu ini patut direkomendasikan karena sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat nongkrong bersama teman atau pasangan, kamu bisa berkeliling danau menggunakan perahu atau hanya berjalan jalan santai di pinggir danau saja.

baca juga : situ gunung, danau buatan yang indah







The Jungle Water Adventure Siap Mengajakmu Basah Basahan



foto the jungle water bogor
ayo berseluncur! foto : www.tempatwisatadibogor.net


Bagi kamu yang menyukai wisata seperti waterboom, The Jungle Water Adventure adalah pilihannya, sama halnya dengan kebanyakan waterboom pada umumnya, di objek wisata ini juga terdapat banyak wahana seru yang bisa kita coba.

Selain itu The Jungle Water Adventure memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan view pegunungan disekitarnya seperti gunung Gede Pangrango dan gunung Salak, ditambah lagi terdapat arena permainan khusus anak, jadi tempat wisata ini bisa menjadi pilihan saat berwisata bersama keluarga.

baca juga : Jogja Bay, waterpark terbesar di Indonesia


Air Terjun Bidadari, Air Terjun Dengan Kolam dan Batu Unik


foto air terjun bidadari bogor sentul
yuk ajak anak anak kesini. foto : yanisyahril


Air terjun Bidadari termasuk dalam kawasan Sentul Paradise Park, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 meter dengan air yang bersumber langsung dari sungai diatasnya, uniknya tepat dibawah air terjun terdapat sebuah kolam buatan dan sebuah batu yang bentuknya menyerupai meteor.

Batu meteor tersebut terbelah menjadi dua, tepat di belahan batu terdapat sebuah jembatan yang menjadi jalan utama untuk menuju ke bawah air terjun, selain itu juga terdapat perosotan layaknya di waterboom, tapi apabila kamu ingin kesini disarankan untuk lebih berhati hati ya karena kadang terdapat pungutan liar.

baca selengkapnya : pesona keindahan air terjun bidadari, sentul paradise park




Taman Safari Indonesia, Tempat Wajib Dikunjungi Saat Sedang Berwisata Bersama Keluarga



foto singa di jalan taman safari
hati hati ada singa di jalan! foto : specindo.com


Di Taman Safari Indonesia terdapat kurang lebih 2.5000 spesies hewan baik dari Indonesia maupun mancanegara, Taman Safari Indonesia menjadi destinasi favorit bagi pengunjung yang sedang mengajak anak-anak agar bisa belajar mengenai hewan.

Di Taman Safari Indonesia kita bisa berkeliling menggunakan mobil, selain menggunakan mobil kita juga bisa menggunakan kereta gantung, salah satu spot populer di Taman Safari Indonesia adalah Baby Zoo, selain itu pihak Taman Safari Indonesia juga menyediakan wisata malam, jadi kita bisa melihat aktivitas hewan di malam hari.

baca juga : yuk belajar dan bermain di Kebun Raya Bedugul




Taman Wisata Matahari, Bukan Cuma Bermain Namun Juga Memberikan Edukasi


foto padle boat di taman wisata matahari
yuk main padle boat. foto : taman-matahari-puncak.blogspot.com


Kebanyakan tempat wisata di Bogor memang didominasi oleh tempat wisata keluarga, tak lepas juga dengan Taman Wisata Matahari, di kawasan Taman Wisata Matahari terdapat banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba bersama anak-anak.

Bisa dibilang objek wisata satu ini memang diperuntukkan untuk semua kalangan atau semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa, beberapa wahana populer disini seperti flying fox, ATV, arum jeram, mini outbond hingga berkeliling menggunakan perahu.

Selain itu terdapat juga argo wisata sawah dan perkebunan yang sangat cocok bagi kamu untuk menambah pengetahuan seputar perkebunan, ditambah lagi terdapat juga area permainan yang dikhususkan untuk anak-anak, menjadikan Taman Wisata Matahari cukup lengkap.

baca juga : berani masuk ke Labirin Coban Rondo ?


Memanjakan Tubuh di Tirta Sanita Ciseeng


foto pemandian air panas tirta sanita ciseeng
kesini yuk. foto : www.goindonesia.com


Lelah berkeliling kota Bogor atau badan terasa capek setelah bekerja seharian, kini saatnya memanjakan badanmu di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Tirta Sanita Ciseeng merupakan sebuah pemandian air panas yang tidak hanya menawarkan sensasi berendam dan bersantai saja, melainkan juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah lho.

Bukan hanya pemandian dan pemandangan indah saja yang ada di tempat wisata ini, melainkan juga terdapat lokasi outbond yang menjadikan wisatamu makin seru, selain pemandian terbuka, Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan pemandian tertutup yang berupa bilik-bilik. Pemandian tertutup yang terbagi menjadi kelas biasa dan VIP, Bogor yang berada di dataran tinggi tentu udaranya cukup dingin, jadi tempat wisata satu ini sangat cocok kamu kunjungi.



Bosan Dengan Tirta Sanita Ciseeng? Yuk ke Air Panas Ciparay Aja


foto pemandian air panas ciparay bogor
kesini pas sepi ya guys. foto : www.jalanpoto.com



Selain Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, di Bogor masih terdapat pemandian lainnya yang tak kalah populer, yaitu Pemandian Air Panas Ciparay yang terletak di kaki gunung Salak, untuk menikmati hangatnya pemandian ini telebih dahulu kita harus berjalan kaki menuruni sekitar 400 anak tangga.

Semua lelahmu akan terbayar dengan suasana dan hangatnya pemandian Ciparay ini, lokasinya yang dikelilingi pepohonan hijau dan aliran air yang berasal dari bambu menjadikan suasana kian tenang, apalagi jika kamu datang di hari biasa yang tidak banyak pengunjung.



Belajar dan Berwisata di Taman Mekarsari


foto kebun buah mekarsari bogor
patung buah di mekarsari. foto ayudwi



Taman Mekarsari merupakan sebuah tempat wisata di Bogor yang mengusung tema edukasi, awalnya, Taman Mekarsari berkonsep sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan, namun konsep ini kemudian ditambah menjadi areal konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi.

Kerennya lagi Taman Mekarsari memiliki sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon, termasuk di antaranya tanaman rempah, tanaman biofarmaka, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung.

Bukan hanya itu saja, objek wisata Taman Mekarsari juga menyediakan fasilitas seru lainnya, seperti wahana sepeda air, banana boat, kano, pemanciang, perahu nagadan aqua bike, bahkan di kawasan ini juga terdapat kolam arus terpanjang di Indonesia lho, yaitu sepanjang 600 meter.



Belajar Sejarah Binatang di Museum Zoologi Yuk



foto hewan di museum zoologi
kerangka hewan apa ini ? foto : safiraamanda


Museum Zoologi masih satu kawasan dengan Kebun Raya Bogor, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan hewan hewan langka maka kamu perlu berkunjung di Museum Zoologi ini, di dalam Museum Zoologi terdapat sekitar 650 jenis mamalia, 1.100 jenis burung, 600 jenis reptil dan jug aikan, 700 invertebrata dan juga 10.000 jenis serangga.

selain itu koleksi satwa tersebut juga dibagi menjadi beberapa ruangan yang memudahkan pengunjung untuk melihatnya, diantaranya Ruangan Burung 1 dan 2, Ruangan Mamalia, Ruangan Reptil dan Amphibi, Ruangan Kerangka Ikan Paus, Ruangan Serangga dan Ruangan Ikan Molusca.

Dengan harga tiket yang murah dan banyaknya koleksi hewan menjadikan Museum Zoologi selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan pelajar dan mahasiswa, tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak juga lho.



Mengenal Budaya Tradisional di Kampung Budaya Sindangbarang


foto kampung budaya sindangbarang bogor
pencak silat di sindangbarang. foto : kp-sindangbarang.com



Mencari wisata budaya di Bogor? kenapa tidak ke Kampung Budaya Sindangbarang saja, di kampung tradisional ini kita bisa menemukan sekitar 8 macam kesenian Sunda yang sudah dilestarikan oleh penduduk Sindangbarang, selain itu juga terdapat situs-situs peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Adat dan budaya tradisional selalu dijaga dan dilestarikan disini, bahkan terdapat juga pelatihan tari bagi generasi muda, di Kampung Budaya Sindangbarang ini kita bisa belajar mengenal lebih jauh mengenai budaya tradisional Sunda yang ada di Bogor.



Belajar Sejarah Perjuangan Indonesia di Museum PETA


foto museum peta bogor
halaman depan museum. foto : asef_ruslan





Museum PETA atau Museum Perjuangan Tanah Air merupakan sebuah Museum yang membahas mengenai perjuangan kelompok PETA dalam mempertahankan Indonesia dari penjajahan di zaman dahulu, di Museum ini kita bisa melihat bagaimana sejarah perjuangan dengan berbagai miniatur dan koleksi-koleksi zaman dahulu seperti tank dan persenjataan.

Namun, untuk berkunjung ke Museum Peta, ada prosedur yang harus kita jalani, yaitu mengajukan surat permohonan izin berkunjung kepada Kepala Monumen dan Museum PETA DISJARAHAD (PASIMONMUS PETA). Sebaiknya pengajuan disampaikan minimal 1 minggu sebelum Anda dan rombongan tiba. Untuk rombongan, minimal diikuti oleh 10 orang peserta.


Museum Etnobotani, Lokasi Seru Untuk Mengenal Budaya Suku-Suku di Indonesia



foto museum etnobotani bogor
koleksi dari pandan. foto : lovelybogor.com



Museum Etnobotani adalah tempat untuk menyimpan berbagai artefak atau peninggalan materi yang berasal dari alam dan perannya dalam kehidupan suku-suku bangsa asli Indonesia, walaupun tempat wisata ini masih kalah populer dengan tempat wisata alam, namun tidak ada salahnya kamu berkunjung kesini untuk mengenal lebih dekat mengenai budaya-budaya dari berbagai suku di Indoneisa.

Terdapat lebih dari 1700 koleksi benda peninggalan zaman dahulu yang dipamerkan didalam box kaca mulai dari tikar, caping hingga miniatur bajak sawah, semua artefak/koleksi tersebut terbuat dari kayu yang berarti berasal dari alam.


Kamu Pecinta Durian? Wajib Hukumnya Berkunjung ke Warso Farm


foto kebun buah durian bogor warso farm
enak nih duriannya. foto : miasitiaminah



Warso Farm merupakan sebuah agro wisata kebun durian yang sudah sangat terkenal di Bogor, tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dikala musim durian yaitu sekitar bulam Desember hingga Mei.

Warso Farm memiliki buah durian dengan kualitas yang baik sehingga tak jarang pengunjung luar daerah rela jauh-jauh datang kesini, Warso Farm bisa menjadi wisata kuliner alternatifmu juga lho guys.


Pemandangan Hijau di Agro Gunung Mas Siap Menyegarkan Matamu




foto gunung mas bogor
pemandangannya kelihatan sejuk banget. foto : adieksari


Agro Gunung Mas sangat cocok dikunjungi bagi orang yang menyukai teh, disini kita akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan perkebunan teh yang sangat luas, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini.

Diantaranya adalah berkeliling kebun teh dengan ditemani pemandu yang akan memberikan kita informasi mengenai apapun yang berhubungan dengan teh, namun jika kamu tidak mau berjalan kamu juga bisa berkeliling dengan menunggangi kuda kok, bisa dibilang Agro Gunung Mas merupakan tempat wisata yang diperuntukkan bagi pecinta teh.

baca juga : daftar candi megah di Jawa Tengah



Gunung Pancar, Tempat Asyik Untuk Camping Walau Gak Punya Pacar



foto gunung pancar bogor
ke gunung pancar ya bareng pacar. foto : sonyapan



Bagi kamu yang menyukai wisata menyatu dengan alam seperti camping, maka Gunung Pancar bisa menjadi pilihan alternatifmu, Gunung Pancar bukanlah sebuah gunung dimana kita harus mendaki untuk sampai di puncaknya.

Bisa dibilang Gunung Pancar seperti kawasan wisata Candi Gedong Songo di Semarang, yaitu sebuah tempat di dataran tinggi yang memiliki udara sejuk dan pemandangan sangat indah, ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan disini seperti camping, jogging, hiking hingga berkeliling menunggangi kuda.

Selain itu di kawasan wisata Gunung Pancar juga terdapat kolam air panas yang bisa kita gunakan setelah seharian berkeliling, sejenak memanjakan tubuh agar kembali rileks tidak ada salahnya kan ?

baca juga : camping seru di bumi perkemahan gunung puntang


Riung Gunung Siap Menyambutmu Dengan Keindahan Alamnya



foto pemandangan di riung gunung
ini baru keren. foto : dinks_rusdi


Hampir sama dengan Agro Gunung Mas, di Riung Gunung juga memiliki pemandangan kebun teh yang terlihat hijau dan menyegarkan mata, selain itu harga tikenya yang cukup murah menjadikan Riung Gunung ramai dikunjungi wisatawan saat weekend.

Disini kita juga bisa berkeliling kebun teh dengan berjalan kaki, selain itu terdapat juga kolam renang dan arena khusus anak-anak, namun yang menjadi daya tarik wisatawan adalah adanya villa peninggalan Presiden Ir. Soekarno lengkap dengan peninggalannya yang masih terlihat terawat.


Telaga Warna Versi Bogor yang Cocok Untuk Bersantai



foto telaga warna keren
telaga warna versi jawa barat nih, gimana ? foto : news.liputan6.com



Ini dia salah satu tempat wisata alam yang menarik di Bogor, yaitu Taman Wisata Telaga Warna, sebuah objek wisata dimana terdapat danau yang tidak terlalu besar namun cukup unik karena terkadang warna air danau ini berubah-ubah.

Perubahan warna air tidak menentu karena diakibatkan oleh pantulan sinar matahari, ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan disini seperti berkeliling danau menggunakan perahu, bersantai di pinggir danau bersama keluarga hingga flying fox.

baca selengkapnya : telaga warna bogor, wisata alam cocok untuk keluarga

Nah, itulah beberapa tempat wisata populer di Bogor yang mungkin bisa menjadi pilihan tujuan destinasimu selanjutnya, dari beberapa tempat wisata diatas, mana favoritmu ?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »